Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Humidifier adalah perangkat yang dirancang untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan dengan melepaskan uap air ke udara. Alat ini biasanya digunakan di lingkungan yang cenderung kering, seperti di musim dingin atau di ruangan yang terkondisi dengan sistem pemanas sentral.

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kelembaban udara dalam kisaran yang nyaman untuk kesehatan manusia dan untuk mencegah gejala seperti kulit kering, iritasi tenggorokan, atau hidung tersumbat. Di sisi lain, diffuser adalah perangkat yang digunakan untuk menyebarkan aroma atau minyak esensial ke udara di dalam ruangan dengan cara menguapkan partikel-partikel kecil dari minyak esensial ke udara.

Diffuser digunakan untuk menciptakan atmosfer yang nyaman dan menenangkan di rumah, kantor, atau ruang meditasi. Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, atau membantu tidur dengan mengeluarkan aroma yang disukai.

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang berbeda, humidifier dan diffuser keduanya dapat menjadi bagian penting dari penciptaan lingkungan dalam ruangan yang nyaman dan sehat. Selain tampak dari sisi fungsinya, berikut ini beberapa perbedaan humidifier dan diffuser lainnya.

Perbedaan Humidifier dan Diffuser

Perbedaan humidifier dan diffuser
Sumber: Edens Garden

1. Beda Cara Kerja

Humidifier bekerja dengan melepaskan uap air ke udara, entah melalui penguapan air menggunakan metode evaporatif, atau dengan bantuan teknologi ultrasonik yang mengubah air menjadi uap. Ini meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

Sedangkan diffuser bekerja dengan menyebarkan aroma atau minyak esensial ke udara. Biasanya dengan menggunakan teknologi ultrasonik, penguapan, atau nebulizing untuk menghasilkan partikel-partikel kecil dari minyak esensial yang diuapkan ke udara.

2. BEda Tujuan Penggunaan

Humidifier digunakan untuk meningkatkan kelembaban udara di lingkungan yang cenderung kering, seperti di musim dingin atau di ruangan yang terkondisi dengan sistem pemanas sentral. Sedangkan kegunaan diffuser untuk menciptakan atmosfer yang nyaman dan menenangkan di rumah, kantor, atau ruang meditasi, atau untuk menciptakan aroma yang menyenangkan di ruangan.

3. BEda Durasi Pemakaian

Dari segi durasi pemakaian, humidifier bisa bervariasi tergantung pada jenis alat, kapasitas tangki air, dan kelembapan udara yang diinginkan. Namun biasanya bisa digunakan lebih lama dari diffuser.

Sedangkan diffuser, disarankan untuk tidak menggunakannya secara terus menerus. Biasanya penggunaan diffuser diatur waktunya dengan durasi tertentu, misalnya 30 menit menyala disusul dengan 30 menit istirahat.

Baca Juga: Macam-macam Teknik Hidroponik dan Tips Memilihnya

Manfaat Humidifier untuk Rumah

Beberapa manfaat utama humidifier antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pernapasan

Humidifier membantu menjaga kelembaban udara di dalam ruangan. Udara yang lembap dapat mengurangi risiko iritasi saluran pernapasan dan gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat, batuk kering, atau sinusitis. Kelembaban yang cukup juga dapat membantu meredakan gejala pilek, flu, atau alergi.

2. Mencegah Kulit Kering dan Iritasi

Udara kering sering kali menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, atau iritasi. Dengan meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan, humidifier dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat, mengurangi risiko iritasi dan kemerahan.

3. Memperbaiki Gejala Alergi

Kelembaban udara yang rendah dapat memperburuk gejala alergi, seperti bersin-bersin, mata gatal, atau ruam kulit. Dengan meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan, humidifier dapat membantu meredakan gejala alergi dan menciptakan lingkungan yang lebih bersahabat bagi penderita alergi.

Manfaat Diffuser untuk Rumah

Diffuser memiliki beberapa manfaat yang signifikan untuk rumah dalam menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan sehat. Beberapa manfaat utamanya termasuk:

1. Meningkatkan Atmosfer

Diffuser dapat menciptakan atmosfer yang menenangkan dan menyegarkan di dalam ruangan dengan menyebarkan aroma dari minyak esensial. Aroma yang dihasilkan dapat membantu meredakan stres, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan suasana yang nyaman dan santai di rumah.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Minyak esensial yang digunakan dalam diffuser memiliki sifat antimikroba dan antibakteri tertentu. Dengan begitu dapat membantu membersihkan udara dari bau tidak sedap, seperti bau masakan, asap rokok, atau hewan peliharaan. Diffuser dapat menggantikan wewangian buatan kimia dengan aroma alami yang segar dan menyenangkan.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Beberapa jenis minyak esensial memiliki sifat yang dapat membantu membersihkan udara dari bakteri, virus, atau kuman yang mengambang di udara. Dengan menyebarkan minyak esensial ini melalui diffuser, Anda dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Hal ini juga membantu untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi keluarga.

Baca Juga: 3 Jenis Blower Ventilator Fans Untuk Melancarkan Sirkulasi Udara

Nah, sekarang Anda sudah bisa membedakan humidifier dan diffuser, kan. Jika tujuan pembelian Anda untuk menyegarkan udara dan membuat udara lebih harum, maka pilihlah diffuser dengan minyak essensial yang menyegarkan. Namun, jika Anda ingin membuat ruangan lebih lembap, maka pilih humidifier dengan jangkauan penyebaran uap yang sesuai dengan luas ruangan rumah Anda.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Author

Enable Notifications OK No thanks