Indonetwork, Wahana – Pemasangan instalasi ruang isolasi covid di rumah sakit saat ini mungkin hanya dibutuhkan untuk perbaikan dan pemeliharaan fasilitas rutin saja, hal ini diperkuat dengan data Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa angka dari kasus penyandang positif covid-19 telah berkurang lebih dari 50%. Sehingga kegiatan rumah sakit saat ini kembali normal walaupun Anda tetap dianjurkan untuk menjaga protokol kesehatan.

Jika Anda ingin mengetahui tahapan pasien isolasi covid di rumah sakit, Yuk simak informasi dibawah ini mengenai pasien covid yang dianjurkan untuk melakukan isolasi pada rumah sakit terdekat.

Baca juga: MENGENAL RUANG ISOLASI COVID-19

Tahap Isolasi Pasien Covid di Rumah Sakit

Tahap Isolasi Pasien Covid di Rumah Sakit
Sumber: Istockphoto

Penanganan pasien positif Covid-19 tentu dilakukan dengan berbagai cara baik isolasi mandiri maupun isolasi yang dilakukan pada rumah sakit. Hal ini tergantung seberapa parah gejala yang timbul dan dampak yang Anda rasakan. Tujuan adanya ruang isolasi covid di rumah sakit adalah untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular yang bisa mewabah.

Ruangan ini dibuat supaya pasien, keluarga penjenguk, dokter hingga suster tidak dengan mudah keluar masuk ruangan dan menyebarkan virus yang ada. Bahkan perlu Anda ketahui, bukan hanya penyebaran Covid yang memerlukan ruang isolasi, bahkan penyakit yang umum terjadi seperti TBC, HIV / AIDS, cacar air dan kolera memungkinkan pasiennya diantisipasi melalui ruang isolasi. Nah, untuk penanganan pasien covid di rumah sakit berikut tahapan untuk melakukan isolasinya, yaitu:

Pasien yang dianjurkan untuk isolasi di rumah sakit dengan gejala oarah seperi sesak nafta, demam tinggi, nyeri di sekitar punggung, daerah ginjal, hipotermia hingga perubahan warna urin

  • Biasanya proses alih rawat diputuskan berdasarkan hasil assessment klinis yang dilakukan oleh dokter penanggung jawab pelayanan sesuai standar pelayanan atau standar prosedur operasional.
  • Suster selanjutnya akan melakukan pengecheckan suhu tubuh, serta bila memungkinkan, tingkat oksigen dalam darah, tekanan darah, dan keadaan Anda. Catat dalam buku harian gejala
  • Selama di rumah sakit Anda akan disarankan untuk membuka jendela setiap hari agar sirkulasi udara baik dari sinar matahari masuk , melakukan olahraga ringan setiap pagi hari dan mengkonsumsi air yang cukup dengan memenuhi kebutuhan elektrolit, Vitamin B1, C, D, E, Zinc

Jika kondisi pasien semakin baik maka diperbolehkan untuk pulang  berdasarkan pertimbangan dokter penanggung jawab pasien karena adanya perbaikan klinis, comorbid teratasi, dan/atau follow up PCR menunggu hasil.

Syarat Lokasi Dapat Dijadikan Ruang Isolasi Covid

Syarat Lokasi Dapat Dijadikan Ruang Isolasi Covid

Tidak sembarang lokasi atau bangunan yang dapat dijadikan tempat karantina atau ruang isolasi covid, terdapat beberapa aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Berikut dibawah ini persyaratan yang harus dipenuhi sesuai protokol kesehatan untuk membangun ruang isolasi covid, yaitu:

  • Memiliki ruangan tenaga kesehatan, yang berfungsi untuk mengenakan maupun melepaskan alat pelindung diri (APD)
  • Memiliki ruangan istirahat untuk tenaga kesehatan yang harus terpisah dari ruangan perawatan pasien dengan kamar mandi yang hanya dapat digunakan oleh tenaga kesehatan.
  • Menggunakan penghalang fisik untuk melindungi staf yang akan berinteraksi dengan pasien.
  • Memiliki ruang terpisah antara laki-laki dan perempuan
  • Jika terdapat pasien dengan dugaan Covid-19 yang sedang menunggu hasil tes, harus memiliki ruangan yang secara fisik terpisah dari kasus yang dikonfirmasi.
  • Memiliki ketersediaan air bersih yang mencukupi dan fasilitas toilet yang memadai.
  • Ruangan memiliki ventilasi udara yang baik.

Daftar Rumah Sakit Rujukan Isolasi Covid di Surabaya

Daftar Rumah Sakit Rujukan Isolasi Covid di Surabaya

Saat kasus ini sedang meledak di pasaran, kapasitas rumah sakit saja bahkan tidak mampu menampung pasien Covid-19 terkadang penggunaan aula GOR, asrama haji dan hotel dapat dijadikan alternatif penggunaan ruang isolasi covid. Namun seiring berjalannya waktu lokasi penanganan isolasi covid semakin menurun, namun jika Anda mengalami gejala covid yang cukup serius segera laporkan kondisi pada pihak rumah sakit terdekat. Atau Anda juga bisa menemukan daftar rumah sakit terdekat yang masih menangani pasien covid yang harus diisolasi, seperti:

  • RSU Husada Utama Surabaya
  • RSU Bhayangkara Tingkat II H.S. Samsoeri Mertojoso
  • RSU Manyar Medical Center
  • RSU Manyar Medical Center
  • RSU Universitas Airlangga
  • RSU National Hospital
  • RSU Royal Surabaya
  • RSU Katholik Surabaya
  • RSU Adi Husada Undaan
  • RSU PHC Surabaya
  • RSUD Bhakti Dharma Husada
  • RSI Surabaya Jemursari
  • RSU Siloam Hospital
  • RSU Haji Surabaya
  • RSU Premier Surabaya

 Mungkin ketersediaan ruangan atau tindakan penangannya sendiri tidak seekstrim beberapa bulan sebelumnya, karena angka penyandang positif covid juga semakin berkurang. Biasanya penunjukan ini sesuai dengan keputusan Menteri kesehatan No.HK 01/07/MENKES/169/2020 dan keputusan gubernur no.494 tahun 2020 tentang penetapan rumah sakit rujukan penanggulangan penyakit Covid-19, sehingga pasien tidak bisa dirujuk pada rumah sakit swasta yang diinginkan kecuali mendapat izin untuk melakukan isolasi mandiri.

Baca juga: PENTINGNYA PEMBUATAN RUANG ISOLASI COVID DI MASA PANDEMI

Jasa Kontraktor Ruang Isolasi Covid

Setiap fasilitas pasti membutuhkan adanya perbaikan dan perawatan secara rutin. Selain menyediakan alat filter udara serta spare part HVAC, perusahaan ini juga menyediakan jasa konstruksi pembangunan ruang isolasi covid yang bermutu baik dan telah dipercaya kredibilitasnya di Surabaya dan sekitarnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya klien yang telah bekerja sama dengan perusahaan ini dan mendapatkan kepuasan yang sangat baik dengan hasil maksimal.

Jika Anda tertarik untuk membangun fasilitas ini atau menginginkan perbaikan pada ruang isolasi yang telah ada, silakan melakukan konsultasi pembangunan ruang konstruksi isolasi covid pada CV. Zulindo Jaya Mandiri, kami merekomendasikan perusahaan ini karena memiliki pelayanannya yang ramah dan akan membantu memenuhi kebutuhan Anda sesuai dengan budget yang tersedia.

Author

Enable Notifications OK No thanks