Tahukah Anda, ada banyak sekali peluang untuk memperoleh penghasilan secara online?

Berikut ada sembilan cara mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan kreativitas Anda, dan tentunya di jalankan dengan modal yang sangat minim.

1. Menjual salinan karya fotografi secara massal

Berkembangnya internet berbanding lurus dengan peningkatan permintaan salinan gambar (stock photography).

Bertambah banyaknya media berita di internet secara tidak langsung meningkatkan kebutuhan akan pasokan foto berkualitas tinggi untuk di tampilkan dalam pemberitaan mereka.

peluang bisnis online

Baca Juga: Peluang bisnis online modal kecil patut di coba

Yuri Arcurs adalah salah satu fotografer kawakan dalam dunia stock photography. Sebagai seorang profesional, ia pernah tercatat menjual satu salinan gambar setiap 8 detik dalam hitungan 24 jam sehari (dengan total salinan lebih 4 juta gambar setiap tahun).

Arcurs meraup jutaan dolar setiap tahun hanya dengan menekuni fotografi dan menemukan ceruk pasar yang tepat.

Banyak dari fotografer ternama di dunia yang mengalami hambatan ketika masuk ke dunia jual-menjual foto di internet, tetapi beliau telah terbukti berhasil membangun reputasi sebagai pengambil gambar yang berkualitas tinggi dan konsisten.

Jika Anda adalah seorang fotografer profesional (atau bahkan jika hanya sekedar hobi), Anda wajib mempertimbangkan peluang ini.

2. Menjadi selebgram/ selebtwit

SponsoredTweets.com adalah sebuah layanan iklan yang menjembatani pemilik akun dengan pengaruh besar untuk mencetak uang via Twitter dengan mengenakan biaya kepada sponsor untuk mengkomunikasikan pesan-pesan iklan mereka kepada follower-nya.

Kurang lebih cara kerjanya seperti ini:

  • Anda menetapkan jumlah bayaran yang di inginkan untuk setiap tweet yang di buat, pilih kategori lalu pilih kata kunci yang ingin di kerjakan.
  • Selanjutnya pemilik akun akan di hubungi oleh pengiklan, lalu membayar sejumlah uang yang telah di tetapkan sebelumnya.

Dalam seluruh prosesnya, pemilik tetap memegang kendali penuh atas akun pribadinya, dan dapat memilih tata kalimat tweet-nya, atau bahkan menolak untuk men-tweet sama sekali.

Namun, yang saat ini sedang naik daun adalah promosi melalui Instagram. Jika Anda memiliki pengikut dengan jumlah relatif besar, maka bersiaplah untuk kebanjiran pesanan iklan.

Banyak pemilik bisnis yang berkaitan dengan konsumen anak muda rela menggelontorkan uang (dan membagi-bagikan produk secara gratis) kepada paid endorser yang memiliki pengikut dan interaksi dalam jumlah besar.

3. Blog untuk pendapatan iklan

Jika sudah memiliki sebuah blog dan konsisten mengisinya, seharusnya mudah bagi kita dalam memanfaatkan pembaca untuk meraih uang tunai.

cara mendapatkan uang dari internet - wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

Jaringan iklan seperti Google AdSense akan membayar komisi, saat iklan di situs Anda di lihat atau di klik oleh sejumlah pengunjung.

Selain lebih mudah untuk mengisi blog dengan hal-hal menarik, jika menempatkan iklan dengan tepat, ini memungkinkan situs tersebut untuk menjadi sumber penghasilan Anda.

4. Menjual produk afiliasi

Bagi Anda yang memiliki bakat dalam menulis surat penjualan (sales copy),  ada baiknya untuk mencoba menjual produk afiliasi.

Sementara banyak orang mengambil jalur sesak dengan menjual pil diet dan produk pembesaran penis, jika tetap konsisten dan pandai melihat peluang, Anda seharusnya bisa melihat bahwa tersedia beragam program afiliasi yang memungkinkan kita untuk mendapatkan uang dari mengiklankan salah satu produknya.

5. Menulis ebook

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia penerbitan mandiri mengalami kemajuan drastis berkat adanya internet. Sang penulis bahkan tidak mengharuskan untuk membangun situsnya sendiri untuk mempromosikan sebuah buku.

Amazon, Barnes & Noble dan Kobo hanyalah segelintir dari situs-situs di mana Anda dapat mempublikasikan ebook, dengan tingkat komisi sekitar 70% per setiap penjualannya.

Amazon memegang total 50% persen penjualan ebook di seluruh internet.

Penulis novel remaja dari Minnesota berusia 26 tahun, Amanda Hocking, menghasilkan lebih dari $2 juta per tahun dari penjualan buku elektroniknya di toko online terbesar dunia tersebut.

Cerita-ceritanya bertemakan troll, vampir dan zombie dan “cerita cinta & supranatural remaja”. Setiap salinannya di jual antara 2.99 sampai dengan 9.99 dolar.

6. Menjadi asisten virtual

Setiap pengusaha kerap membutuhkan asisten sewaan secara paruh waktu untuk mengurus hal-hal kecil, namun banyak dari mereka merasa kerepotan dengan permintaan yang di wajibkan oleh si asisten atau pekerja.

Berkat internet, sekarang mereka dapat menyewa asisten paruh waktu yang bekerja untuk berbagai macam klien secara fleksibel, dan semua itu dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada mempekerjakan asisten secara konvensional.

Jika Anda bekerja dari rumah, mungkin ini merupakan sebuah kesempatan yang sempurna untuk menghasilkan pendapatan dengan konsisten. Asisten Virtual bisa memperoleh 20 dolar per jam hanya untuk sekedar memesan tiket perjalanan, berinteraksi dengan klien dan berurusan dengan kebutuhan harian UKM.

7. Menyewakan keahlian

Kebanyakan orang setidaknya memiliki satu keterampilan yang bisa di jual, meskipun terkadang keterampilan itu mungkin mustahil di jual pada bursa kerja konvensional.

Situs-situs seperti 99Designs, Odesk, Freelancer dan iWriter memungkinkan orang untuk menyewakan keahlian mereka atas dasar kontrak sebagai penerjemah, penulis, programmer, serta desainer.

Beragam situs seperti ini adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan penghasilan di waktu luang. Bahkan, jika termotivasi dan mau meluangkan seluruh waktu Anda, maka pendapatan yang di raih bisa jauh melampaui standar gaji karyawan full-time di Indonesia.

8. Berjualan di eBay

eBay adalah salah satu marketplace yang tepat untuk mendapatkan barang kualitas terbaik, tanpa harus membayar lebih mahal. Lebih dari itu, situs ini juga bukan cuma sekedar wadah untuk menjual koleksi lama yang sudah tidak terpakai.

peluang bisnis online - usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Faktanya, pasar global eBay memungkinkan pedagang untuk membeli dan menjual dengan keuntungan yang menarik. Dengan membeli secara grosir, Anda dapat menjual apa saja dengan menaikkan kembali harganya.

Bahkan jika memiliki keterampilan kreatif, Anda bisa mulai berbisnis kerajinan rumah sendiri, lalu menjualnya ke pelanggan di seluruh dunia.

Matt dan Amanda Clarkson adalah sedikit contoh dari penjual yang sukses sejauh ini, di mana mereka bisa menghasilkan lebih dari 8 juta dolar dengan berjualan di eBay.

9. Mendesain T-shirt

Akhir kata, Bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang artistik, pastinya juga bisa merasakan sensasi bertabur dolar berikutnya dengan menjual desain kaos Anda sendiri.

Layanan semacam CafePress memungkinkan pengguna untuk mengunggah desain t-shirt (bahkan topi, gelas mug, dan aksesoris lain) buatan mereka sendiri, lalu menjualnya pada toko online yang telah di sediakan.

Anda juga dapat menawarkannya kepada situs distributor kaos yang sudah di kenal luas seperti Designbyhumans.com. Atau, Anda bisa mendesain kaosnya saja, lalu membuat pre-order dengan memanfaatkan layanan seperti Teespring.

Jika desain tersebut cukup menarik dan bisa di promosikan secara luas, niscaya potensi keuntungannya pun akan berlimpah ruah.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan kreatifitas Anda. Seperti yang dapat kita lihat, untuk menghasilkan uang secara online itu tidak harus terampil dalam menggunakan komputer.

Anda juga tidak perlu tahu bagaimana caranya membangun website sendiri dari nol, dan sama sekali tidak membutuhkan modal hingga puluhan juta rupiah untuk investasinya.

Cukup dengan memanfaatkan keterampilan kreatif, atau kepekaan bisnis, Anda bisa memperoleh keuntungan.