Indonetwork, Kesehatan – Di musim hujan saat ini, nyamuk dengan mudah berkembangbiak akibat banyaknya genangan air. Namun, tidak jarang nyamuk juga dapat ditemukan pada musim panas. Keberadaan nyamuk di rumah sangat mengganggu. Untuk menghindari gigitan nyamuk, Anda bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan penggunaan kasa nyamuk yang murah dan mudah ditemukan. 

Selain menyebabkan gatal, gigitan nyamuk juga bisa membawa banyak penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Sehingga Anda perlu melakukan beberapa cara untuk terhindar dari gigitan nyamuk, terutama di dalam rumah. Simak informasi berikut ini mengenai cara mudah menghindari gigitan nyamuk di rumah. 

Baca juga: 6 ALAT KESEHATAN YANG PERLU ADA DI RUMAH

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk Di Rumah

Untuk menghindari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit di rumah, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Kipas Angin

Cara pertama dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan kipas angin. Angin yang dihasilkan dari kipas akan membuat kemampuan terbang nyamuk terganggu. Nyatanya, nyamuk merupakan serangga yang tidak terlalu bisa terbang. 

Karena kemampuan terbangnya yang terganggu, kemungkinan besar nyamuk kesulitan untuk menggigit tubuh Anda. Anda bisa mengarahkan kipas angin ke bagian bawa tubuh untuk menghalangi nyamuk mendekat ke tubuh kita ketika beraktivitas.

2. Kasa Nyamuk

Penggunaan kasa nyamuk terbukti cukup ampuh untuk mengusir nyamuk di dalam rumah. Kasa nyamuk sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menghindari gigitan nyamuk di kamar. Namun seiring berjalannya waktu, desain dari kasa nyamuk semakin berkembang dan beragam. 

Barang ini biasanya dipasang pada jendela atau pintu kamar untuk mencegah nyamuk atau serangga masuk. Meskipun begitu, kasa nyamuk tidak menghambat sirkulasi udara. Sehingga udara segar tetap bisa masuk ke dalam ruangan. Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan produk kasa nyamuk yang terbuat dari berbagai jenis material. Anda bisa menyesuaikan jenis kasa sesuai kebutuhan di rumah.

3. Mengoleskan Minyak Esensial 

minya peppermint

Minyak esensial merupakan jenis minyak aromatik yang terbuat dari hasil penyulingan tanaman bunga, akar, biji, kulit kayu dan jenis tanaman lainnya. Saat ini, minyak esensial banyak digunakan karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat digunakan untuk menghindari gigitan nyamuk. 

Aroma peppermint merupakan salah satu minyak esensial yang mampu mengusir nyamuk. Hal ini terbukti bahwa aroma pada minyak dapat mencegah gigitan nyamuk selama beberapa saat. Anda cukup mengoleskan minyak pada area tubuh yang rawan dengan gigitan nyamuk. 

4. Membersihkan Genangan Air

Nyamuk berkembang biak dengan cepat jika terdapat genangan air. Sehingga Anda perlu membersihkan genangan air yang ada di rumah, seperti tempat penampungan air, bak mandi, kolam, tong sampah, dan pot secara berkala. Hal ini wajib Anda lakukan ketika musim penghujan, dimana akan terdapat banyak genangan pada area-area di sekitar rumah.

5. Menggunakan Tanaman Sereh 

tanaman sereh

Sereh merupakan jenis tanaman yang sering digunakan dalam bumbu masakan. Aromanya yang menyengat dan khas membuat sereh dikenal oleh banyak orang. Namun, wangi pada tanaman sereh tidak disukai oleh nyamuk. 

Tanaman ini mengandung zat-zat seperti geraniol, metilheptenon, terpen, asam organik dan sitronela yang sering digunakan sebagai obat nyamuk semprot. Cara menggunakannya adalah iris sereh dan letakkan pada wadah terbuka. Simpan wadah di area-area yang ingin terhindar dari nyamuk.

6. Menanam Tanaman Pengusir Nyamuk

tanaman marigold

Salah satu cara untuk mencegah perkembangan nyamuk di halaman rumah adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk. Anda bisa menanam tanaman-tanaman ini di sekitar halaman ataupun di dalam rumah sesuai kebutuhan dan estetika. Tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di rumah adalah tanaman serai, lavender, rosemary, kemangi, marigold dan masih banyak lagi. 

7. Alat Elektronik Pembasmi Nyamuk

Saat ini banyak inovasi teknologi yang dilakukan untuk membasmi nyamuk. Salah satunya adalah alat elektronik pembasmi nyamuk yang saat ini banyak dijual di pasaran. Alat ini bekerja dengan cara menarik perhatian nyamuk menggunakan sinar UV. Nyamuk yang mendekat pada alat akan tersengat listrik yang ada disekitar alat. 

Alat ini terbukti ampuh dan praktis untuk mencegah nyamuk di dalam rumah. Bahkan alat ini didesain dengan tampilan yang modern sehingga tidak mengganggu estetika ruang. Tidak jarang alat ini juga menambah nilai estetika dengan variasi warna serta desain yang unik. 

Jenis Nyamuk Pembawa Penyakit di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki musim panas dan hujan. Sehingga tidak heran jika hewan seperti nyamuk banyak dijumpai. Nyamuk-nyamuk ini membawa penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah jenis nyamuk pembawa penyakit di Indonesia yang perlu Anda hindari.

1.  Aedes Aegypti

Jenis nyamuk ini sangat sering Anda jumpai di Indonesia. Nyamuk Aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat menularkan penyakit demam berdarah dengue (DBD), chikungunya, demam zika, dan demam kuning.  Nyamuk ini muncul pada saat sore atau malam hari di dalam ruangan yang kurang pencahayaan dan tempat lembab. 

2. Anopheles

Nyamuk Anopheles merupakan jenis nyamuk yang menularkan penyakit malaria. Nyamuk ini membawa parasit Plasmodium dalam tubuhnya, kemudian akan berpindah ke manusia melalui gigitan. Parasit ini akan menyebabkan malaria dengan cara berkembang biak pada sel hati dan sel darah merah didalam tubuh manusia. 

3. Aedes Albopictus 

Jenis nyamuk Aedes albopictus memiliki genus yang sama dengan nyamuk DBD. Nyamuk ini dikenal dengan sebutan nyamuk hutan karena dapat ditemukan dan hidup di negara tropis serta subtropis. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk hutan adalah demam kuning, DBD, chikungunya, dan Zika. Warna tubuhnya yang belang hitam putih membuat nyamuk ini mudah dikenali.

Baca juga: 7 JENIS KASA NYAMUK DAN CARA MEMBERSIHKANNYA

Ancaman bahaya penyakit yang dibawa oleh nyamuk ada di sekitar kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mencegah perkembangan nyamuk agar tidak membahayakan lingkungan rumah. Penggunaan kasa nyamuk menjadi salah satu cara untuk pencegahan agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.  Untuk mendapatkan kasa nyamuk murah dan berkualitas, CV. D’Big Interior adalah solusinya. Disini Anda dapat menemukan berbagai jenis kasa nyamuk murah dan berkualitas sesuai kebutuhan. 

 

Author

Enable Notifications OK No thanks