Alat general laboratory – Bagi Anda yang bekerja di lingkup industri kesehatan, makanan, dan lainnya sudah pasti tidak asing lagi dengan berbagai aktivitas laboratorium. Di dalam lab/laboratorium tentu tersedia berbagai alat – alat yang memiliki fungsi dan kegunaan khusus.

Untuk seorang yang berprofesi kesehariannya di laboratorium mungkin sudah hafal dan mengerti fungsi – fungsinya. Lantas bagaimana jika Anda yang baru saja akan terjun di dunia laboratorium maupun yang akan ditugaskan di lab? Tentu sedikit banyak Anda harus mengetahu nama dan fungsi alat-alat general laboratory atau alat laboratorium secara umum beserta fungsinya.

Mikroskop

Syarat Bisnis Laboratorium PCR

Secara umum, alat ini memang cukup populer di kalangan masyarakat. Mikroskop merupakan alat bantu yang berfungsi untuk mengamati benda-benda yang berukuran kecil dan tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop dapat memperbesar ukuran bayangan benda hingga berkali-kali lipat. Mulai dari 40 kali, 100 kali, 400 kali, hingga 1000 kali. Mikroskop masuk dalam kategori alat general laboratory, terdapat beberapa jenis mikroskop antara lain mikroskop binokuler, mikroskop cahaya, mikroskop electron, dan scanning electron microscope.

Gelas ukur

Alat general laboratory
Sumber: Indiamart

Gelas ukur merupakan wadah alat ukur volume cairan. Biasanya gelas ukur tidak memerlukan ketelitian tinggi untuk pereaksi/reagen untuk analisis kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder. Terdapat beberapa macam gelas ukur mulai dari 5ml hingga 2 liter.

Neraca analitik

alat general laboratorium
Sumber: MRC lab

Neraca analitik atau biasa disebut dengan neraca laboratorium merupakan neraca yang dirancang untuk mengukur massa kecil dalam rentang sub-miligram. Media pengukur ini berupa piringan yang berada dalam kotak transparan dan berpintu sehingga tidak berdebu.

Neraca ini berguna untuk mengukur tekanan untuk menghitung massa yang akan diukur, dan tidak mengukur massa realnya.

Mortar

alat general laboratory
Sumber: Quora

Apa itu mortar? Alat ini kadang dikenal dengan sebagai alat penggerus obat. Alat ini berfungsi untuk menghaluskan zat kimia atau bahan sampel yang berbentuk padat. Mortar menjadi wadah untuk penumbuk. Sedangkan alat penumbuknya bernama pestle. Selain sebagai menghaluskan zat kimia atau sampel padat, alat ini juga berfungsi sebagai pencampur zat kimi. Mortar dan pestle tentu memiliki beragam ukuran dan umumnya akan selalu tersedia di berbagai laboratorium.

Tabung reaksi

alat general laboratory
Sumber: leylbold-sho.com

Salah satu alat general laboratory lainnya adala tabung reaksi. Tabung reaksi berguna untuk tempat pengenceran atau tempat untuk menyimpan media. Alat ini juga merupakan bagian penting dari komponen laboratorium. Tabung reaksi dapat diisi berbagai zat padat maupun cair. Beberapa fungsi tabung reaksi antara lain membantu percobaan reaksi kimia, menjadi wadah mikroorganisme, wadah bahan kimia, menampung reaksi kimia, dan sebagai tempat pengujian.

Erlenmeyer

alat general laboratory
Sumber: Pinterest

Erlenmeyer merupakan alat gelas laboratorium yang memiliki fungsi sebagai wadah dari bahan kimia cair. Alat ini bisa juga disebut dengan labu Erlenmeyer. Beberapa fungsi gelas ini antara lain mengukur volume bahan kimia cair dengan ketilitian rendah, tempat menampung bahan kimia untuk sementara, menghomogenkan larutan atau media, tempat menyimpan media pada pengujian mikro, untuk menampung titran pada saat tetrasi, hingga menyimpan media pada analisa mikrobiologi.

Lampu spiritus

alat general laboratory
Sumber: wikipedia

Alat general laboratory yang selalu ada di laboratorium adalah lampu spiritus, yaitu sebuah alat yang digunakan pada setiap percobaan kimia atau praktikum. Alat ini berfungsi untuk membakar atau memanasi zat kimia agar suhunya meningkat, dan laju reaksinya lebih cepat. Terkadang, alat ini digunakan untuk memeriksa reduksi urine dan protein urine pada ibu hamil.

Pipet laboratorium

Alat laboratorium

Merupakan alat utama yang berguna untuk mengambil berbagai sampel dan zat kimia untuk diteliti. Pipet memiliki ukuran kecil dan panjang mirip sedotan. Umumnya terbuat dari plastik atau kaca dengan baguan ujung bawahnya meruncing dan bagian atasnya ditutupi karet.

Rak kuvet

alat general laboratory
Sumber: Wikiwand

Kuvet merupakan alat laboratorium yang memiliki bentuk seperti bejana kecil dan persegi panjang. Kuvet berguna untuk menaruh sampel pada proses analisis menggunakan spektrofotometer Alat ini memiliki ketelitian yang tinggi dan dimensi yang berbeda-beda.

Batang pengaduk

alat general laboratory
Sumber: Amazon

Batang pengaduk adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk mencampur bahan kimia dan cairan untuk keperluan laboratorium. Umumnya terbuat dari kaca dan memiliki ukuran hampir sama dengan sedotan minum. Tentu fungsi utamanya adalah untuk mencampur berbagai sampel dan bahan kimia.

Rak tabung reaksi

Jenis Kulkas Vaksin

Alat general laboratory selanjutny adalah rak tabung reaksi. Alat ini merupakan salah satu instrumen peralatan laboratorium yang berguna untuk menyimpan atau menata beberapa tabung reaksi. Bentuknya seperti rak kecil yang terbuat dari kayi dan memiliki beberapa lubang yang digunakan untuk tempat meletakkan tabung reaksi dengan posisi berdiri.

Tegakan retot / statif

alat general laboratory
Sumber: Amazon

Statif atau biasa dikenal sebagai tegakan retot merupakan instrument laboratorium non-gelas yang digunakan untuk berbagai proses kimia. Beberapa di antaranya adalah menjepit peralatan gelas, penjepit kondensor pada proses pemanasan dengan pendingin balik. Umumnya alat ini terbuat dari logm, besi, atau baja antikarat dengan bentuk silinder dan memiliki tinggi sekitar 50 sentimeter.

Itulah alat general laboratory yang umumnya kerap ditemui di laboratorium. Bagi Anda yang akan bekerja di bagian laboratorium tentu nama dan cara penggunaannya harus dikuasai.

Selain itu, untuk melengkapi berbagai kebutuhan alat – alat umum laboratorium, tentu bagian pengadaan lab harus benar-benar teliti dan memiliki supplier alat general laboratory dengan kualitas terbaik. Untuk itu berikut ini Indonetwork memberikan beberapa daftar supplier dan distributor alat general laboratory terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan industri Anda.


Author

%d bloggers like this: