Indonetwork, Wahana – Kaliurang merupakan daerah kawasan wisata di Jogjakarta yang banyak diburu oleh masyarakat. Tempat wisata di Kaliurang Jogjakarta mempunyai panorama alam yang apik. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang betah dan enggan untuk pulang.

Tidak hanya wisata lama, di Kaliurang juga bermunculan tempat wisata baru yang juga banyak diburu oleh banyak wisatawan. Berkat kreativitas masyarakat setempat, kawasan wisata di Kaliurang sangat memikat para wisatawan baik di dalam maupun luar negeri.

Tempat Wisata di Kaliurang Jogjakarta

Ledok Sambi Kaliurang, Tempat Wisata Tersembunyi di Yogyakarta Halaman all - Kompas.com

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kaliurang Jogjakarta yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

1. Rumah Hobbit Kaliurang

Wisata Rumah Hobbit Kaliurang, Harga Tiket Masuk Hingga Rute - Tribunjogja.com
Sumber : jogja.tribunnews.com

Pernah nonton film “The Lord of The Ring atau The Hobbits”? Jika sudah, pasti Anda tidak akan asing lagi dengan rumah Hobbit. Tempat wisata ini hampir ada di setiap daerah, termasuk juga di Kaliurang Jogjakarta.

Rumah Hobbit Kaliurang berada tepat di depan tempat wisata The Lost World Castle yang merupakan tempat tersembunyi di bukit buatan setinggi 5 meter. Ketika berkunjung ke tempat ini Anda akan merasakan kesejukan yang berasal dari lereng gunung Merapi.

Tempat wisata Rumah Hobbit Kaliurang ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Api Merapi - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
Sumber : visitingjogja.jogjaprov.go.id

Museum Gunung Merapi berada 500 meter di atas The World Landmarks, Merapi Park Jogjakarta. Ketika masuk ke dalam gedung museum, Anda akan melihat replika Gunung Merapi yang berukuran besar lengkap dengan asap di puncaknya.

Museum yang satu ini juga menyimpan keganasan para wedhus gembel yang menerjang rumah-rumah di lereng merapi. Mengelilingi ruang pamerannya akan membuat Anda belajar tentang alam atau cerita kehidupan yang sangat berguna.

3. Bukit Klangon

Bukit Klangon : Sudut Terbaik Melihat Puncak Merapi - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta
Sumber : visitingjogja.jogjaprov.go.id

Khusus untuk Anda yang ingin berlibur sambil menikmati keindahan alam, berkunjung ke Bukit Klangon adalah pilihan yang tepat. Konsep gardu pandang setinggi 5 meter ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Gardu yang ada di Bukit Klangon itu terbuat dari bambu namun tetap kokoh meskipun dinaiki oleh banyak orang. Supaya nuansa pemandangannya semakin terasa, Anda bisa berkunjung ke tempat ini di pagi hari saat matahari terbit. Atau juga bisa di sore hari sebelum matahari terbenam.

Bukit Klangon mempunyai nama asali Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang berada di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas
Sumber : alodiatour.com

Tempat wisata air terjun ini juga disebut dengan air terjun Kaliurang yang dekat dengan kawasan Tlogo Putri. Air Terjun Tlogo Muncar mempunyai keindahan alam yang mempesona dan hijau.

Air terjun setinggi 45 meter ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur sambil menikmati keindahan alam. Apalagi di kawasan air terjun ini suasananya sejuk. Hanya saja di musim kemarau debit airnya lebih sedikit dibandingkan musim hujan.

5. Merapi Park

Tiket Masuk Rp 15.000 dan Rute Lokasi Merapi Park | NiagaTour
Sumber : niagatour.com

Sepuluh landmark monumental yang berasal dari berbagai negara bisa dilihat dalam satu waktu di Taman Wisata Merapi Park. Meskipun hanya sebagai replikanya saja, namun ikon dari setiap negara sangat mirip dengan yang aslinya.

Ikon negara tersebut diantaranya adalah menara Pisa, Menara Eiffel, Big Ben London, hingga Patung Liberty. Hanya saja untuk beberapa ikon ukurannya tidak seperti dengan aslinya.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga sambil menikmati liburan dan belajar.

wisata outdoor Jakarta

Baca juga: 5 DESTINASI WISATA OUTDOOR JAKARTA TERBAIK

Itulah beberapa tempat wisata di kaliurang jogjakarta yang dapat Anda kunjungi. Supaya bisa menikmati berbagai tempat wisata dengan nyaman, Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil murah jogjakarta.

 

Editor : Muhammad Riva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks