Indonetwork, Peralatan Industri – Pompa hidrolik adalah salah satu alat yang banyak digunakan dalam industri pertambangan. Pompa tersebut berfungsi untuk menunjang peralatan-peralatan lain pada mesin-mesin berat.

Pertambangan merupakan salah satu pekerjaan yang menaruhkan nyawa pekerja yang dapat disebabkan oleh kecelakaan dalam pekerjaan. Kecelakaan pekerjaan biasanya disebabkan oleh kurang memadainya peralatan yang digunakan dalam aktivitas penambangan.

Salah satu antisipasi yang dapat diwujudkan adalah dengan memilih peralatan kerja yang sesuai standar. Sehingga dapat meminimalisir adanya kecelakaan kerja pada lapangan. Mengingat tingkat kecelakaan dalam industri pertambangan yang sangat tinggi.

Mengapa pompa Hidrolik Banyak digunakan dalam Industri Pertambangan?

Pompa Hidrolik
Sumber: Pexels

Dalam memilih mesin apapun untuk industri pertambangan, yang utama harus diperhatikan adalah keselamatan pekerja dari kecelakaan kerja yang disebabkan oleh peralatan pertambangan. Mesin hidrolik merupakan salah satu peralatan yang dapat diandalkan dalam industri ini, karena dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, kinerja, dan keandalan.

Selain itu, penggunaan mesin hidrolik pada peralatan pertambangan dapat memberikan berbagai keuntungan seperti akurasi operasi, keselamatan operator, perlindungan lingkungan, kemampuan kontrol, kemudahan servis, dan lain sebagainya.

Pertambangan adalah proses pengambilan mineral berharga dan bahan geologi lainnya dari permukaan bumi. Proses penambangan ini dimulai dengan pembuatan lubang terbuka hingga pembuangan bahan limbah. Setiap tahapan penambangan dalam industri ini membutuhkan sistem hidrolik yang dipasangkan pada alat-alat berat untuk menggali tanah, menghancurkan batu, hingga untuk mengangkut limbah dari lokasi penambangan.

Sistem hidrolik biasanya banyak dipasangkan pada alat-alat berat seperti conveyor, shovel, excavator, truk angkut, dozer, loader, dan bor. Tidak hanya harus memperhatikan pemilihan sistem hidrolik, pemilihan cairan hidrolik yang digunakan dalam mesin juga sangat diperlukan.

Cairan hidrolik akan melindungi pompa hidrolik dan motor yang digunakan dari lecet dan keausan. Cairan hidrolik ini berperan penting dalam mesin hidrolik, karena dapat mengurangi kebocoran cairan, menurunkan konsumsi bahan bakar, dan menghasilkan tenaga hidrolik yang optimal.

Baca juga: 7 Model Blade Bulldozer untuk Proyek Bangunan

Faktor Utama yang Perlu dipertimbangkan Saat Membeli pompa Hidrolik

Pompa Hidrolik
Sumber: Pexels

Setiap industri pertambangan, pasti banyak menggunakan alat-alat berat untuk menunjang pekerjaan mereka. Hampir di setiap peralatan yang digunakan oleh industri pertambangan, menggunakan komponen hidrolik untuk menunjang kinerja dan produktivitas yang maksimal.

Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mesin hidrolik. Pemilihan ini untuk menghindarkan tertundanya pekerjaan atau pengeluaran biaya yang besar secara mendadak. Maka, berikut beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hidrolik.

Beban Kejut

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam memilih mesin hidrolik adalah beban kejut. Apabila terdapat variasi beban yang berulang dan tiba-tiba, dapat menyebabkan kerusakan besar pada peralatan yang terhubung.

Dalam hal ini, cairan hidrolik memainkan peran untuk mengurangi dampak yang dihasilkan. Cairan hidrolik akan menyerap sebagian besar dampak tersebut dan bekerja seperti pegas.

Keandalan

Peralatan-peralatan dalam industri pertambangan, seringkali diperlukan untuk bekerja pada ruang-ruang sempit seperti di bawah tanah. Sementara aktivitas dalam penambangan tidak dapat menunggu penundaan apabila terjadi kerusakan. Sehingga komponen hidrolik yang sangat andal sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. Perawatan pada mesin hidrolik juga menjadi salah satu tantangan bagi mekanik. Pasalnya, perawatan harus dilakukan secara terjadwal untuk menghindari kerusakan yang berakibat penundaan pekerjaan hingga kecelakaan pada lapangan.

Baca juga: Lumpur Pemboran: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Komposisi

Toleransi Kontaminasi

Industri pertambangn akan selalu berhubungan dengan material-material kotor seperti pasir, debu, batu, kerikil, batu bara, dan lain sebagainya. Kondisi kerja yang seperti ini, biasanya menjadi pemicu utama kerusakan bagi sistem hidrolik yang digunakan dalam aktivitas pertambangan. Sementara, komponen hidrolik dalam mesin harus mempunyai ketahanan terhadap kontaminasi material-material kotor yang dapat memicu kecelakaan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli mesin hidrolik, Anda harus mengetahui seberapa besar ketahanan mesin dalam menangani kontaminasi terhadap material-material kotor. Melalui hal tersebut, Anda dapat memperhitungkan seberapa sering perawatan yang harus dilakukan terhadap mesin hidrolik.

Daya Tinggi dan Kepadatan Torsi

Penggunaan mesin hidrolik dalam industri ini, dipilih karena penggunaannya yang ringkas atau tidak memerlukan ruang yang banyak. Sehingga, ukuran ini menjadi ukuran yang pas, mengingat ruang lapangan dalam industri pertambangan yang seringkali juga sangat terbatas.

Motor penggerak yang digunakan juga harus memiliki kepadatan daya dan torsi yang tinggi. Kepadatan torsi adalah jumlah torsi yang diberikan per satuan volume, sehingga dapat difungsikan untuk mengetahui seberapa banyak ruang yang digunakan motor.

Baca juga: 6 Tips Perawatan Pompa Hidrolik

Masalah umum mengenai komponen hidrolik pada industri pertambangan biasanya adalah kontaminasi, kebocoran, dan panas yang berlebih. Maka untuk mencegah kerusakan mendadak pada mesin, diperlukan pemilihan produk yang berkualitas,

Jual Pompa Hidrolik Pertambangan

PT. Bintang Teknik Adiyasa merupakan salah satu perusahaan yang menjual hidrolik pertambangan dan terpercaya. Anda dapat menemukan berbagai peralatan industri seperti Sparepart Hydraulic, Pump Hydraulic, Hydraulic Pressure Control, Solonoid Valve, dan Hydraulic Motor.

Selain itu, PT. Bintang Teknik Adiyasa juga menyediakan beberapa jenis produk Valve seperti Check Valve, beserta aksesoris lainnya. PT. Bintang Teknik Adiyasa menyediakan peralatan industri dengan berbagai merek, di antaranya adalah Corken, Hof, Rexroth, Southren Cross, Vickers, dan Yuken. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website PT. Bintang Teknik Adiyasa dan buat penawaran dengan harga terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks