Indonetwork, BudidayaKacang tanah atau yang biasa dikenal dengan nama latin Arachis Hypogaea L memiliki banyak kandungan, termasuk protein. Kandungan pada kacang tanah baik bagi kesehatan tubuh dalam meminimalisir berbagai penyakit. Selain itu, kacang tanah juga memiliki rasa yang cocok di lidah masyarakat Indonesia serta dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Maka tidak heran jika banyak orang yang ingin berbudidaya kacang tanah. Menanam kacang tanah sendiri tidaklah sulit jika Anda sudah mengetahui cara dan syarat-syarat dalam menanam kacang tanah.

Berikut ini cara menanam, merawat dan juga cara mengolah kacang tanah yang benar. Ikuti tipsnya hingga akhir!

Cara Menanam Dan Merawat Kacang Tanah

manfaat kacang tanah sangrai
Sumber: Unsplash

Menanam kacang tanah dapat mengisi waktu luang Anda. Dengan menanam kacang tanah, tidak hanya dapat merasakan enaknya kacang tanah. Tetapi, Anda juga akan mendapatkan manfaatnya. Inilah cara mudah menanam dan merawat kacang tanah. 

Syarat Utama Menanam Kacang Tanah

tanah subur untuk kacang tanah
Sumber: Unsplash

Menanam kacang tanah ternyata tidak boleh asal menanam saja. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hasil panennya memuaskan. Inilah syarat yang harus dipenuhi dalam menanam kacang tanah.

  • Tanah Subur atau Gembur 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lahan yang akan digunakan untuk menanam kacang tanah. Anda sebaiknya memilih lahan yang gembur atau subur. Anda juga dapat menggunakan media tanam yang memiliki kandungan bahan organik yang tinggi dan subur.

  • Kondisi Suhu

Selanjutnya adalah mengetahui kondisi suhu yang dibutuhkan. Suhu perkecambahan yang optimal bagi kacang tanah antara 20-30°C dengan minimum 18°C. Kacang tanah sangat cocok untuk ditanam pada ketinggian 50-500 MDPL dengan tingkat curah hujan yang sedang.

Jika intensitas hujan terlalu tinggi, hal ini dapat mempengaruhi tingginya pertumbuhan jamur yang tidak baik untuk pertumbuhan kacang tanah. Oleh karena itu, beberapa wilayah di Indonesia sangat cocok untuk melakukan budidaya kacang tanah. 

  • Tingkat Keasaman Pada Tanah

Selain memilih tanah yang gembur, Anda juga perlu mengetahui tingkat keasaman pada tanah. Kacang tanah dapat ditanam pada tanah yang memiliki tingkat keasaman sekitar 5 sampai 6,3 pH.

Baca Juga: Budidaya Kacang Hijau, Si Kecil Yang Kaya Manfaat

Memilih Benih Yang Tepat

cara menanam kacang tanah
Sumber: Unsplash

Jika memenuhi syarat yang sudah ditentukan, selanjutnya Anda dapat memilih benih. Agar mendapatkan hasil panen yang berkualitas, ada baiknya Anda memilih benih yang tepat seperti berikut ini.

  • Pilih benih yang berusia kurang lebih 100 hari atau sudah tua. Biasanya ditandai dengan warna coklat kehitaman,
  • Tidak memiliki selaput pada bagian dalam cangkangnya ketika benih dibuka,
  • Benih berasal dari varietas yang unggul dan murni (tidak bercampur dengan varietas lain),
  • Benih memiliki daya tumbuh minimal 90 persen,
  • Tampilan kulit benih yang bersih mengkilap dan tidak kotor, serta tidak berkerut, dan
  • Kadar sekitar air 9 hingga 12 persen.

Jika sudah memilih benih yang tepat Anda dapat melakukan proses pembibitan benih dengan menggunakan media kapas yaitu dengan cara: 

  • Rendam terlebih dahulu benih kacang di dalam air hangat (suhu 40-45°C) selama 10 menit untuk meningkatkan rangsangan pengecambahannya,
  • Ambil kapas dan rendam ke dalam air hangat untuk menghilangkan zat kimia di dalamnya,
  • Siapkan wadah penyemaian dan masukkan kapas yang sudah direndam dalam keadaan basah,
  • Letakkan benih kacang di atas kapas lalu masukkan sedikit air,
  • Letakkan di tempat yang tersinari matahari namun agak teduh, dan
  • Tunggu hingga beberapa minggu agar benih berkecambah kemudian siap untuk ditanam.

Atau Anda bisa menjemurnya saja dengan cara menjemur benih tersebut selama 4-5 hari kemudian simpan benih 3-6 bulan untuk kualitas yang lebih baik. Jika sudah sesuai waktunya, maka benih sudah siap ditanam.

Proses Penanaman

Cara menanam kacang tanah
Sumber: www.masterclass.com

Setelah bibit kacang tanah memiliki 2-5 helai daun dari proses penyemaian, maka bibit sudah siap dipindahkan di polybag atau di pot. Anda bisa menyiapkan  pot atau polybag untuk menanam dengan catatan bagian bawahnya sudah diberi lubang. 

Cara menanam kacang tanah dengan menggunakan polybag bisa disesuaikan jumlahnya dengan jumlah bibit. kemudian, masukkan batu-batu kecil agar lubang nantinya tidak tersumbat oleh tanah. Masukkan media tanam dengan komposisi sebagai berikut: tanah:kompos:pasir/sekam = 2:1:1.

Atau jika Anda menanam benih yang tidak disemai Anda dapat melakukannya sebagian berikut: 

  1. Lubangi tanah dengan cara ditugal dengan jarak tanam 25×25 cm.
  2. Masukan 1 benih biji untuk setiap lubang.
  3. Padatkan dengan tanah seçara perlahan kemudian disiram 
  4. Untuk 1 hektar tanah, Anda memerlukan 50 gram benih.

Baca Juga: Cara Mengolah Kacang Tanah Yang Benar Untuk Sajian Nikmat 

Cara Merawat Tanaman Kacang Tanah

cara merawat kacang tanah
Sumber: Hobby Farms

Melakukan perawatan pada tanaman merupakan hal yang çukup penting juga untuk menjaga kualitas. Berikut beberapa cara merawat tanaman kacang tanah: 

  • Lakukan pemeliharaan kacang tanah saat berumur 4-7 hari setelah ditanam,
  • Apabila setelah umur 7 hari ada tanaman yang tidak tumbuh atau tidak normal, segera cabut dan ganti benih kacang tanah baru atau disulam,
  • Bila dilakukan saat musim kemarau, lakukan penyiraman di pagi dan sore hari. Supaya bibit kacang tanah bisa tumbuh seragam,
  • Lakukan penyiangan terhadap gulma yang mengganggu kompetisi perebutan nutrisi oleh tanaman kacang tanah. Pengendalian gulma pada kacang tanah, sangat mudah. Cukup mencabut gulma yang ada di lahan, terbukti efektif dan efisien,
  • Pada masa pembuahan, usahakan untuk memberi pupuk yang banyak mengandung fosfor, dan
  • Lakukan penyiangan dan pembubuhan tanah pada bagian bawah tanaman untuk meningkatkan kualitas kacang selain itu dengan melakukan penyiangan secara insentif dan pembersihan gulma dengan rutin bisa menanggulangi serangan hama seperti ulat penggulung daun, ulat jangkrik, dan hama tanaman lainnya.

Proses Memanen Kacang Tanah

Cara memanen kacang tanah
Sumber: masterclass.com

Tahap terakhir adalah melakukan panen, jika tanaman sudah memasuki waktu 90 hari setelah ditanam Anda bisa mulai melakukan pemanenan untuk mengetahui apakah kacang tanah sudah bisa dipanen atau belum adalah dengan memiliki ciri ciri sebagai berikut: 

  1. Batang sudah mulai mengeras,
  2. Polong memiliki warna coklat kehitaman,
  3. Daun kacang tanah sudah mulai menguning dan mulai gugur, dan
  4. Polongnya keras dan penuh saat dipegang.

Cara Mengolah Kacang Tanah

Peanuts: Nutrition, health benefits, and comparing types
Sumber: Google

Kacang tanah memang sangat cocok dijadikan cemilan bersama teman atau saat sedang sendiri. Mengolah kacang tanah juga cukup mudah, seperti berikut:

  • Rendam Kacang Tanah

Hal yang paling sering dilupakan kebanyakan orang dalam mengolah kacang tanah adalah dengan tidak direndam terlebih dahulu. Padahal dengan merendam kacang tanah terlebih dahulu dapat memudahkan Anda saat melepas kulit ari kacang. 

Anda dapat merendam kacang terlebih dahulu menggunakan air panas. Jika kulit sudah mulai melunak, Anda bisa langsung mengupasnya dengan menggosokan kacang secara perlahan hingga kulit ari mulai terlepas. 

Baca Juga: Khasiat Kacang Hijau Untuk Kulit Wanita, Bikin Kencang!

  • Cuci Hingga Bersih 

Jika kulit ari sudah dikupas dengan bersih selanjutnya adalah dengan mencucinya dengan bersih, yaitu dengan menggunakan air yang mengalir. Kika sudah bersih, Anda sudah bisa langsung mengolahnya. 

  • Dipanggang Lebih Baik 

Ada baiknya mengolah kacang tanah adalah dengan cara dipanggang. Faktanya, menggoreng kacang tanah dianggap kurang tepat. Menggoreng kacang tanah akan membuat kandungan nutrisinya berkurang atau bahkan hilang dan akan bisa membuat kacang berbau tengik. 

Akan lebih baik jika memanggang kacang tanah dengan oven. Anda bisa panaskan oven  terlebih dahulu hingga suhu 175 derajat Celcius selama 15-20 menit untuk kacang tanah yang sudah dikupas.

Atau agar lebih sehat Anda bisa mengolah kacang tanah dengan cara direbus. karena dengan merebus kacang tidak akan membuat hilangnya kandungan nutrisi pada kacang, Anda dapat merebus kacang tanah kurang lebih sekitar 45 menit saja dengan tingkat api yang sedang. 

Rekomendasi Kacang Tanah Jakarta

Itulah informasi cara menanam, merawat dan mengolah kacang tanah. Semoga dapat membantu Anda dalam menanam kacang tanah dan mengolah kacang tanah yang tepat. Jika Anda sedang mencari kacang tanah Jakarta, Anda bisa menemukannya di PT. Sumber Roso Agromakmur yang menjual kacang-kacangan dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. 

Selain menjual jenis kacang-kacangan PT. Sumber Roso Agromakmur, juga merupakan distributor rempah rempah, importir cabe kering, dan biji-bijian dari bahan makanan pertanian bertempat di indonesia yang sudah berpengalaman selama 40 tahun. 

Penulis: Adelia 

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks