Indonetwork, Peralatan Industri – Dalam dunia packing, kardus merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk mengemas berbagai macam produk. Selain harganya murah, kardus fleksibel dan kuat untuk melindungi produk baik yang disimpan maupun dalam pengiriman. Namun, berbeda produk, berbeda pula jenis kardus yang digunakan.

Kardus adalah bahan pembungkus yang terbuat dari kertas yang dirancang dengan tambahan bahan penguat untuk meningkatkan daya tahannya. Kertas untuk bahan kardus dapat berasal dari pulp kayu atau daur ulang kertas.

Banyaknya jenis kardus dengan karakteristik masing-masing membuat pemanfaatannya begitu beragam. Tidak hanya sebagai wadah kemasan, tapi juga bisa disulap menjadi kerajinan atau karya seni. Lebih lanjut, mari mengenal lebih jauh jenis-jenis kardus yang ada di pasaran.

Kardus Corrugated

jenis kardus corrugated
Sumber: Seward Johnson Atelier

Kardus corrugated adalah jenis kardus yang terdiri dari beberapa lapisan. Ciri khas kardus ini yaitu terdapat lapisan bergelombang di bagian tengah (fluting) yang memberikan kekuatan dan ketahanan ekstra pada kardus.

Kardus corrugated biasanya terbuat dari kertas kraft liner, kertas testliner, dan kertas white kraft untuk bagian luar, sementara kertas medium untuk bagian gelombangnya.

Ini merupakan kardus yang sangat umum digunakan untuk pengemasan dan pengiriman barang. Berdasarkan ketebalan lapisannya, kardus corrugated terbagi menjadi 3 jenis, yaitu single wall (3 lapis, ketebalan 2 – 5 mm), double wall (5 lapis, ketebalan hingga 7 mm), dan triple wall (7 lapis, ketebalan hingga 10 mm).

Baca Juga: Jenis-jenis Strapping Band dan Fungsinya untuk Usaha

Kardus Duplex

jenis kardus Duplex
Sumber: Sehgal Print Pack

Sementara itu, kardus duplex adalah jenis kardus dengan dua lapisan liner board yang dilapisi lapisan kaolin atau clay agar permukaannya menjadi lebih halus dan menarik. Umumnya, kardus duplex kerap dijadikan sebagai kemasan produk makanan, minuman, fashion, kosmetik, dan skincare.

Kardus duplex memiliki satu sisi kardus berwarna putih dan sisi lain berwarna abu-abu. Variasi gramasinya pun banyak, mulai dari 250 hingga 400 gsm.

Kardus Laminasi

jenis kardus laminasi
Sumber: PackMojo

Kardus laminasi adalah kardus yang memiliki lapisan pelindung yang terbuat dari plastik, kertas khusus, atau aluminium foil. Selain memberi tampilan yang lebih menarik, guna laminasi juga untuk melindungi kardus dari kelembaban dan kerusakan eksternal. Karena itu, kardus ini kerap dimanfaatkan untuk packing makanan dan produk farmasi.

Kardus Micro Flute

jenis kardus Micro Flute
Sumber: Albert Paper Products

Seperti namanya, kardus micro flute memiliki lapisan bergelombang di tengahnya, namun lebih kecil dibandingkan dengan kardus corrugated konvensional. Meski kardus ini lebih tipis, namun tingkat fleksibilitasnya lebih tinggi untuk desain kemasan produk profil menengah hingga sedang.

Kardus micro flute cocok untuk kemasan produk makanan, minuman, dan fashion, seperti kardus mie instan dan minuman kemasan gelas.

Kardus Folding

jenis kardus folding
Sumber: PG Paper

Jenis kardus selanjutnya yaitu kardus folding yang terdiri dari satu lapisan liner board. Ketebalannya cukup tipis, sangat mudah dilipat menjadi kotak atau bentuk lainnya.

Kardus ini menawarkan fleksibilitas desain yang tinggi, sehingga memberi hasil cetak yang bagus. Banyak penjual maupun pengusaha yang beralih ke kardus folding untuk kemasan kado, hampers, fashion, mainan, hingga barang elektronik ringan.

Baca Juga: 7 Jenis Bahan Kemasan untuk Packing

Kardus Pad

jenis kardus pad
Sumber: Google

Jenis kardus ini memiliki satu lapisan liner board yang dilapisi lapisan bantalan di bagian dalamnya untuk memberi perlindungan ekstra. Adanya lapisan bantalan membuat kardus pad menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap benturan.

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tambahan, kardus pad juga terkadang digunakan untuk memisahkan produk yang rentan rusak karena gesekan satu sama lain dalam kemasan. Seringnya produk yang mudah pecah seperti kaca dan keramik yang membutuhkan kardus pad dalam pengemasannya.

Setelah mengetahui jenis kardus yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kini Anda bisa lebih tepat dalam memilih kardus sesuai karakteristik barang yang akan dikemas.

Untuk mendapatkan kardus berkualitas dengan harga bersahabat, Anda dapat menghubungi PT. Maha Kemas Pratama yang merupakan produsen aneka jenis kardus. Mereka telah melayani banyak customer dari berbagai industri selama 5 tahun. Hubungi nomor telepon yang tersedia atau datang langsung ke kantor mereka yang berlokasi di Cikupa, Tangerang, Banten.

Enable Notifications OK No thanks