Peluang usaha di Indonesia selalu mengalami perkembangan dan peningkatan. Selama dunia bisnis terus menunjukkan tren positif, peluang akan selalu terbuka lebar.

Pertumbuhan ekonomi terus menstimulasi sektor riil untuk terus berkembang. Pemerintah menyambut baik kondisi tersebut dengan menyediakan program-program khusus untuk UKM.

Sektor tersebut telah menjadi salah satu sokoguru yang menopang perekonomian nasional.Tanpa UKM, mustahil perekonomian Indonesia akan dapat tumbuh pesat. Sektor usaha besar seperti korporasi memang memberikan sumbangsih signifikan, tetapi manfaatnya belum bisa menyentuh semua golongan masyarakat.

UKM patut mendapatkan perhatian khusus karena dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Lingkup dan cakupan bisnis yang terbatas justru menjadi keunggulannya. Yakni daya tahan terhadap berbagai krisis, khususnya krisis ekonomi dan moneter.

Industri berskala besar justru lebih mudah terserang “virus” krisis daripada UKM. Dampak memang terasa, namun dengan kepandaian dan pengalaman para pelakunya, mereka terus bisa bertahan.

UKM lebih bisa membaca selera masyarakat dan menyesuaikan diri dengan dengan berbagai situasi ekonomi. Beberapa peluang usaha di Indonesia di bawah ini sangat patut untuk Anda coba.

1. Jasa internet marketing oleh generasi muda

Penetrasi internet dalam kehidupan masyarakat sekarang adalah sebuah fakta yang tidak terbantahkan. Kebanyakan orang tidak bisa lepas dari gawai atau ponsel yang terus terhubung dengan internet.

Banyak hal dapat di lakukan melalui internet, seperti mengirim pesan via instant messenger, memposting konten di media sosial, hingga sekadar browsing.

panduan bisnis online

Baca Juga: Peluang bisnis online yang patut Anda coba

Jika Anda jeli, maka kondisi tersebut adalah peluang emas untuk berbisnis. Internet marketing telah menjadi salah satu keahlian dasar oleh para pedagang saat ini.

Peluang bisnis jasa internet marketing akan terbuka lebar di tahun 2017. Mempelajarinya bukanlah hal yang sulit, asalkan ada laptop dan koneksi internet. Meskipun demikian, tidak semua orang memiliki waktu untuk mendalaminya, sehingga para pedagang online tentu sangat membutuhkan jasa ini.

Bagi kawula muda, menjadi internet marketer adalah potensi yang luar biasa, karena sehari-hari mereka sudah terpapar oleh internet. Hampir setiap saat, tangan mereka tidak lepas darinya dan beragam keperluan mereka selalu memanfaatkan internet. Ada baiknya kegemaran  itu di jadikan sumber penghasilan.

strategi penentuan harga produk

Baca juga: Strategi penentuan harga produk dan jasa digital

Peluang usaha di Indonesia menjadi semakin tak terbatas dengan adanya internet. Jangkauan yang semakin menyentuh pelosok wilayah NKRI, membuat jangkauan pasar e-commerce juga semakin meluas.

Upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur di wilayah Indonesia Timur semakin mendukung meluasnya pasar perdagangan online. Pengiriman paket barang dagangan pun kini semakin mudah dan murah.

2. Membuka usaha waralaba

Bisnis waralaba atau franchise sedang menjadi tren belakangan ini. Khususnya bidang kuliner, baik itu makanan berat maupun makanan ringan.

Peluang usaha di bidang ini sangat prospektif. Waralaba banyak di minati oleh pebisnis pemula  karena memberikan banyak keunggulan:

Keunggulan pertama, pelaku tidak perlu berpikir terlalu keras untuk menemukan ide bisnis. Karena itu sudah di pikirkan dan di jalankan oleh sang pemilik waralaba (franchisor). Terwaralaba (pebisnis pemula atau franchisee) tidak perlu membuat sistem, SOP,  hingga mekanisme pelayanan konsumen karena semua sudah di siapkan.

Kedua, modal yang di butuhkan pun relatif kecil. Franchise makanan dan minuman cuma membutuhkan modal sekitar 3-5 juta rupiah. Terwaralaba sudah mendapatkan hak penggunaan brand, gerobak makanan/ minuman, serta bahan-bahan dasar.

Baca juga:  Serba serbi memilih peluang usaha franchise (waralaba)

Dengan menggunakan merek yang sudah lama terkenal, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi dan branding. Pengeluaran tersebut justru bisa di alihkan untuk menambah kapasitas produksi gerai makanan ataupun minuman.

Keunggulan berikutnya adalah pelatihan dan mentoring. Sang pemilik waralaba akan memberikan pelatihan kepada kita mulai dari segi teknis pembuatan hingga teknis pengelolaan bisnis.

Mentoring juga akan di dapatkan dari mereka yang notabene lebih berpengalaman. Tidak perlu membayar konsultan atau menghabiskan waktu dengan belajar secara teoritis terlalu banyak.

Waralaba adalah pilihan model bisnis paling menarik. Para pelaku sektor UKM, akan sangat tepat jika memilihnya. Modal kecil, pelatihan, mentoring dan berbagai pendampingan usaha yang di dapatkan merupakan keuntungan tersendiri untuk Anda.

Selain itu, wawasan dari pelatihan tersebut merupakan investasi bagi terwaralaba. Sehingga ke depannya, strategi bisnis menjadi lebih jitu dan menguntungkan.

3. Peluang emas bisnis fashion

Dunia fashion tidak pernah berhenti berubah dan berinovasi. Pergerakannya sangat cepat sehingga terus mendatangkan keuntungan bagi para pelakunya.

Hampir tidak mungkin bisnis ini mengalami kebangkrutan. Sebagai sebuah usaha, tentu fashion juga memiliki risiko. Tetapi, hal tersebut tidak perlu kita alami jika memiliki kreativitas yang sangat tinggi. Justru fashion adalah potensi yang akan menjadi peluang usaha di Indonesia.

Baca juga: 9 cara mendapatkan uang dari internet dan kreativitas

infografik cara mendapatkan uang dari internet

Salah satu ketakutan dari para pemula adalah modal yang terbatas. Bisnis fashion tentu membutuhkan lahan usaha, karyawan, dan barang dagangan. Tentu, semua itu butuh biaya besar. Akan tetapi tak perlu khawatir, karena usaha ini tetap dapat di jalankan dengan modal kecil.

Sebelum menjalankannya, pertama kali Anda harus menentukan jenis pakaian yang akan di jual. Saat ini ada lima jenis paling laris yakni pakaian muslim, olahraga, pakaian bayi dan anak-anak, kasual, dan kaos distro.

Pilihan dapat kita tentukan pula berdasarkan minat dan pengetahuan si pebisnis. Minat dan bakat, juga akan mendorong kesuksesan. Misalnya saja, Anda memiliki minat dalam bidang olahraga, maka yang paling cocok adalah menjual produk fashion bertemakan olahraga.

Setelah yakin dengan jenis yang di pilih, mulailah mempelajari lebih dalam perihal jenis pakaian dan bahannya. Sebagai contoh seorang hijaber, tentu akan lebih mudah mempelajari jenis, bahan, hingga hijab dan pakaian muslim terkini.

Tahap selanjutnya adalah mencari supplier atau pemasok. Kejelian sangat di perlukan dalam menentukan sumber pasokan, agar di kemudian hari tidak ada salah paham. Perbandingan harga dan kualitas dari satu supplier dan yang lain, pun perlu kita telisik (Termasuk kapabilitas terhadap penanganan order, jika si pemasok menyediakan sistem dropship).

Baca juga: 4 Cara memasok barang toko online berikut kelebihan dan kekurangannya

Hal selanjutnya adalah berjualan. Ingat kembali berapa modal yang Anda miliki. Dengan modal terbatas, Anda bisa menggunakan sistem dropship, yakni menjual produk milik orang lain. Pembayaran baru di lakukan setelah barang laku.

Jangan lupa untuk memilih tempat berjualan yang strategis. Hal itu akan sangat berpengaruh pada promosi dan jumlah penjualan barang di toko Anda.

Jika belum memungkinkan untuk membuka toko, pebisnis dapat membukanya via online. Banyak sekali e-commerce yang menawarkan banyak kemudahan bagi para penjual maupun pembeli.

Tidak ada salahnya Anda membayar keanggotaan prioritas agar bisnis lebih berpotensi untuk di lihat oleh pembeli. Setelah volumen pesanan mulai bertambah, terus perbaiki pelayanan dan produk yang kita jual. Dengan demikian bisnis fashion Anda akan kian sukses dan menguntungkan.