Indonetwork, Wahana Sebagian orang mungkin tidak akan mengenal apa itu rubber floor, akan tetapi saat mendengar lantai karet tentunya beberapa orang akan sadar dengan bentuk dan teksturnya yang sangat unik dan saat ini cukup banyak digunakan oleh berbagai sektor usaha. Selain teksturnya yang lebih nyaman saat melakukan aktivitas, bahan ini juga sangat diunggulkan pada area outdoor. Nah, untuk lebih paham mengenai serba-serbi rubber floor, silakan baca terus artikel dibawah ini ya!

Apa Itu Rubber Floor

Rubber Floor adalah lantai karpet dengan material karet khusus yang dibuat secara fleksibel dan lentur. Umumnya jenis lantai ini memiliki beberapa lapisan yang tangguh karena dibuat dari berbagai tekstur komponen karet alam, karet sintetis dan bahan polimer lainnya. Penjualan rubber floor Indonesia juga sekarang sudah mudah Anda temui karena beberapa konsumen cukup tertarik dengan pengaplikasiannya.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Harus Pakai Rubber Floor Ketika Usaha Playgroung

Jenis karpet ini ada yang dipasang secara permanen ataupun bisa dibongkar pasang sehingga pengaplikasian karpetnya sendiri dapat menyesuaikan dengan bentuk lokasi pemasangan, warna sesuai keinginan konsumen dan ketebalan karpet sesuai dengan kebutuhan. Biasanya rubber floor diletakkan di beberapa lokasi yang dianjurkan dengan intensitas kegiatan fisik yang cukup sering dilakukan, bahkan pengaplikasiannnya sendiri bisa ditujukan pada anak-anak maupun orang dewasa. 

Lokasi Pengaplikasian Rubber Floor

Pengaplikasian rubber floor Indonesia sudah cukup sering dilakukan baik untuk area outdoor dan indoor. Bahkan fungsinya sendiri telah merambah ke berbagai lokasi, hal ini terjadi karena penggunaan karpet ini memiliki banyak keunggulan seperti melindungi lapisan kulit seseorang ketika terjatuh, anak-anak dapat berkegiatan secara nyaman tanpa khawatir terluka secara fatal, lantai mudah diperbaharui, meningkatkan daya tarik karena berbagai paduan warna, motif yang cantik dalam satu pola hingga melindungi lokasi yang rawan terpeleset.

Jasa Pasang Rubber Floor Indonesia

Berikut beberapa lokasi pemasangan rubber floor yang paling sering dilakukan, seperti:

1. Tepi Kolam Renang

Rubber Floor Kolam Renang
Sumber: pinterest.com

Pemasangan rubber floor yang paling sering digunakan pada tepian yang mengelilingi area kolam renang, hal ini dikarenakan tepian kolam memiliki kondisi yang sangat licin baik karena lantainya yang tidak pernah kering ataupun petugas kebersihan yang tidak secara maksimal membersihkan tepian kolam sehingga munculnya lumut pada rongga keramik.

Keadaan tersebut tentu dapat berbahaya bagi orang yang sedang berlalu lalang di tepian kolam, apa lagi kolam renang umumnya memiliki sudut yang cukup tajam sehingga  dapat melukai seseorang dengan mudah.

2. Jogging Track

Rubber Floor Jogging Track
Sumber: researchgate.net

Area jogging track yang dimaksud biasanya terdapat pada gelanggang olahraga di suatu daerah. Penggunaan rubber floor biasanya telah mengikuti standar IAAF (International Association of Athletics Federations) sehingga pengguna trek ini akan lebih aman jika terdapat kondisi yang tidak diinginkan. Fleksibilitas bahan karetnya juga mampu menyesuaikan dengan tekanan kaki Anda saat melangkah, sehingga manfaatnya terasa lebih maksimal dari olahraga jogging biasan yang anda lakukan.

Bahkan penggunaan rubber floor bukan hanya digunakan pada area jogging trek, gelanggang olahraga lainnya seperti lapangan volly, basket maupun futsal dapat menggunakan karpet ini untuk memaksimalkan kegiatan permainan.

3. Area Gym dan Fitness

Rubber Floor Gym
Sumber: lvtflooring.ae

 

Lokasi selanjutnya, biasanya digunakan pada area gymnastik atau fitness. Pemasangan rubber floor Indonesia di area ini dibuat secara custom, dengan tujuan mempertimbangkan kenyamanan bagi setiap konsumen yang melakukan kegiatan olahraga. Fungsi pemasangannya pada area ini digunakan untuk mempermudah pembersihan lantai dan mengurangi cedera yang mungkin saja terjadi selama di area olahraga tersebut.

4. Area playground

 Lokasi ini biasanya paling riskan terjadinya benturan dan kecelakaan, karena anak-anak biasanya sangat antusias saat bermain sehingga lupa bahaya risiko yang mungkin saja terjadi. Area lantai playground baik indoor ataupun outdoor tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam pemasangan rubber floor, pasalnya anak yang sedang aktif melakukan kegiatan harus dibentengi dengan alas bermain yang aman seperti anti licin, empuk dan nyaman agar anak merasa betah.

Rubber floor biasanya dipasang pada sekeliling area playground seperti tempat perosotan, ayunan ataupun jungkat jungkit, sehingga ketika anak terjatuh lokasi pendaratan masih aman.

Baca juga: 7 Rekomendasi Restoran Dengan Sarana Outdoor Playground

Mungkin beberapa orang mengeluhkan pemasangan rubber floor memiliki harga yang cukup mahal, namun perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut bisa saja sepadan dengan resiko cedera yang mungkin saja terjadi pada anak Anda, pemasangan rubber floor dinilai lebih aman karena saat bagian tubuh mendarat ke lantai akan gesekannya akan lebih halus.

Jasa Pasang Rubber Floor Indonesia

Apa Itu Rubber Floor

Pengaplikasian rubber floor biasanya akan memunculkan kesan yang lebih indah pada lokasi yang dipasang. Selain itu, rubber floor harus dibuat dengan bahan terbaik dan berkualitas yang tidak mudah penyok dan sobek, supaya karpet ini awet, tahan lama, dan tentunya aman saat digunakan pada kondisi cuaca yang sering berubah dan kelembaban suhu yang tidak stabil

Biasanya jual rubber floor Indonesia terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 30, 40 dan 60 cm namun Anda juga bisa melakukan pemesanan pada Wahana Tirta Estetika sesuai lokasi yang dibutuhkan. Perusahaan ini menawarkan berbagai bahan rubber floor  seperti:

  • EPDM yang terbuat dari karet daur ulang sebagai lapisan penyerap guncangan yang dapat dicor dengan kombinasi warna berbeda. 
  • SBR yang terbuat dari butiran dari bahan daur ulang yang sangat elastis dengan pilihan warna menarik dan telah terbukti sangat tahan lama. Berfungsi sebagai alas untuk menyerap guncangan.
  • Rubber tiles yang terbentuk dari lapisan dasar berwarna hitam setebal 20 mm yang berfungsi sebagai penyerap guncangan, dan lapisan atas dengan ketebalan 5 mm yang diwarnai dengan pigmen khusus.

Jika Anda berminat untuk menggunakan rubber floor berkualitas tinggi pada lokasi yang Anda butuhkan, silakan hubungi Wahana Tirta Estetika.

Selain menjual berbagai warna, motif dan ukuran rubber floor, produk dari perusahaan ini juga menggunakan teknologi Australia yang sangat baik dalam meredam kebisingan, tahan terhadap air dan sinar UV.

Bahkan jasa pemasangan rubber floor ini dilakukan oleh orang yang handal. Sudah cukup banyak klien yang bekerja sama dengan perusahaan ini perusahaan swasta, sekolah dan banyak lagi.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks