Indonetwork, Peluang UsahaRak gondola adalah jenis rak display yang umumnya digunakan di minimarket, supermarket, dan toko-toko ritel lainnya. Rak ini dirancang dengan struktur yang kokoh dan fleksibel, memungkinkan penataan produk yang efisien dan menarik.

Rak godola sering kali ditempatkan di tengah-tengah toko dan memiliki dua sisi yang dapat diakses oleh pelanggan. Lantas apa saja fungsi rak gondola di minimarket? Selengkapnya berikut ini beberapa penjelasannya.

Fungsi Rak Gondola

Rak gondola memiliki beberapa fungsi utama dalam konteks toko ritel, minimarket, atau supermarket. Berikut adalah 5 fungsi utama dari rak gondola.

1. Menampilkan dan Menyusun Produk

Fungsi utama rak gondola adalah menampilkan dan menyusun berbagai produk dengan rapi dan terorganisir di dalam toko. Ini membantu pelanggan untuk dengan mudah melihat dan memilih barang yang mereka butuhkan.

Rak gondola memberikan fleksibilitas dalam penataan barang dagangan. Tingkat atau lapisan yang dapat disesuaikan pada rak, memungkinkan Anda dapat mengubah tata letak sesuai dengan perubahan musiman atau kebijakan penjualan.

2. Mengoptimalkan Ruang

Rak gondola memang dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan ruang di dalam toko. Dengan memanfaatkan dinding dan tengah-tengah toko, rak ini membantu menyediakan lebih banyak ruang untuk menampilkan barang dagangan.

Beberapa model rak gondola juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan tambahan di bagian bawah. Sehingga memungkinkan Anda menyimpan stok tambahan atau keperluan lainnya. Rak bagian bawah juga berguna untuk menata barang-barang yang memiliki kapasitas atau berat yang lebih besar.

3. Memudahkan Pelanggan

Dengan dua sisi rak yang dapat diakses, rak gondola memudahkan pelanggan untuk berjalan di sekitar toko dan melihat berbagai produk dari berbagai sudut. Dengan desain yang kompak, menarik, dan efisien, jenis rak minimarket ini membantu meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, membuatnya lebih menyenangkan dan efisien, sekalipun pada toko kecil.

4. Memudahkan Pemeliharaan dan Kebersihan

Desain yang bersih dan mudah diakses memudahkan pemeliharaan dan kebersihan di dalam toko. Rak gondola yang dapat dipindahkan juga memudahkan proses pembersihan dan perawatan toko.

5. Branding dan Promosi

Rak gondola dapat digunakan sebagai medium untuk menampilkan merek dan produk tertentu, memperkuat branding toko, dan mendukung kampanye promosi atau penjualan.

Dengan menata produk dengan strategis, rak gondola dapat membantu meningkatkan penjualan dengan mempromosikan produk tertentu, menarik perhatian pelanggan, dan mendorong pembelian impulsif.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Omzet Toko Kelontong

Macam-macam Ukuran Rak Gondola

Rak Gondola
Sumber: Global Industrial

Rak gondola hadir dalam berbagai macam variasi ukuran, baik yang suitable untuk toko kecil maupun toko besar. Anda juga dapat custom ukuran sesuai kebutuhan toko sendiri kepada produsen rak minimarket, lho.

Berikut beberapa ukuran rak gondola yang umum ditemukan di pasaran:

1. Rak Gondola Single

  • Tinggi: Biasanya mulai dari 120 cm (4 kaki) hingga 200 cm (6.5 kaki).
  • Panjang: Umumnya 90 cm (3 kaki) atau 120 cm (4 kaki).
  • Lebar: Biasanya 35 cm (14 inch), 40 cm (16 inch), atau 45 cm (18 inch).

2. Rak Gondola Double

  • Tinggi: Sama seperti Rak Gondola Single.
  • Panjang: Sama seperti Rak Gondola Single.
  • Lebar: Umumnya 60 cm (24 inch), 70 cm (28 inch), atau 80 cm (31 inch).

3. Rak Gondola Backwall

  • Tinggi: Sama seperti Rak Gondola Single.
  • Panjang: Sama seperti Rak Gondola Single.
  • Lebar: Umumnya 30 cm (12 inch) atau 40 cm (16 inch).

4. Rak Gondola Ujung (End Cap)

  • Tinggi: Sama seperti Rak Gondola Single.
  • Panjang: Umumnya setengah dari Rak Gondola Single (45 cm atau 60 cm).
  • Lebar: Biasanya mengikuti lebar Rak Gondola Single yang disambung (35 cm, 40 cm, atau 45 cm).

Harga Rak Gondola Baru

Sementara itu, rak gondola baru dibandrol dengan harga berbeda, tergantung jenis dan ukurannya. Sebagai referensi, berikut kisaran harga rak gondola unit baru di pasaran:

  • Rak Gondola Single: Rp 500.000 – Rp 1.500.000 per unit
  • Rak Gondola Double: Rp 750.000 – Rp 2.000.000 per unit
  • Rak Gondola Backwall: Rp 400.000 – Rp 1.200.000 per unit
  • Rak Gondola Ujung (End Cap): Rp 300.000 – Rp 800.000 per unit
  • Rak Gondola Promosi: Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000 per unit

Harga Rak Gondola Bekas

Rak gondola bekas dapat menjadi alternatif pilihan untuk menekan biaya modal usaha toko sembako, lho. Ada banyak rak gondola bekas dengan kondisi masih kokoh yang dijual dengan harga terjangkau. Sebagai referensi, berikut harga rak gondola bekas di pasaran.

  • Rak Gondola Single Bekas: Rp 300.000 – Rp 800.000 per unit
  • Rak Gondola Double Bekas: Rp 450.000 – Rp 1.200.000 per unit
  • Rak Gondola Backwall Bekas: Rp 250.000 – Rp 700.000 per unit
  • Rak Gondola Ujung (End Cap) Bekas: Rp 200.000 – Rp 500.000 per unit

Baca Juga: Mengenal Usaha Franchise: Tips, Keuntungan dan Kerugian

Namun perlu diketahui bahwa harga-harga di atas bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa di antaranya adalah jenis rak gondola, ukuran, bahan, merek, serta jumlah yang dibeli.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks