Indonetwork, Fashion – Satu momen yang paling menyenangkan ketika sedang hamil adalah belanja perlengkapan bayi. Membelinya secara sekaligus di toko bayi atau mal tentu sangat berat meskipun semuanya nampak lucu dan menarik. Anda perlu tahu tips mencicil perlengkapan bayi supaya tidak menguras isi dompet.

Kenapa hal ini sangat penting?

Banyak ibu-ibu yang lapar mata ketika berbelanja perlengkapan bayi. Dan hal itu bisa menjadi masalah ketika budget yang Anda miliki sangat terbatas. Padahal banyak hal yang mesti dipersiapkan menjelang kelahiran si buah hati, sehingga kita harus berhemat.

Tips Mencicil Perlengkapan Bayi

Mencicil perlengkapan perlu Anda mulai dari sekarang supaya tidak kaget. Kalau disekaliguskan, Anda akan kaget ternyata banyak uang yang harus dibelanjakan untuk membeli perlengkapan bayi.

8 Perlengkapan Bayi yang Bisa Dipakai Lama, Biar Hemat! | Orami
Sumber: orami.co.id

Berikut ini akan kami berikan tips mencicil perlengkapan bayi yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Buat Daftar Belanjaan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah membuat daftar belanja yang memang dibutuhkan. Buatlah daftar tersebut dengan lebih rinci mulai dari kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, kebutuhan mandi, dan sebagainya.

Komik: Lagi Musim Diskon, Ini Tipsnya Supaya Ga Kalap Belanja
Sumber: finansialku.com

Kalau Anda memang lapar mata, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis barang yang dijual di toko bayi itu dibutuhkan. Jadi berpikirlah dengan lebih jernih dan tuangkan kebutuhan yang memang urgent dalam list.

2. Tentukan Jumlah yang Dibutuhkan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jumlah yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya dalam seminggu itu berapa kali mencuci pakaian. Dengan begitu jumlah pakaian yang diperlukan bisa dihitung.

Bila Anda berencana mencuci pakaian seminggu sekali, berarti Anda perlu menyediakan 7 setel. Setelah itu kalikan 2 karena bayi itu perlu diganti pakaiannya terutama jika pipis, susu tumpah, dan kejadian lainnya.

3. Beli Ukuran 1 Nomor Lebih Besar

Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir itu lebih cepat untuk berkembang. Bahkan pakaian yang Anda beli sekarang, sebulan kemudian tidak akan muat. Oleh sebab itu belilah pakaian dengan ukuran yang lebih besar. Apalagi jika Anda akan membelinya dari sekarang untuk mencicil.

Bingung Menentukan Ukuran Baju Bayi? Ini Dia Panduannya
Sumber: mooimom.id

Biasanya, setiap merk pakaian bayi akan mempunyai pola dan ukuran yang berbeda. Jadi ketika Anda membelinya, jangan terpaku pada petunjuk umur yang terletak pada label pakaian saja.

4. Beli Dalam Jumlah yang Besar

Membeli perlengkapan bayi dengan jumlah yang lebih besar tentu saja akan lebih murah. Anda bisa membelinya perlengkapan dalam jumlah atau kemasan yang besar seperti baby wipes, diaper, sabun, shampo, sarung tangan, dan kaos kaki.

Apa Saja Daftar atau List Perlengkapan untuk Bayi Baru Lahir?
Sumber: tirto.id

Untuk mendapatkannya dengan harga yang lebih murah dan banyak, Anda bisa beli di grosir perlengkapan bayi baik di toko terdekat atau online.  Salah satu grosir yang kami rekomendasikan adalah Kasih Karunia.

5. Berburu Barang Diskon

Jika ada toko yang menyelenggarakan event diskon, manfaatkan momentum ini sebaik mungkin. Sekarang sudah banyak supermarket yang menyediakan diskon meskipun tidak besar.

Ini Cara Menghitung Diskon yang Benar Serta Rumusnya! - Akseleran Blog
Sumber: akseleran.co.id

Karena akan membelinya jauh-jauh hari, tentu saja masih banyak event diskon yang bisa Anda manfaatkan. Namun jika ingin mengikuti event ini, pastikan perlengkapan bayi yang akan Anda beli baru dan berkualitas.

Jangan tergiur dengan perlengkapan bayi yang harganya murah yang didapat dari toko yang tidak kredibel. Karena hal itu bisa berdampak pada kesehatan anak Anda nantinya.

Waspada! Pilih Playmat Bayi yang Aman untuk Perkembangan Si Kecil -  Indonetwork

Baca juga: 5 MERK PLAYMAT BAYI TERBAIK DAN AMAN DIGUNAKAN

Itulah beberapa tips mencicil perlengkapan bayi yang bisa Anda mulai dari sekarang. Hal ini perlu segera Anda lakukan supaya tidak menguras isi dompet Anda secara sekaligus suatu saat nanti.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks