Indonetwork, Makanan – Jika Anda pecinta kuliner Timur Tengah mungkin Anda sudah tidak asing dengan Tahini. Tahini adalah pasta yang terbuat dari biji wijen putih dan merupakan makanan pokok di banyak masakan, terutama di Mediterania dan Timur Tengah. Pasta vegan yang bebas gluten ini memiliki rasa pedas dan mudah dibuat.

Panduan Membuat Tahini (Pasta Biji Wijen Putih)

cara membuat tahini dari Biji Wijen Putih
Sumber: Cookingchanneltv.com

Tahini sangat sederhana untuk dibuat. Jika Anda pernah membuat selai kacang seperti selai kacang atau mentega almond maka prosesnya hampir sama. Tahini yang dibeli di toko biasanya dibuat dari biji wijen yang dikuliti.

Namun Anda bisa membuatnya dari biji wijen yang belum dikupas. Biasanya tahini yang dibuat dari biji wijen putih yang tidak dikupas cenderung terasa lebih pahit dan tidak semulus jika dibuat dari biji wijen yang dikupas.

Bahan-bahan (Porsi ½ Cangkir)

  • 1 Cangkir (5 Ons atau 140 Gram) Biji Wijen Putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biji wijen putih yang digunakan bisa yang sudah dikupas atau belum. Setelah itu panggang bijinya sebentar dengan api kecil sedang untuk mengeluarkan rasa pedas alaminya, namun Anda dapat melewati langkah ini jika Anda tidak ingin terlalu repot.

  • 2 Sampai 4 Sendok Makan Minyak

Untuk membantu tahini berubah menjadi pasta halus yang lembut, tambahkan beberapa sendok makan minyak rasa netral seperti minyak alpukat, minyak zaitun ringan dan buah, minyak sayur, dan minyak biji anggur.

  • Sejumput Garam

Garam adalah bahan opsional namun menambahkannya dapat membuat tahini terasa lebih enak.

Proses Pembuatan

Langkah 1

Sangrai biji wijen. Jika Anda berencana untuk memanggang bijinya, disarankan melakukannya di atas kompor dan bukan di dalam oven. Biji wijen berukuran kecil sehingga mudah terbakar.

Untuk memanggang biji wijen, gunakan wajan kering yang lebar dengan api kecil-sedang lalu aduk terus sampai bijinya harum dan berwarna sangat terang (bukan coklat), 3 sampai 5 menit. Hati-hati, biji wijen bisa cepat gosong. Pindahkan biji panggang ke loyang atau piring besar dan biarkan hingga benar-benar dingin.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Minyak Biji Wijen Putih di Rumah

Langkah 2

Saat biji wijen sudah dingin, masukkan ke dalam mangkuk food processor kemudian tutup, proses hingga terbentuk seperti pasta atau selama setidaknya 1 menit.

Langkah 3

Tambahkan minyak dan proses menjadi krim halus. Untuk membantu tahini berubah menjadi pasta ekstra halus, tambahkan beberapa sendok makan minyak rasa netral. Tambahkan 3 sendok makan minyak kemudian proses selama 2 hingga 3 menit lagi, berhenti untuk mengikis bagian bawah dan samping food processor beberapa kali.

Periksa konsistensi tahini. Itu harus halus, tidak berpasir, dan harus bisa dituang. Anda mungkin perlu memproses selama satu menit lagi atau menambahkan satu sendok makan minyak tambahan. Jika Anda tidak terlalu suka minyak, Anda bisa skip langkah ini namun tahini tidak akan sehalus jika menggunakan tambahan minyak.

Untuk mencapai konsistensi yang sama seperti yang dibeli di toko, gunakan 3 hingga 4 sendok makan minyak. Cicipi tahini untuk kemudian tambahkan garam secukupnya. Proses 5 hingga 10 detik untuk mencampurnya. Jika tahini sudah bertekstur ekstra halus maka siap digunakan dalam resep apa pun yang Anda suka.

Baca Juga: Daftar Makanan Berbahan Dasar Biji Wijen Putih

Frequently Ask Questions (FAQ)

1. Dapatkah menggunakan blender?

Menggunakan food processor lebih disarankan, namun jika Anda memiliki blender bertenaga tinggi (seperti Vitamix), maka Anda dapat menggunakannya. Saat Anda melakukannya, pastikan untuk sering mengikis bagian samping dan bawah blender agar semua biji tercampur.

2. Seberapa lama tahini dapat disimpan?

Anda bisa menyimpan tahini di lemari es selama sebulan, mungkin lebih lama. Jika tahini terlihat seperti terpisah antar komponennya, Anda hanya perlu mengaduknya dengan baik.

3. Tahini Cocok dengan Makanan Apa Saja?

  • Anda bisa menggunakan tahini sebagai saus cocolan untuk aneka camilan ringan seperti keripik kentang. Tambahkan dengan air perasan jeruk nipis, garam, merica, dan saus pedas untuk rasa yang lebih nikmat.
  • Oleskan tahini pada roti bakar. Oleskan tahini pada roti tawar yang akan dibakar. Kamu bisa tambahkan dengan sedikit madu dan sirup agave untuk menyeimbangkan rasa.
  • Gunakan sebagai saus salad. Campurkan setengah cangkir tahini dan setengah cangkir minyak zaitun. Tambahkan dengan dua sendok teh cuka apel, dua sendok teh air perasan lemon, dan dua sendok teh jahe yang dihaluskan. Campurkan semua bahan dan gunakan sebagai saus salad.
  • Anda juga dapat mengoleskan tahini pada daging isian burger. Gunakan dengan sedikit tambahan air perasan jeruk nipis dan paprika bakar. Oleskan pada isian burger. Kamu bisa menambahkan keju feta dan potongan timun untuk menghadirkan rasa ala Mediterania yang khas.
  • Tahini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan penyedap untuk membuat sop. Tahini bisa menghadirkan rasa sop yang unik dan membuat kuahnya menjadi sedikit kental.
  • Bahan membuat baba ghanoush. Masakan ini mirip dengan hummus dengan tekstur yang lembut. Caranya adalah panggang terong di oven hingga lembut. Setelah itu, tambahkan dengan dua sendok makan tahini, bawang putih yang digeprek, air perasan jeruk nipis, garam, dan merica.

Distributor Biji Wijen Putih

Membuat bahan makanan sendiri tentunya dapat lebih menjamin kualitas. Jika Anda berencana membuat tahini sendiri dengan biji wijen putih yang berkualitas, Anda dapat mengunjungi PT. Sumber Roso Agromakmur.

Produk yang dimiliki distributor tersebut sangat beragam, dari kering kacang-kacangan dan buah-buahan dengan butir, oilseeds, dan pulses. Produk segar, seperti bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay juga tersedia hingga dapat memenuhi kebutuhan jumlah besar dan ritel.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks