Indonetwork, Peluang Usaha – Kue bukan hanya suguhan untuk selera Anda namun juga untuk mata. Kue lezat Anda membutuhkan kotak kue yang terlihat cantik baik yang berbahan karton ataupun mika kue. Anda tentunya tidak mau mengirim kue lezat dan indah namun dengan kotak yang kusam kepada orang berharga bukan? Ukuran kotak kue juga harus sesuai, tidak terlalu besar atau kecil, harus mudah menampung kue dengan desain yang sesuai kebutuhan atau merek dagang. Sebelum memutuskan desain kotak kue yang benar, pahamilah berbagai jenis kemasan kue beserta contoh desainnya di bawah ini.

Varian Bahan Kemasan Kue

1. Kertas Daur Ulang

Kertas ini sangat mudah dijumpai di pasaran karena merupakan kotak kemasan makanan termurah. Namun, penting untuk diketahui bahwa kertas tersebut bukan food grade karena dibuat setelah mendaur ulang kertas-kertas dengan tinta yang telah tercampur di dalamnya. Kotak kue yang terbuat dari kertas daur ulang juga tidak terlalu kokoh.

2. Virgin Paper Board

Kertas tersebut merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kotak kue karena memenuhi standar food grade. Sedangkan kekuatan kertasnya sendiri tergantung pada tingkat kualitas kertasnya.

Baca Juga: 7 JENIS KEMASAN MAKANAN UNTUK BISNIS CATERING

3. Papan Kertas Dupleks

Dengan kekuatannya yang sangat baik, jenis kertas ini banyak digunakan untuk membuat karton mono, yang berfungsi sebagai kemasan utama untuk item yang akan dikemas di dalamnya. Sayangnya, beberapa kertas dupleks tidak memenuhi standar food grade.

4. Kertas Kraft Impor

Jika dilihat sekilas, kertas berwarna coklat ini seperti kertas daur ulang namun memiliki tampilan dan nuansa premium dan tetap terlihat natural. Kertas ini sedikit mahal sesuai dengan kekuatan yang dimilikinya. Kualitas kertas sendiri tergantung pada GSM.

5. Mika Kue

Produk plastik ini berbahan tebal yang berfungsi untuk perlindungan, terutama perlindungan dari kotoran dan air. Mika kue ialah mika yang digunakan sebagai wadah untuk menempatkan kue, kue tersebut bisa kue sponge, kue brownis, kue basah , kue tart dan kue lainnya. Bahan ini sangat efisien dan efektif digunakan untuk berbagai macam keperluan. Jenis bahan ini dapat digunakan sebagai wadah jajanan kue serta dapat pula sebagai wadah dalam bingkisan acara pribadi, organisasi dan bisnis. Bentuknya bermacam-macam mulai dari bentuk persegi berukuran kecil, sedang dan besar hingga berbentuk lingkaran untuk kue tart. Wadah ini terdiri dari mika wadah dan juga mika penutup wadah. Untuk fungsinya masing masing memiliki kegunaan yang berbeda, mika wadah sebagai tempat untuk menampung kue, sementara mika penutup untuk bisa melindungi kue yang sudah ada dalam wadah.

Kebanyakan penjual kue di Indonesia menyajikan produk mereka dengan kemasan mika kue plastik. Pengemas makanan yang satu ini selain menawarkan harga yang cukup murah, tentu bagi penjual makanan memiliki banyak keunggulan dibanding pengemasan jenis lainnya. Keunggulan lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan mika kue adalah sifatnya yang bening sehingga nampak higienis, produk juga dapat terlihat dengan jelas sehingga pelanggan dapat memilih dengan bebas tanpa membuka kemasan.

Baca Juga: 6 TIPS BUAT KEMASAN MIKA KUE LEBIH AESTHETIC

Varian Bentuk Kemasan Kue

1. Kotak Kue Polos Tradisional

Box kue ini biasanya terbuat dari bahan kertas daur ulang, virgin ITC paper board, dan papan kertas dupleks dengan atau tanpa laminasi. Wadah penganan yang satu ini sangat mudah ditemukan sehingga banyak digunakan para penjual kue.

Varian Bahan dan Contoh Bentuk Kotak Kue
Sumber: Pinterest.com

2. Kotak Kue dengan Jendela

Kotak kertas dengan jendela dapat memberi Anda gambaran sekilas tentang kue lezat dan makanan penutup lainnya yang tersimpan di dalam kotak. Box kue dengan jendela akan menggoda semua orang untuk membuka kotak dan menikmati sepotong kue yang lezat. Jenis kotak kue ini biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti virgin ITC paper board atau kertas kraft impor.

Varian Bahan dan Contoh Bentuk Kotak Kue
Sumber: My.seetracker.com

3. Kotak Kue dengan Pegangan

Jika Anda menggunakan salah satu kotak yang disebutkan di atas maka Anda akan memegang kotak roti atau akan meminta kantong plastik. Namun, kotak kue dengan pegangan membuatnya sangat nyaman bagi pelanggan untuk membawa kue atau makanan penutup lainnya. Pegangan harus bisa menahan berat kue sehingga kotak tersebut harus memiliki kekuatan yang baik seperti virgin ITC paper board berkualitas tinggi atau kertas kraft impor.

Bahan dan Desain Kotak Kue
Sumber: Custom Boxes

4. Kotak Kue Kustom

Selain semua bentuk kotak kue yang disebutkan di atas, Anda dapat menyesuaikan kotak kue Anda sendiri berdasarkan kebutuhan baik yang berbahan kertas, mika kue, atau kombinasi keduanya. Anda bisa mendapatkan kotak kertas atau mika kue besar yang dicetak khusus. Umumnya, jumlah minimum order mulai dari 2000 lembar untuk ukuran besar dan 3.000 lembar untuk kue kotak berukuran kecil (tergantung pada produsen). Biasanya dibutuhkan hingga dua minggu untuk membuat kotak kue kustom. Pertama kali Die disiapkan untuk design print.

"<yoastmark

Produsen Mika Kue

Mika kue saat ini tersedia di berbagai macam toko kue dan pedagang kue yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Mika kue sangat cocok untuk penjual dan pebisnis yang merintis produk aneka macam kue. PT. Vacpack Indonesia merupakan perusahaan plastik mika yang memproduksi mika kue yang sudah terpercaya kualitas produknya. Tidak hanya itu, perusahaan tersebut juga menyediakan mika bento, mika box, dan lain-lain. Dengan mengunjungi kantor pusatnya di kawasan Daan Mogot, Jakarta, Anda dapat melakukan konsultasi mengenai produk , layanan dan harga sesuai kebutuhan.


Author

%d bloggers like this: