Indonetwork, Peluang Usaha – Indonesia terletak di daerah tropis yang memiliki beraneka ragam jenis tanaman yang memiliki bunga yang mekar secara bergantian sepanjang tahun. Tanaman tersebut merupakan habitat ideal untuk usaha budidaya lebah madu. Bila budidaya lebah madu dikelola secara intensif dengan toko yang jual bibit trigona berkualitas, maka akan memberikan manfaat yang baik untuk peternak lebah itu sendiri.

Nah, terdapat ide bisnis yang bisa dijalankan saat pandemi yaitu ternak lebah madu trigona. Berikut dibawah ini terdapat beberapa informasi sebelum Anda memulai peluang usaha dari lebah trigona.

Manfaat Madu Trigona

Cara Ternak Lebah Madu Trigona Untuk Pengusaha
Sumber: Istockphoto

Madu dari lebah trigona memiliki banyak keunggulan, antara lain seperti asam organik, zat fitokimia dan asam glukonat yang lebih banyak dibandingkan madu dari lebah apis sehingga dipercaya lebih berkhasiat. Perlu Anda ketahui bahwa jenis lebah trigona akan menghasilkan propolis dan pollen dengan jumlah yang jauh lebih besar.

Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan ketika, mengkonsumsi madu propolis ini untuk berbagai penyembuhan kesehatan, seperti:

  • Baik untuk Penyembuhan Luka
  • Mengatasi Peradangan
  • Baik untuk Penyandang Diabetes
  • Membantu Merawat Gigi dan Mulut
  • Mengobati Penyakit DBD
  • Mencegah Kanker
  • Menurunkan Berat Badan
  • Sebagai Antibakteri Alami
  • Memperkuat Sistem Imun
  • Menjaga Kesehatan Otak

Saking banyaknya keuntungan dari mengkonsumsi jenis madu dari lebah trigona, bahkan sarang madu dan pot pollennya sendiri memiliki harga yang cukup menjanjikan jika dijual dipasaran karena banyaknya konsumen yang ingin mencoba khasiat langsung dari pot lebah trigona.

Baca Juga: BUKAN HANYA MADU, APA SAJA YANG DIHASILKAN LEBAH TRIGONA?

Cara Ternak Lebah Madu Trigona Untuk Pengusaha

Ternak lebah madu memang tergolong susah-susah gampang, lebah umumnya akan mengembangkan koloni agar dapat menghasilkan madu dalam waktu singkat. Selain itu, bagi pemula Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget awal.

Jika Anda telah mendapatkan bibit trigona untuk memulai usaha ternak lebah madu, tahap selanjutnya perhatikan cara dibawah ini untuk memulai usaha madu trigona, seperti:

1. Mulai Mempersiapkan Perlengkapan Budidaya Lebah

Peluang Bisnis Ternak Lebah madu di kebumen - Kebumen How?
Sumber: kebumenhow.com

Tahap pertama Anda harus menyiapkan tempat yang baik untuk budidaya, seperti jangan dilalui banyak orang dan persiapkan peralatan untuk budidaya. Selain itu perhatikan faktor cuaca di sekitar tempat budidaya, hal ini tentu akan mempengaruhi produktivitas dari lebah.

2. Pembuatan Sarang Lebah

Foto: Budidaya Ternak Lebah - Nasional - AnalisaDaily.com
Sumber: analisadaily.com

Sarang lebah biasanya berbentuk peti kotak dengan lebar hingga 25 cm dan panjang bisa mencapai 40 cm. Dalam kotak, terdapat bingkai kayu.

3. Pemilihan Bibit

Tentu saja sebelum memulai usaha ini, Anda harus memastikan telah membeli bibit trigona yang berkualitas unggul. Bibit lebah yang baik akan memproduksi madu yang semakin bagus kualitasnya. Maksud dari bibit ini yaitu, lebah ratu, lebah jantan dan juga lebah pekerja.

4. Memelihara Lebah

Pemeliharaan lebah tidak membutuhkan perhatian khusus yang menyulitkan, Anda hanya perlu membersihkan sarang lebah secara rutin, lalu jangan lupa untuk memotong rumput di sekelilingnya dan pastikan terdapat banyak bunga disekitar rumah madu tersebut.

5. Panen Madu

Panen Madu Lestari Jaga Pertumbuhan Lebah di Hutan Halaman all - Kompas.com
Sumber: travel.kompas.com

Pastikan Anda telah menggunakan baju pelindung sebelum proses panen dilakukan, selanjutnya Anda dapat mengasapi area dari sarang lebah yang ingin dipanen madunya. 

Alat pengasap akan membuat lebah menjauh dan waktunya kamu mengambil madu yang ada di kotak kayu tersebut. Lalu, hasil panen dapat langsung dijual di pasaran.

Baca Juga: 7 CARA BUDIDAYA LEBAH MADU LIAR DENGAN BENAR

Keuntungan Bisnis Madu Trigona

Prospek bisnis ini tergolong masih jarang dilakukan oleh masyarakat, padahal terdapat banyak keuntungan saat menjalankan bisnis ternak lebah madu trigona atau madu klenceng. Berikut keuntungan yang dapat Anda rasakan:

1. Budget Minim

Anda tidak perlu membeli pakan untuk lebah, karena umumnya serangga ini akan berusaha menemukan makanannya sendiri. Sehingga tidak ada biaya khusus untuk memberikan makan lebah.

2. Lebah akan melakukan proses perkawinan secara Alamiah

Tragis Setelah Kawin Para Binatang Ini Harus Rela Mati Ditangan Pasangannya - Berita Aneh dan Unik Terbaru
Sumber: anehdidunia.com

Anda tidak perlu repot untuk merawat perkembangan tiap lebah dalam proses budidaya. Sehingga waktu Anda lebih efektif karena dapat melakukan kegiatan lain tanpa memperhatikan lebah terus menerus.

3. Perawatan Mudah

Jual Madu sarang lebah trigona lanceng di Lapak Madu trigona klanceng kelulut | Bukalapak
Sumber: bukalapak.com

Lebah trigona tidak agresif seperti lebah kebanyakan dalam mempertahankan sarangnya, sehingga risiko minimum terjadi dalam menimbulkan cedera pada manusia akibat sengatan lebah.

4. Memiliki Banyak Peminat

Setelah membaca manfaat madu trigona ini, maka Anda akan mengetahui potensi besar untuk dikembangkan dalam keperluan pengobatan modern. Terlebih lagi masa pandemi ini membuat banyak orang peduli akan kesehatan. Jangan takut untuk memulai usaha ternak lebah madu, karena jual bibit trigona dapat Anda temukan dengan mudah.

5. Harga Jual Tinggi

Meski tidak sepopuler madu biasa. Tentu peminat yang banyak dengan kapasitas madu yang sedikit, membuat harga jual dari madu trigona cukup tinggi dipasaran. Konsumen akan berlomba mendapatkan produk ini, karena umumnya produksi hanya 100-200 ml saja per 3 bulan. Sehingga Anda sebagai produsen dapat meningkatkan harga jual dengan mudah.

Harga jual madu untuk sekarang bisa mencapai ratusan ribu untuk jenis madu premium. Jika hasil panennya bagus, kamu akan menghasilkan hingga 100 kilogram madu dengan keuntungan yang lumayan per satu kali panen.

Baca juga: CARA BUDIDAYA LEBAH TRIGONA BAGI PEMULA SAMPAI PANEN

Rekomendasi Penjual Bibit Trigona Malang

Itu dia sekilas info mengenai peluang bisnis budidaya lebah trigona beserta manfaat madunya. Tentu saja tidak mudah mendapatkan peternakan yang jual bibit trigona dengan harga murah namun berkualitas, karena lebah ini hanya menghasilkan volume madu yang sedikit.

Kami merekomendasikan peternakan yang jual bibit trigona di Rimba Raya Bee Farm. Perusahaan ini merupakan peternakan lebah yang memproduksi madu, bibit lebah serta produk olahannya dengan kualitas tinggi. Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis anti mainstream, maka solusi menjual madu trigona yang memiliki banyak manfaat dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Rimba Raya Bee Farm akan memberikan tips dan trik untuk para pemula bisnis peternak lebah trigona agar menghasilkan madu sesuai target. Sudah banyak mitra yang bergabung dan mendapat keuntungan tiap kali panen dari hasil budidaya lebah trigona.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Enable Notifications OK No thanks