Indonetwork, Kesehatan – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa madu memiliki segudang manfaat, mulai dari meningkatkan energi, masalah tidur, hingga alergi musiman dapat diatasi. Namun masih banyak khalayak umum yang menyamaratakan segala jenis madu yang beredar di pasaran.

Banyak madu yang telah mengalami pencampuran dengan bahan lain seperti gula sehingga khasiatnya tidak dapat begitu dirasakan. Jika Anda ingin merasakan manfaat madu dengan baik, belilah madu pada supplier jual madu murni dan simaklah berbagai manfaatnya berikut ini.

Khasiat Madu Murni

1. Manajemen Berat Badan

Khasiat Madu Murni
Sumber: Pixabay.com

Studi penelitian telah menghubungkan konsumsi madu dengan penurunan berat badan. Sebuah penelitian di San Diego State University menemukan bahwa mengganti gula dengan madu sebenarnya dapat membantu mencegah kelebihan berat badan dan juga menurunkan gula darah. Hasilnya juga menunjukkan bahwa dibandingkan dengan gula, madu dapat menurunkan trigliserida serum.

Studi lain menyebutkan bahwa madu murni dapat mengaktifkan hormon yang menekan nafsu makan. Hormon nafsu makan dan respons glikemik diukur pada 14 wanita sehat non-obesitas setelah mengonsumsi sarapan yang mengandung madu atau gula. Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi madu menawarkan potensi efek perlindungan obesitas.

2. Sumber Energi Alami

Madu murni mengandung gula alami (80 persen), air (18 persen), dan mineral, vitamin, dan protein (2 persen). Tidak mengherankan jika madu disebut sebagai penghasil energi. Studi di University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laboratory telah menunjukkan madu menjadi salah satu pilihan karbohidrat terbaik untuk dikonsumsi tepat sebelum berolahraga. Selain itu, penelitian telah mengungkapkan bahwa sebagai bahan bakar olahraga, kinerja madu setara dengan glukosa.

Ketika berbicara tentang penggunaan madu murni dalam upaya atletik, madu murni direkomendasikan sebagai bahan bakar dan pemulihan. Itu sebabnya madu murni termasuk dalam beberapa makanan ringan pra-latihan terbaik dan makanan pasca-latihan.

Baca Juga: MANFAAT MADU MURNI UNTUK KECANTIKAN

3. Pembangkit Tenaga Antioksidan

Manfaat Madu Murni
Sumber: Pixabay.com

Penelitian telah menunjukkan bahwa dosis harian madu murni meningkatkan kadar antioksidan yang meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Antioksidan membantu memblokir radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. Ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai pencegahan terhadap sejumlah penyakit. Madu mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Suatu penelitian memberi makan 25 subjek sekitar empat sendok makan madu per hari selama 29 hari di samping diet biasa mereka. Ketika sampel darah diambil pada awal dan akhir penelitian, para peneliti menemukan hubungan langsung yang jelas antara konsumsi madu dan peningkatan kadar polifenol penangkal penyakit dalam darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa madu mengandung antioksidan penangkal penyakit, flavonoid pinocembrin, pinostrobin dan chrysin. Pinocembrin mendukung aktivitas enzim, dan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pinocembrin menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) dari banyak jenis sel kanker. Sedangkan chrysin dapat meningkatkan hormon testosteron pria.

4. Mencegah Insomnia

Madu mentah mempromosikan tidur restoratif dalam dua cara. Dengan mengonsumsi madu sebelum tidur, ia mengisi kembali pasokan glikogen hati dan mencegah otak memicu krisis pencarian bahan bakar, yang dapat membangunkan Anda.

Kedua, makan madu mentah mendorong pelepasan melatonin di otak dengan menciptakan lonjakan kecil kadar insulin, yang merangsang pelepasan triptofan di otak. Triptofan diubah menjadi serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin.

Melatonin juga meningkatkan kekebalan dan membantu membangun kembali jaringan selama periode istirahat. Kurang tidur, sebagai perbandingan, telah terbukti menjadi faktor risiko hipertensi, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan radang sendi. Karena madu adalah bantuan tidur alami yang terbukti, madu secara alami menurunkan risiko semua masalah kesehatan ini.

5. Penyembuh Luka dan Maag

Supplier Madu Murni Propolis
Sumber: Pixabay.com

Perban yang diresapi madu dikenal untuk membantu penyembuhan. Ditemukan dalam berbagai penelitian bahwa madu adalah antibakteri alami dengan efek penyembuhan luka. Madu bereaksi dengan cairan tubuh untuk membuat hidrogen peroksida, menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri.

Untuk pengobatan luka bakar dan luka, madu biasanya dioleskan langsung ke area yang bermasalah atau pada perban yang diganti setiap 24 hingga 48 jam. Kombinasi madu dan ghee juga telah dianjurkan dan digunakan sebagai pembalut untuk luka sejak tahun 1991 di empat rumah sakit Mumbai.

Madu telah dipelajari untuk penggunaannya dalam mengobati berbagai jenis bisul secara efektif juga. Madu dapat mengurangi ukuran, rasa sakit dan bau dari bisul kulit yang bermasalah.

6. Bantuan Diabetes

Konsumsi madu mentah dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan membantu obat-obatan yang digunakan untuk mengobati diabetes. Kombinasi madu murni dan kayu manis dapat sangat bermanfaat untuk pengelolaan gula darah yang sehat, serta banyak masalah kesehatan lainnya seperti radang gusi dan jerawat.

Menurut sebuah penelitian di Dubai, madu telah diamati menyebabkan peningkatan kadar glukosa plasma yang lebih rendah pada penderita diabetes dibandingkan dengan dekstrosa dan sukrosa.

Beberapa menyarankan bahwa kekuatan insulin-meningkatkan kayu manis dapat melawan peningkatan glukosa dalam madu ini, yang akan membuat campuran madu dan kayu manis Anda menjadi kombinasi makanan indeks glikemik rendah. Madu murni meningkatkan insulin dan menurunkan hiperglikemia.

Baca Juga: MENGENAL MADU KLANCENG BESERTA KHASIATNYA

7. Obat Batuk Alami

Madu murni telah terbukti sama efektifnya dalam mengobati batuk seperti sirup obat batuk komersial yang dijual bebas. Semakin banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa satu dosis madu dapat mengurangi sekresi lendir dan batuk.

Dalam sebuah penelitian, madu sama efektifnya dengan diphenhydramine dan dextromethorphan, bahan umum yang ditemukan dalam obat batuk yang dijual bebas. Untuk batuk, setengah sendok teh hingga dua sendok teh madu sebelum tidur adalah dosis yang dipelajari dan direkomendasikan untuk siapa saja yang berusia di atas satu tahun.

Supplier Madu Murni

Anda tidak perlu bingung lagi di mana tempat jual madu murni, Rimba Raya Bee Farm yang merupakan peternakan lebah memproduksi madu beserta produk-produk olahannya dengan kualitas tinggi dan menyehatkan. Tidak hanya itu, Rimba Raya menyediakan pembelajaran bagi siswa mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi dan khalyak umum.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks