Indonetwork, Wahana – Solo merupakan daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata budaya dan kulinernya. Namun siapa kalau daerah kota Batik itu mempunyai tempat wisata alam Solo dan sekitarnya yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam seperti taman, bukit, hingga gua juga dapat berlibur ke Solo. Tidak hanya menyediakan objek wisata alamnya saja, namun juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Tempat Wisata Alam Solo dan Sekitarnya

24 Destinasi Wisata Di Solo Dan Sekitarnya Yang Bisa Membuatmu Melupakan Jogja

Masih banyak tempat wisata alam di Solo yang belum diketahui oleh banyak wisatawan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata alam Solo dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat.

1. Geopark Batu Seribu

Wisata Alam Batu Seribu, Mahakarya Gunung Sewu UNESCO Global Geopark - NativeIndonesia.com
Sumber : www.nativeindonesia.com

Objek wisata alam yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja karena memiliki daya tarik tersendiri. Ya, tempat ini mempunyai sumber mata air yang konon tidak akan pernah kering meskipun dilanda musim kemarau.

Selain dijadikan tempat sumber mata air, Geopark Batu Seribu juga dijadikan tempat wisata. Disini Anda akan menemukan kolam renang, pemandian mata air, hingga panggung kesenian.

Kalau untuk melepaskan rasa penat dari hiruk pikuk di kota, tempat ini sangat cocok karena udaranya sejuk. Geopark Batu Seribu berada di Jl Raya Krisak Kelir KM 7 Tiyaran, Sukoharjo.

2. Grojan Sewu

5 Aktivitas Wisata Menarik di Grojogan Sewu Tawangmangu Halaman all - Kompas.com
Sumber : travel.kompas.com

Jika Anda ingin menikmati pesona air terjun terbaik di Solo, Anda bisa berkunjung ke Grojan Sewu yang ada di Jl Raya Tawangmangu, Karanganyar. Air Terjun ini berada di lereng Gunung Sewa. Jadi Anda juga akan merasakan udara yang sejuk dan betah berlama-lama disini.

Kami sarankan untuk mengunjungi tempat wisata alam ini di pagi hari supaya bisa merasakan kesejukan air terjunnya. Anda juga dapat menikmati keindahan alam disini dengan lebih lama.

Tempat wisata Grojan Sewu buka jam 6 pagi dan tutup jam 5 sore. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp17 ribu per orang.

3. Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo - TribunnewsWiki.com
Sumber : www.tribunnewswiki.com

Tempat wisata air terjun lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah Parang Ijo yang ada di Mlinggur, Ngargoyoso, karanganyar. Untuk dapat sampai ke tempat ini, Anda harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup lengkap, seperti jembatan, gazebo, dan gardu. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut seharusnya Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan lebih tenang.

Selain fasilitasnya yang lengkap, akses menuju Parang Ijo juga tergolong sangat mudah. Anda dapat menjangkaunya dengan transportasi umum. Namun kami sarankan untuk menggunakan layanan jasa rental mobil Solo perjalanannya lebih efektif.

4. Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I

Tahura Mangkunagoro
Sumber : tahuramangkunagoro.com

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I merupakan tempat wisata alam di Solo yang dapat Anda kunjungi. Taman ini juga dijadikan area pendidikan, rekreasi, dan pariwisata. Pasalnya bajak hal yang akan Anda dapatkan ketika berlibur ke taman ini.

Taman hutan Raya ini berada di kaki gunung Lawu yang membuat suasananya sangat sejuk. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda hanya perlu menempuh sekitar 1 jam saja dari kota Solo.

jasa rental mobil solo

Baca juga: 5 TEMPAT WISATA DI SOLO YANG LAGI HITS

5. Goa Gong

Goa Gong Tiket & Pesona Wisata Januari 2023
Sumber : travelspromo.com

Kalau Anda ingin menikmati wisata alam yang berbeda, mengunjungi Goa Gong adalah pilihan yang tepat. Saat ini berkunjung ke tempat ini Anda akan melihat stalagmit dan stalaktit yang tersebar di setiap sudut gua.

Pemandangan yang ada di dalam goa juga sangat indah dimana Anda akan melihat cahaya lampu berwarna-warni. Namun sayang tempat wisata alam ini lokasinya cukup jauh dari kota Solo. Namun kalau pakai jasa rental mobil tentu kamu akan lebih nyaman dan leluasa.

Itulah beberapa tempat wisata alam Solo dan sekitarnya yang dapat Anda kunjungi. Untuk perjalanannya, kami sarankan untuk menggunakan layanan jasa rental mobil supaya bisa lebih leluasa dan aman.

 

Editor : Muhammad RIva Ibnu Safwan

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks