Indonetwork, Peluang Usaha – Menata warung sembako agar terlihat menarik menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan para pemilik toko. Pasalnya, warung sembako yang menarik dan rapi akan tampak enak dipandang terutama bagi pelanggan.

Pelanggan akan menjadi nyaman dan bisa jadi akan memberikan pengalaman nyaman bagi siapa pun yang bertransaksi di toko. Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menata warung sembako dengan baik dan terlihat menarik, selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Tips menata warung sembako agar terlihat menarik

Menata warung sembako dengan baik melibatkan sejumlah aspek, mulai dari tata letak produk hingga pelayanan pelanggan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda menata warung sembako dengan baik:

1. Pemilihan Produk dan Tata Letak yang Tepat

Pilih produk sembako yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di daerah Anda. Pastikan stok selalu tersedia untuk produk-produk yang paling sering dicari.

Setelah mendata semua produk, susunlah produk dengan tata letak yang logis. Kategorikan produk berdasarkan jenisnya, seperti beras, minyak, gula, mie instan, produk kebersihan, dan lainnya. Gunakan label kategori yang jelas agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan yang mereka cari.

2. Penataan Rak dan Produknya

Gunakan rak yang kokoh dan mudah diakses, misalnya jenis rak gondola yang memiliki dua sisi rak. Pastikan rak dan display tidak menghalangi pandangan pelanggan dan memberikan ruang yang cukup untuk bergerak.

Setelah menempatkan rak, susun produk-produk unggulan atau yang sering dicari pelanggan di tempat yang mudah terlihat. Ini dapat meningkatkan penjualan produk tertentu.

3. Gunakan Label Harga yang Jelas

Pastikan setiap produk memiliki label harga yang jelas dan mudah dibaca. Label harga untuk setiap harga biasanya ditempelkan pada bagian chalkboard atau sisi depan alas rak.

Label harga penting disematkan pada rak untuk mempermudah pembeli dalam memperkirakan jumlah belanjaan mereka. Jangan lupa untuk memeriksa label harga secara teratur, ya, baik update harga baru maupun mengganti tampilannya jika sudah sulit terbaca.

4. Cek Kebersihan dan Pencahayan

Jaga kebersihan dan kerapihan warung secara rutin. Pastinya, tempat yang bersih dan rapi menciptakan kesan positif bagi pelanggan. Anda juga pasti merasa malas jika pergi ke toko yang tidak rapi dan tampak suram, bukan?

Karena itu, pastikan toko memiliki pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang baik tidak hanya memudahkan pelanggan melihat produk, tetapi juga menciptakan atmosfer yang menyenangkan.

5. Buat Sudut Khusus Produk Diskon

Jika Anda berencana mengadakan promosi diskon, kumpulkan produk-produknya di sudut khusus diskon untuk menarik perhatian pembeli. Tampilkan produk-promo dengan jelas menggunakan signage atau display menarik, sehingga mudah ditemukan oleh pembeli.

6. Pemantauan Stok

Selalu pantau stok produk dan pastikan melakukan restok secara teratur. Produk yang selalu tersedia akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Di samping itu, Anda juga perlu mengecek tanggal kedaluwarsanya secara berkala, baik untuk stok di gudang maupun stok di display.

Baca Juga: Peluang dan Kendala Usaha Toko Sembako yang Perlu Diketahui

Macam-macam Display Penataan Barang

rak minimarket
Sumber: Freepik

Berikut adalah beberapa macam display penataan barang di toko sembako:

1. berdasarkan kategori

Penataan ini mengelompokkan barang berdasarkan jenis dan kategorinya. Contohnya, produk makanan diletakkan di rak yang sama, begitu juga dengan produk minuman, produk pembersih, dan lain sebagainya. Penataan ini memudahkan pembeli untuk menemukan barang yang mereka cari.

2. berdasarkan merek

Penataan ini mengelompokkan barang berdasarkan mereknya. Contohnya, semua produk Indomie diletakkan di rak yang sama, begitu juga dengan produk ABC, Unilever, dan lain sebagainya. Penataan ini memudahkan pembeli yang loyal terhadap suatu merek tertentu.

3. Penataan berdasarkan promosi

Cara penataan ini menonjolkan produk-produk yang sedang promo. Biasanya produk promo diletakkan di rak khusus atau di bagian depan toko agar mudah dilihat oleh pembeli.

4. berdasarkan musim

Penataan ini menyesuaikan produk yang ditonjolkan sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Contohnya, saat musim hujan, produk seperti jas hujan, payung, dan minuman hangat bisa ditonjolkan di bagian depan toko.

5. visual

Penataan ini menggunakan elemen visual seperti gambar, poster, dan dekorasi untuk menarik perhatian pembeli. Penataan visual yang menarik dapat meningkatkan daya tarik toko dan membuat pembeli lebih tertarik untuk berbelanja.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat display yang menarik, yaitu:

  • Gunakan rak yang bersih dan rapi.
  • Susun barang dengan rapi dan teratur.
  • Gunakan pencahayaan yang baik.
  • Gunakan warna dan elemen visual yang menarik.
  • Ganti display secara berkala.

Baca Juga: 10 Perlengkapan Toko Sembako yang Harus Dimiliki agar Jualan Makin Laris

Dengan memperhatikan semua aspek tersebut, Anda dapat menciptakan warung sembako yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efisien. Bagaimana, berniat membuka warung sembako sendiri?

Tidak selalu butuh modal banyak, Anda bisa memulainya dengan modal Rp2 juta saja, lho, sudah mendapatkan produk siap jual yang banyak dibutuhkan orang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks