Indonetwork, Budidaya – Pengembangan budidaya walet telah banyak dilakukan oleh beberapa orang. Hal ini karena walet sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengandung antioksidan yang tinggi, dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, kaya akan asam amino, serta menjaga kesehatan kulit.

Dengan banyaknya manfaat tersebut, tidak heran banyak orang yang ingin melakukan budidaya walet. Namun, sebelum memulai budidaya sarang walet tentu saja diperlukan beberapa peralatan. Di bawah ini akan dibahas cara memilih dan menggunakan peralatan walet yang tepat.

Alat Budidaya Walet

budidaya walet
Sumber: porsella.live

Sebelum Anda membudidayakan walet, ada baiknya untuk mengetahui beberapa alat yang sering digunakan pada saat proses budidaya. Beberapa alat budidaya walet yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Ampli Walet

Mesin audio pemanggil walet atau sering disebut ampli walet yang biasanya dibuat dengan amplifier hasil modifikasi, mesin pompa air, skema timer dan lampu yang digunakan untuk penerangan luar rumah walet, serta beberapa perangkat penunjang lainnya. Fungsi dari ampli walet sendiri adalah sebagai pemanggil burung walet untuk memasuki rumah walet yang dibangun pemilik.

2. Parfum Walet

Parfum walet dipercaya mampu meningkatkan perkembangan populasi burung walet. Parfum walet atau aroma khusus pemikat walet diyakini memiliki fungsi untuk membuat walet tertarik untuk masuk perangkap karena memiliki bau yang khas, membentuk koloni, dan mempertahankan walet yang telah terpancing. 

3. Mist Maker

Mist maker merupakan alat yang yang bisa menghasilkan embun/uap yang tidak panas ataupun dingin. Fungsi utama dari mist maker adalah untuk menjaga kelembaban pada rumah walet.

Baca Juga: Prospek dan Tips Budidaya Walet Menggunakan Pemikat Walet

Cara Memilih Perlengkapan Walet Yang Tepat

budidaya walet
Sumber: Google

Saat membudidayakan sarang walet, tentu saja Anda memerlukan beberapa perlengkapan yang tepat agar budidaya sarang walet berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Akan tetapi dalam memilih perlengkapan walet tidak dianjurkan untuk asal-asalan agar hasilnya juga tidak mengecewakan.

Inilah tips memilih perlengkapan walet seperti parfum dan ampli walet yang tepat!

1. Ramah Lingkungan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih perlengkapan walet adalah dengan memilih bahan yang ramah lingkungan. Jika Anda memilih bahan yang berbahaya bagi lingkungan, maka akan berdampak pada kualitas hasil walet tersebut.

Tidak hanya itu, pastikan cairan pemikat walet yang Anda pilih mudah digunakan. Misalnya dengan sprayer agar penyebarannya cukup merata.

2. Pilih Bahan yang Tidak Mengandung Amonia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada saat memilih bahan parfum walet haruslah aman. Maka dari itu, sebaiknya hindari parfum walet yang mengandung bahan Amonia atau NH3.

Sepertinya yang telah diketahui, bahan tersebut memiliki bau yang kurang sedap. Sehingga tidak disarankan sebagai campuran parfum walet karena hasilnya kurang optimal dalam menarik perhatian walet.

3. Perhatikan Fitur Yang Dimiliki Ampli

Sebelum membeli ampli walet tentu saja harus memperhatikan fitur apa saja yang tersedia. Misalnya saat ingin membeli ampli walet, usahakan alat tersebut sudah dilengkapi dengan timer dan charger aki. Tujuannya adalah agar Anda tidak dibingungkan dengan rangkaian kabel untuk menghubungkan ke timer dan cas aki lagi.

4. Pilih Ampli Yang Hemat Daya

Hal lain yang biasanya yang harus diperhatikan adalah daya ketahanan. Hal ini cukup penting untuk dipastikan karena nantinya akan berhubungan dengan budget pengeluaran Anda. Ampli dengan daya listrik yang berbeda tentunya memiliki harga yang berbeda pula.

Maka dari itu, pilihlah ampli walet yang memiliki daya ketahanan yang panjang. Anda dapat mencarinya di media sosial dan pastikan Anda membaca spesifikasi produk dengan teliti.

5. Pilihlah Ampli Walet Yang Memiliki Support Dengan Semua Format Audio

Maksud dari memilih ampli walet yang cocok dengan semua format audio adalah agar ketika Anda membeli suara walet yang berkualitas namun memiliki format audio yang tidak umum, ampli masih bisa membaca format audio tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Parfum Walet dari Udang Kering

Cara Menggunakan Alat Budidaya Walet

sarang walet
Sumber: Google

Pada saat menggunakan perlengkapan walet tersebut, Anda juga perlu menggunakannya dengan tepat agar hasil budidaya optimal dan meminimalisir kerugian. Berikut beberapa cara menggunakan alat budidaya walet yang tepat dan mudah.

1. Cara Menggunakan Parfum Walet

Penggunaan parfum walet cukup penting dalam membudidayakan walet karena tujuan dari parfum walet tersebut adalah merangsang agar burung walet masuk kedalam rumah.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikan parfum walet pada rumah yang sudah Anda bangun.

Jika Anda menggunakan jenis parfum dengan tekstur cair, Anda hanya perlu menyemprotkannya. Sebaliknya, jika tekstur parfum yang Anda gunakan kental, maka Anda hanya perlu mengoleskannya menggunakan kuas ke setiap lubang atau celah yang sering dilalui oleh burung-burung tersebut.

2. Cara Menggunakan Mist Maker

Cara menggunakan mist maker cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan transduser perak ke dalam pelampung, kemudian jatuhkan ke dalam air. Mesin akan langsung memompa aliran kabut mikron untuk membantu meningkatkan kelembaban ruangan sesuai kebutuhan.

3. Cara Menggunakan Ampli Walet

Cara menggunakan ampli walet juga termasuk mudah Anda hanya perlu mencolok ampli ke dalam stop kontak dan nyalakan suara untuk menarik perhatian walet.

Beli Perlengkapan Walet Lengkap Di CV. Karunia Walet

Itulah informasi mengenai cara memilih dan menggunakan perlengkapan walet beserta beberapa pengertiannya. Jika Anda ingin memulai berbudidaya walet dan ingin mencari perlengkapan untuk berbudidaya walet Anda bisa mendapatkannya di Karunia Walet.

Di sini, Anda bisa mendapatkan perlengkapan untuk berbudidaya walet dengan harga yang terjangkau dan kualitas tinggi. Beberapa alat perlengkapan walet yang dijual oleh Karunia Walet seperti parfum walet, tweeter, ampli walet, mist maker, dan lain sebagainya.

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa dan Langgeng Irma S.

Enable Notifications OK No thanks