Indonetwork, Fashion – Cara mencuci kaos kaki putih yang kotor tak jarang sulit oleh sebagian pengguna. Salah satunya noda yang sulit hilang atau kain menjadi kusam. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri, apalagi jika kaos kaki putih tersebut baru saja dibeli.

Tak hanya itu beberapa pengguna juga sering mengalami masalah yaitu kaos kaki yang melar setelah dicuci. Lantas bagaimana cara mencuci kaos kaki yang benar dan tepat? Selengkapnya berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba.

Cara Mencuci Kaos Kaki yang Benar

Mencuci kaos kaki dengan benar dapat membantu menjaga kebersihan, menghilangkan bakteri, dan mencegah bau yang tidak diinginkan. Berikut adalah cara mencuci kaos kaki yang benar:

Pisahkan Kaos Kaki

Pisahkan kaos kaki berdasarkan warna dan tingkat kotoran. Jangan mencampur kaos kaki kotor dengan pakaian yang bersih. Selain membuat kaos kaki kusam, mencampurkan kaos kaki dengan pakaian lain akan mengakibatkan kotoran kaos kaki akan menempel di pakaian.

Pilih Deterjen yang Sesuai

Gunakan deterjen yang sesuai dengan warna dan jenis kain kaos kaki. Hindari kelebihan deterjen untuk menghindari residu yang tidak diinginkan. Jika memungkinkan gunakan jenis deterjen yang sesuai dengan kategori kain kaos kaki Anda.

Gunakan Air Hangat atau Dingin

Pilih suhu air yang sesuai dengan petunjuk pencucian dan jenis kotoran pada kaos kaki. Air dingin dapat membantu mencegah penyusutan dan pelepasan warna.

Hindari Pemutih Berlebihan

Hindari menggunakan pemutih berlebihan, kecuali jika diperlukan. Terlalu banyak pemutih dapat merusak serat dan warna. Gunakan pemutih untuk kaos kaki yang terkena noda berlebihan.

Jangan Gunakan Pelembut Pakaian

Kaos kaki umumnya tidak memerlukan pelembut pakaian. Pelembut pakaian dapat mengurangi daya serap dan menyebabkan kaos kaki menjadi kurang efektif menyerap keringat.

Keringkan dengan Baik

Jangan biarkan kaos kaki terlalu lama dalam mesin cuci setelah selesai siklus. Segera gantung atau letakkan kaos kaki pada pengering atau tali pakaian untuk mengeringkannya.

Baca Juga: Beragam Kaos Kaki Sekolah yang Nyaman Digunakan

Cara Mencuci Kaos Kaki agar Tidak Melar

cara agar kaos kaki tidak bau
Sumber: Pexels

Salah satu masalah yang sering terjadi setelah kaos dicuci adalah elastisitas kaos kaki yang berkurang. Lalu, bagaimana cara agar kaos kaki tidak melar setelah dicuci?

Merendamnya dengan detergen khusus

Salah satu upaya agar kaos kaki tidak cepat melar adalah cukup dengan merendamnya dengan air dan detergen khusus kain pada kaos kaki. Misalnya kaos kaki Anda menggunakan kain katun, maka Anda bisa menggunakan detergen khusus kain katun.

Tidak menggunakan mesin cuci

Usahakan tidak menggunakan mesin cuci untuk perawatan kaos kaki. Hal ini akan membuat kain kaos kaki cepat melar. Putaran mesin cuci akan membuat kaos kaki cepat melar, terlebih lagi jika Anda mencampurkannya dengan jenis pakaian lainnya.

Menjemur kaos kaki dengan tepat

Cara menjemur kaos kaki agar tidak melar juga harus diperhatikan. Jepit kaos kaki di hanger dengan penjepit kaos atau baju. Usahakan tidak memasukkan bagian mulut kaos kaki pada hanger.

Baca Juga: Manfaat dan Rekomendasi Distributor Kaos Kaki Terbaik

Jenis-jenis Kaos Kaki Berdasarkan Bahan

bahan kaos kaki
Sumber: Freepik

Kaos kaki adalah salah satu pakaian yang paling sering dipakai dan memiliki berbagai macam jenis.
Berdasarkan bahan, kaos kaki dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Kaos kaki katu

Jenis kaos kaki yang paling umum digunakan. Kaos kaki katun memiliki sifat menyerap keringat dengan baik, sehingga nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Kaos kaki wol

Jenis kaos kaki ini memiliki sifat menghangatkan, sehingga cocok dipakai untuk cuaca dingin dan tahan lama.

Jenis-jenis Kaos Kaki Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsi, kaos kaki dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Kaos kaki olahraga

Kaos kaki olahraga dirancang khusus untuk aktivitas olahraga. Kainnya biasanya memiliki sifat elastis dan ringan, sehingga nyaman dipakai untuk berolahraga.

Kaos kaki medis

Kaos kaki ini dirancang khusus untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu, seperti varises atau diabetes. Selainn itu jenis kaos ini memiliki sifat kompresi, sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah.

Kaos kaki tribal

Kaos kaki tribal adalah jenis kaos kaki yang memiliki motif tribal. Motif tribal adalah motif yang terinspirasi dari budaya dan seni suku-suku asli di berbagai belahan dunia.

Motif tribal umumnya memiliki ciri khas berupa garis-garis, pola geometris, atau motif abstrak yang saling terhubung dan terbuat dari berbagai macam bahan, seperti katun, wol, nilon, atau akrilik.

Kaos kaki sekolah

Kaos kaki sekolah adalah jenis kaos kaki yang biasa digunakan oleh siswa-siswi sekolah. Biasanya memiliki warna dan motif yang polos, seperti hitam, putih, atau biru. Kaos kaki sekolah juga biasanya memiliki panjang yang pendek, yaitu ankle socks.

Tips Menggunakan Kaos Kaki agar Tahan Lama

Kaos kaki merupakan salah satu pakaian yang paling sering digunakan dan sering terlupakan untuk dirawat. Padahal, kaos kaki perlu dicuci secara rutin untuk mencegah bau dan pertumbuhan bakteri.

Namun, jika tidak dicuci dengan benar, kaos kaki dapat melar dan tidak nyaman dipakai. Berikut adalah beberapa tips menggunakan kaos kaki agar tahan lama:

  • Pilih kaos kaki yang terbuat dari bahan yang berkualitas. Bahan kaos kaki yang berkualitas akan lebih tahan lama dan tidak mudah melar.
  • Pilih kaos kaki yang memiliki ukuran yang pas. Kaos kaki yang terlalu ketat dapat menyebabkan kaki lecet, sedangkan kaos kaki yang terlalu longgar dapat menyebabkan kaos kaki melorot.
  • Ganti kaos kaki setiap hari. Kaos kaki yang basah dan lembap dapat lebih mudah rusak.
  • Cuci kaos kaki dengan air dingin atau hangat. Hindari mencuci kaos kaki dengan air panas karena dapat merusak serat kain dan membuat kaos kaki melar.

Demikian ulasan mengenai cara mencuci kaos kaki yang benar. Untuk mencari berbagai produk kaos kaki sekolah, kaki tribal, dapat menuju situs CV. Nice Socks.  Semoga bermanfaat.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks