Indonetwork, Kesehatan – Urinal pispot merupakan alat yang biasa kita jumpai ketika kita berada di rumah sakit. Urinal pispot merupakan sebuah alat yang memungkinkan seseorang untuk buang air kecil tanpa harus ke kamar mandi. Alat ini banyak digunakan oleh pasien yang kondisinya tidak memungkinkan untuk membuang air ke kamar mandi. Akan sangat sulit bagi pasien yang ingin membuang air jika tanpa bantuan alat urinal pispot terutama bagi pasien wanita. Simak uraian berikut ini untuk mengetahui distributor jual urinal pispot dan penggunaanya bagi wanita.

Gambaran Umum Urinal Pispot

Urinal pispot adalah alat medis yang digunakan untuk membantu pasien membuang air kecil tanpa harus pergi ke kamar mandi karena mengalami kesulitan dalam bergerak atau diharuskan untuk tetap berbaring di ranjang sebab mengalami cidera atau pasca operasi. Sebenarnya alat ini tidak hanya digunakan di rumah sakit saja melainkan dapat juga digunakan di rumah.

Pispot Pria
Sumber: Depositphotos.com

Urinal pispot memungkinkan Anda buang air kecil di tempat tidur. Alat ini memiliki bentuk seperti botol sehingga memudahkan pemakaian dan pembuangan. Bentuknya didesain secara khusus sesuai dengan bentuk tubuh pria ataupun wanita sehingga akan lebih mudah dalam pemakaiannya. Kapasitas penampungan urinal pispot bisa mencapai satu hingga satu setengah liter. Biasanya urinal pispot terbuat dari plastik keras sehingga dapat digunakan beberapa kali. Ada juga yang terbuat dari kertas daur ulang seperti bedpan sehingga lebih praktis karena Anda tidak perlu mencucinya kembali sebab hanya dapat dipakai sekali setelah digunakan. Terdapat dua jenis urinal pispot sesuai dengan penggunaannya.

Pispot Plastik Pria
Sumber: Depositphotos.com

1. Urinal Pispot Pria

Terdapat dua jenis urinal pispot untuk pria yaitu yang menggunakan pegangan dan tanpa pegangan. Kebanyakan botol urinoir genggam pria memiliki ukuran dan bentuk yang sangat mirip dengan lubang yang menyempit di leher botol sehingga memudahkan pria ketika membuang air.

2. Urinal Pispot Wanita

Penggunaan urinal pispot wanita terkadang sedikit lebih sulit daripada urinal pispot pria, namun peningkatan variasi desain telah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengurangi tumpahan dan kebocoran secara signifikan. Aliran air dapat dikontrol lebih baik pada botol yang memiliki bukaan lebih lebar di bagian leher, sehingga botol dapat dimiringkan dengan tepat setelah ditempatkan dengan kuat pada kulit.

Baca Juga: 12 ALAT GENERAL LABORATORY DAN FUNGSINYA

Penggunaan Urinal Pispot bagi Wanita

Urinal pispot sangat bermanfaat untuk wanita yang ingin buang air namun sedang mengalami cedera atau sedang dirawat di rumah sakit. Urinal pispot untuk wanita juga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk pasien yang menderita nyeri kronis dan memiliki keterbatasan mobilitas karena penyakit atau rasa sakit. Sebagian wanita memilih menggunakan alat bantu buang air kecil karena tidak ingin bersentuhan dengan toilet umum yang sering kali kebersihannya tidak terjamin atau sering beraktivitas di alam terbuka dan tidak memiliki akses yang mudah ke toilet. Sebelum menggunakan urinal untuk wanita, Anda harus mencari model yang paling sesuai dengan tubuh dan kebutuhan Anda, dan pilihlah urinal yang ringan dan mudah dibersihkan. Simak terus uraian di bawah ini untuk mengetahui cara penggunaan urinal pispot bagi wanita.

1. Tips Pemilihan

Sebelum mengetahui cara penggunaan urinal pispot, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana memilih urinal pispot yang sesuai kebutuhan anda.

  1. Pilihlah urinal pispot yang dapat dipegang dengan satu tangan jika Anda masih mampu duduk atau berdiri tanpa bantuan. Alat ini menjadi pilihan tepat jika Anda ingin memiliki kebebasan untuk membuang urine tanpa bantuan dan menggunakan kembali alat dengan mudah.
  2. Pilihlah urinal pispot model penyangga tubuh jika Anda tidak memiliki mobilitas atau sangat terbatas dan membutuhkan bantuan untuk duduk atau berdiri tegak. Alat ini cocok untuk wanita yang tidak dapat mengosongkan urinal pispot sendiri setelah buang air kecil dan harus membutuhkan bantuan orang lain untuk menggunakannya kembali.
  3. Pilih perangkat urinal pispot untuk wanita jika Anda ingin mencoba buang air kecil sambil berdiri. Jenis ini dirancang bukan hanya untuk wanita yang sedang sakit saja melainkan untuk membantu aktivitas buang air kecil sehari-hari atau aktivitas di luar ruangan, seperti hiking, berkemah, berperahu, bermain ski, atau aktivitas fisik lainnya yang tidak memungkinkan Anda mengakses toilet dengan mudah.
  4. Pilihlah urinal pispot yang ringan dan mudah dibersihkan.

2. Step Penggunaan

  1. Pilih posisi yang nyaman bagi tubuh Anda. Ada tiga cara berbeda yaitu duduk, berdiri, atau berbaring. Posisi yang nyaman tergantung pada kondisi dan lokasi cedera dan tingkat kenyamanan Anda saat ingin buang air.
  2. Tempatkan urinal pispot di antara kedua kaki. Setelah menemukan posisi buang air kecil yang nyaman, Anda dapat menempatkan urinal pispot di antara kedua kaki. Pastikan posisi wadah penampungan atau slang tepat di bawah uretra.
  3. Miringkan panggul sedikit ke depan, sambil mengarahkan aliran urine ke urinal pispot. Pastikan Anda menggunakan wadah penampungan atau tabung yang menghubungkannya ke urinal pispot saat menggunakannya sehingga semua atau sebagian besar urine dapat mengalir ke urinal.
  4. Setelah selesai menggunakannya urinal pispot, Anda terlebih dahulu harus membuang urin yang ada di dalam urinal pispot hingga kosong. Setelah itu Anda dapat membersihkan urinal pispot dengan air hangat dan sabun, lalu menggantungnya agar kering sehingga siap digunakan lagi.

Baca Juga: BERBAGAI JENIS PISPOT SESUAI PENGGUNAANNYA

Distributor Jual Urinal Pispot

Bagi Anda yang sedang mencari Urinal Pispot dengan kualitas terbaik dan harga yang bersaing, Anda bisa mendapatkannya di PT. Sinar Arasy Manata. Perusahaan jual urinal pispot ini juga merupakan distributor alat kesehatan yang berkomitmen membangun jaringan distribusi secara nasional. PT. Sinar Arasy Manata sudah memiliki izin dari Kementrian Kesehatan pada tahun 2018. Perusahaan ini menyediakan alat kesehatan dengan tiga kategori, yaitu Alat Kesehatan Non Elektromedik Non Steril, Alat Kesehatan Non Elektromedik Steril, dan Produk Diagnostik Invitro.

Author

Enable Notifications OK No thanks