Playground Indonesia – Playground merupakan salah satu wahana permainan anak yang kerapkali kita temui di berbagai tempat, seperti taman bermain indoor di mall, taman anak – anak, hingga taman bermain air. Saat ini banyak sekali beberapa playground yang tersedia di berbagai arena bermain.

Bahkan kini Anda dapat membeli berbagai model playground untuk dipasang dan digunakan di rumah. Namun sebelum membeli atau bahkan membuka bisnis playground, satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai jenis-jenis playground Indonesia dan beberapa contoh model permainannya.

Jenis – jenis playground

Terdapat dua jenis playground yaitu indoor playground dan outdoor playground. Untuk selengkapnya berikut penjelasannya.

Indoor playground

Indoor playground merupakan jenis wahana permainan yang dipasang atau digunakan di dalam ruangan. Jenis indoor playground inilah yang biasa ditemui di banyak mall.

Indoor playground biasanya memiliki model dengan rangkaian yang lengkap seperti permainan memanjat, perosotan, jaring – jaring dan mandi bola. Biasanya sebelum bermain di indoor playground, anak – anak wajib menggunakan kaos kaki demi menjaga kebersihan dan kenyamanan arena bermain.

Outdoor playground

Outdoor playground adalah wahana permainan yang digunakan dan dipasang di luar ruangan. Jenis outdoor playground sangat mudah ditemui di berbagai taman bermain anak – anak seperti di sekolah, taman kanak-kanak, maupun tempat bermain umum di luar ruangan. Beberapa contoh outdoor playground, seperti perosotan, ayunan, wall climbing, dan lain sebagainya.

Model – model permainan playground Indonesia

outdoor playground
Sumber: playlsi.com

Lantas apa saja model – model permainan playground Indonesia? Berikut ini contoh model yang sering digunakan banyak orang sebagai media bermain anak-anak maupun sebagai bisnis arena bermain.

Trampoline Park

Trampoline playground merupakan arena permainan anak dengan medua trampoline yang saat ini tengah ramai dan mudah ditemukan di mana saja, khususnya area mall. Trampolin park merupakan kategori indoor playground yang cukup menarik.

Bagi Anda yang berniat membuka bisnis trampoline playground, model permainan ini sangat cocok dikembangkan di berbagai arena taman bermain karena cukup menarik dan memberikan daya tarik tersendiri. Selain itu, permainan jenis ini juga tidak dikenal hanya sekadar keseruan bermain namun juga sebagai alat dan media untuk olahraga anak-anak.

Bagi Anda yang ingin memasang dan menggunakannya secara pribadi, trampoline sangat cocok untuk memfasilitasi anak dalam bermain sekaligus berolahraga.

Mandi bola

Meskipun terlihat sepele, namun arena mandi bola merupakan salah satu indoor playground yang juga memiliki manfaat yang baik untuk anak – anak. Beragam warna bola membuat anak -anak semakin mengenali berbagai jenis warna untuk meningkatkan kreatifitas mereka.

Climbing series

Jenis permainan climbing series biasanya meliputi jaring panjat, tangga-tanggaan dengan bentuk setengah lingkaran, wall climbing mini, dan lain sebagainya. Climbing series fleksibel dapat digunakan di mana saja baik indoor playground maupun outdoor climbing.

Ayunan dan perosotan

Sama seperti climbing series, jenis permainan ayunan dan perosotan juga dapat diletakkan di bagian indoor playground maupun outdoor playground. Meskipun jenis permainan sama, tentu ayunan dan perosotan yang diletakkan di outdoor playground juga memiliki bahan dan daya tahan yang berbeda.

Playground rumah-rumahan

Jenis permainan ini biasanya masuk dalam kategori indoor playground. Permainan berbentuk rumah-rumahan ini memiliki beragam warna menarik yang dilengkapi dengan karpet empuk. Permainan ini cocok untuk anak-anak usia 2 – 4 tahun yang mana akan lebih aman karena didesain khusus sangat aman dengan bentuk yang tidak terlalu besar.

Tips memilih playground

outdoor playground
Sumber: Playgrounds bonita

Bagi Anda yang ingin membeli salah satu macam playground Indonesia, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini agar permainan yang digunakan anak -anak tetap aman dan nyaman digunakan setiap hari.

Perhatikan garansi playground

Pastikan sebelum membeli arena playground terdapat detail dan informasi garansi penuh pada permainan. Sistem garansi inilah yang bermanfaat bagi Anda apabila dalam jangka waktu tertentu arena playground mendapatkan kerusakan di bagian tertentu.

Kualitas terbaik

Membeli suatu barang terutama untuk kebutuhan anak-anak tentu harus memperhatikan berbagai aspek penting salah satunya adalah memperhatikan kualitas barang. Perhatikan mengenai material dari jenis playground yang akan dibeli. Anda dapat menanyakan detail material playground pada produsen atau penjual arena playground.

Perawatan yang mudah

Pilihlah jenis playground yang memiliki sifat yang mudah dibersihkan. Terlebih lagi jika Anda ingin memiliki jenis indoor playground yang pada umumnya jarang terkena matahari. Jika memungkinkan anda dapat berkonsultasi dengan produsen playground untuk perawatan arena agar alat – alat permainan tetap awet, aman, dan nyaman digunakan anak-anak.

Tips merawat playground Indonesia

Seperti yang disinggung pada ulasan sebelumnya, jenis playground Indonesia memiliki beragam bentuk dan pola yang berbeda-beda. Maka dari itu bentuk perawatan playground juga akan berbeda. Berikut ini beberapa tips merawat playground dengan baik.

Membersihkan playground secara rutin

Jangan lupa untuk membersihkan playground secara rutin dengan menyapu dan menyemprotkan disinfektan secara rutin. Jika Anda memiliki jenis outdoor playground, maka sebaiknya Anda membersihkannya dengan air mengalird dan sabun.

Jemur karpet indoor playground

Indoor playground umumnya memiliki karpet sebagai alas permainan. Karena digunakan setiap hari tentu karpet akan semakin kotor dan menimbulkan bakteri. Untuk mengatasi hal ini, jangan lupa rutin mencuci atau menjemur karpet agar indoor playground tetap terjaga dan aman untuk anak – anak.

Untuk mendapatkan berbagai jenis playground Indonesia dengan kualitas terbaik dan model yang beragam, Anda bisa mengeceknya pada tautan berikut ini.


Author

%d bloggers like this: