Indonetwork, Kesehatan – Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang elektrika dapat Anda jumpai dalam berbagai macam bidang disiplin ilmu dan kehidupan sehari-hari. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini memberikan dampak yang positif karena dapat memudahkan pekerjaan di berbagai bidang, tak terkecuali di bidang kesehatan. Kemajuan ini diharapkan mampu menunjang pelayanan kesehatan menjadi lebih baik serta memadai. Salah satunya adalah penggunaan electronic blood collection monitor saat melakukan proses pengumpulan darah.

Darah memiliki  peran yang teramat penting bagi manusia. Darah memiliki fungsi sebagai alat pengangkut air, gas pernapasan, nutrisi serta hormon ke seluruh tubuh. Beberapa komponen di dalam darah yakni sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah,  serta keping darah (trombosit). Setiap komponen tersebut memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Namun tentu saja kekurangan atau kelebihan darah di dalam tubuh dapat menjadikan tubuh mengalami gangguan tertentu.

Saat  seseorang mengalami keadaaan tak terduga seperti kecelakaan hingga mengalami kekurangan darah, biasanya proses transfusi darah dapat dilakukan. Sebelum dilakukan proses transfusi darah, seorang resipien memerlukan pendonor darah. Pada saat proses pengumpulan darah inilah electric blood collection monitor memiliki peran yang cukup penting.

Apa Itu Electronic Blood Collection Monitor ?

Electronic blood collection monitor adalah sebuah alat yang dapat menghindari kesalahan buatan dan kerusakan fisik secara efektif pada darah. Alat ini juga diperlukan untuk memastikan kelayakan bahan aktif dalam darah selama pengambilan dari donor.

Alat ini mencampurkan darah yang homogen dengan antikoagulan dalam kantong darah. Sebelum adanya instrumen kesehatan ini, proses penghitungan serta pencampuran volume darah dilakukan secara manual. Namun seringkali proses pencampuran darah yang dilakukan secara manual ini membuat darah dan zat antikoagulan tidak tercampur dengan baik.

Jika hal tersebut terjadi maka dapat menyebabkan pembekuan darah atau koagulasi. Seiring  berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, proses pengocokan atau percampuran darah dengan zat antikoagulan dapat menggunakan peralatan canggih ini sebagai alat bantu. Item yang biasa digunakan oleh pekerja medis ini membantu memantau proses pengumpulan darah karena beberapa fungsi yang dimilikinya.

Baca Juga : PASTIKAN DAFTAR MEDICAL DEVICE INI ADA DALAM JANGKAUAN ANDA

1. Fungsi Blood Collection Monitor

Fungsi electronic blood collection monitor di antaranya adalah:

  1. Menghitung volume darah yang diambil

Menggunakan electronic blood collection monitor selama proses pengumpulan darah bertujuan untuk memudahkan Anda menghitung jumlah atau volume darah secara otomatis. Hal ini membuat Anda tidak perlu repot menghitung volume darah secara manual.

  1. Menyatukan darah dan zat antikoagulan

Desain electronic blood collection monitor yang dapat bergoyang memudahkan proses penyatuan darah dengan zat antikoagulan sehingga tidak terjadi pembekuan darah atau koagulasi.

  1. Mengetahui keakuratan volume darah

Electronic blood collection monitor memiliki monitor LCD yang menampilkan volume darah sehingga kita dapat mengetahui volume darah secara akurat. Keakuratan volume darah sangatlah penting. Apabila volume darah yang diambil tidak akurat seperti kurang atau berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada kondisi tubuh.

Electronic Blood Collection Monitor
Sumber: Indiamart.com

2. Cara Kerja Blood Collection Monitor

Electronic blood collection monitor memiliki cara kerja yang sederhana. Alat ini mencampurkan darah dengan zat antikoagulan secara halus sehingga darah yang tercampur dalam kantong darah tidak mengalami koagulan atau pembekuan darah. Umumnya, peralatan ini memiliki volume  standar yang telah ditetapkan seperti 350 ML dan 450 ML pada saat pengumpulan darah.

Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan penyediaan campuran darahnya antara 1 hingga 50 siklus per menit. Saat volume darah di dalam kantong telah terpenuhi, electronic blood collection monitor akan berhenti bekerja secara otomatis.

Alat ini juga memiliki monitor LCD yang memudahkan anda mengetahui volume darah yang telah terkumpul secara akurat serta waktu yang dibutuhkan pada saat pengumpulan darah. Penjepit akan turun secara otomatis setelah jumlah darah yang dibutuhkan terkumpul dalam kantong. Penjepit juga bisa dioperasikan secara manual.

Blood Collection Monitor
Sumber: Medicalexpo.com

3. Fitur Blood Collection Monitor

Jika Anda tertarik  untuk membeli electronic blood collection monitor, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa fitur yang biasanya dimiliki oleh peralatan ini.

  1. Sifatnya elektronik sehingga dapat memonitor dan mengukur volume darah dengan cepat dan akurat
  2. Saat mencapai target volume yang ditentukan, alat akan secara otomatis berhenti bergoyang
  3. Penggunaan baterai yang tahan lama, cadangan Baterai selama 50 Jam operasi terus menerus
  4. Volume preset blood collection function
  5. Unit utama
  6. Pole gunung
  7. A/C power adaptor
  8. Alumunium carrying
  9. Tiang serta alas timbang
  10. Kalibrasi berat otomatis
  11. Alarm audio dan video
  12. Tampilan nilai dalam Volume dan Gram
  13. Mode pengocokan pelan
  14. Alarm otomatis saat mencapai jumlah yang telah diatur

Baca Juga : STANDAR RUANG ISOLASI MENURUT PERATURAN MENTERI KESEHATAN

Rekomendasi Distributor Electronic Blood Collection Monitor

Apabila Anda tertarik untuk membeli alat ini setelah mengetahui berbagai informasi seputar electric blood collection monitor yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak perlu bingung mencari tempat di mana bisa mendapatkan alat ini.  Electronic blood collection monitor dengan kualitas terbaik bisa Anda dapatkan dengan mudah di  PT. Sinar Arasy Manata.

Perusahaan yang berpusat di Kota Tangerang ini telah memiliki ijin berdiri yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan No FK.01.01/VI/193/2018 tentang Izin Penyalur Alat Kesehatan yang diterbitkan pada tanggal 16 April 2018. Perusahaan ini menyalurkan alat kesehatan dengan berbagai macam kategori, diantaranya adalah alat kesehatan Non-elektromedik Non-steril, alat kesehatan Non-elektromedik steril dan produk diagnostik invintro. Distributor ini memiliki komitmen untuk membangun jaringan distribusi secara nasional.

Author

Enable Notifications OK No thanks