Indonetwork, Panduan – Cara mencuci karpet bulu memang bisa jadi pekerjaan tersendiri yang merepotkan. Perawatan karpet bulu nyatanya tidak semudah karpet biasa. Karena bahannya, membersihkan karpet bulu memerlukan cara tersendiri supaya bulunya tidak rontok atau rusak. Jika Anda masih bingung, artikel ini akan mengulas cara mencuci karpet bulu manual yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

Frekuensi cuci karpet bisa berbeda-beda tergantung jenis karpet dan di mana karpet diletakan. Misalnya karpet yang dipasang di jalur lalu lintas ramai, seperti ruang keluarga dan ruang makan, cuci karpet bisa dilakukan 3 bulan sekali. Sedangkan karpet kamar bisa dicuci 4 bulan sekali.

Namun, Anda tetap harus rutin membersihkan karpet bulu dengan melakukan vacuum cleaner seminggu sekali untuk menyedot debu dan kotoran-kotoran yang bertebaran. Lalu, bagaimana cara mencuci karpet bulu yang tepat? Berikut ulasannya.

Apa Mencuci Karpet Bulu Bisa Menggunakan Mesin Cuci?

Ada berbagai macam jenis karpet dan masing-masing bisa memiliki cara perawatan yang berbeda. Untungnya, karpet bulu termasuk barang yang bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci. Tentunya ini lebih praktis bagi Anda yang memiliki mesin cuci, jadi tidak perlu keluar ongkos laundry.

Karpet bulu kini menjadi bagian dari elemen dekorasi yang bisa mempercantik tampilan interior rumah. Dengan motif dan warna yang sesuai, karpet bulu bisa memberi nuansa hangat dan mewah pada ruangan.

Namun, karpet juga akan menjadi kusam jika digunakan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat. Karena itu, Anda perlu mencuci karpet secara berkala agar tampak seperti baru dan terhindar dari penyakit.

Namun, jika tidak ada mesin cuci di rumah atau kos, Anda bisa cuci karpet sendiri tanpa memakan waktu yang lama. Cara mencuci karpet agar tidak bau apek untuk karpet bulu pun mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti panduannya berikut ini.

Baca Juga: Tips Memilih Jenis Karpet Bulu untuk Menambah Kenyamanan Ruangan

Cara Mencuci Karpet Manual untuk Karpet Bulu

cara mencuci karpet bulu
Sumber: amazonaws.com

Kegiatan ini bisa dilakukan di akhir pekan atau hari libur untuk mengisi waktu luang. Berikut langkah-langkahnya.

Lakukan Vacuum

Pertama-tama, bersihkan debu dan kotoran pada karpet menggunakan vacuum cleaner atau sikat lembut. Tujuannya adalah supaya karpet semakin mudah dicuci. 

Jika langsung dicuci, karpet akan sulit dibersihkan karena masih ada debu dan kotoran yang menempel di bulu karpet.

Lakukan vacuum pada kedua sisi karpet. Untuk sisi atas atau bulu, Anda bisa melapisinya dengan kain sehingga sedotan vacuum cleaner tidak merusak bulunya.

Siapkan Sabun Cuci Karpet

Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko terdekat atau memesannya di toko online. Shampoo karpet diformulasikan secara khusus dengan kandungan pembersih, pelembut, dan pewangi.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa membuat larutan pembersih karpet sendiri menggunakan campuran sabun cuci piring atau sedikit deterjen, cuka, dan air. Bisa tambahkan minyak esensial sebagai cara melembutkan bulu karpet dan pewangi.

Rendam dan Cuci

Setelah semua bahan siap, selanjutnya rendam karpet bulu sebentar. Lalu, gosok perlahan bagian sisi bulu dan sisi bawahnya di dalam larutan sabun sekitar 20 hingga 30 menit. Jika sudah, peras dan bilas sampai tidak menyisakan busa.

Jemur dengan Diangin-anginkan

Cara jemur karpet setelah dicuci yaitu dengan dibentangkan di tempat yang teduh dan terkena udara. Jangan jemur karpet bulu langsung di bawah sinar matahari. Sebab bisa membuat tekstur karpet menjadi kaku dan warnanya memudar.

Cara Mencuci Karpet Bulu dengan Mesin Cuci

Cara mencuci karpet menggunakan mesin cuci terbilang lebih praktis daripada cara cara sebelumnya. Langkah-langkahnya pun sama seperti mencuci manual, mulai dari menyiapkan sabun hingga memasukkan karpet ke mesin cuci.

Saat pemerasan, persingkat waktunya sekitar 5 menit. Setelah itu keluarkan karpet dari mesin cuci dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Baca Juga: 10 Keunggulan Dekorasi Menggunakan Lantai Vinyl

Setelah mengetahui cara mencuci karpet bulu di atas, tentunya kini Anda tidak perlu keluar ongkos lebih banyak untuk biaya laundry bulanan. Karena mencuci karpet bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah di waktu libur.

Aneka jenis karpet bulu bisa Anda dapatkan juga di Indonetwork, mulai dari karpet bulu rasfur, karpet bulu halus, hingga karpet bulu karakter kesukaan anak-anak. Anda juga bisa berbelanja karpet lantai motif lainnya dengan harga terjangkau dan kualitas unggul. Menariknya, Anda bisa mengajukan penawaran best deal untuk harga terbaik dari seller. Jadi, belaja sekarang dan dapatkan karpet yang Anda butuhkan dari Indonetwork.

Enable Notifications OK No thanks