Indonetwork, Elektronik – Lampu lalu lintas atau traffic light sering kita jumpai di jalan raya. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja lampu lalu lintas yang otomatis dapat berganti warna?

Lampu lalu lintas termasuk alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL. Menurut UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, lampu lalu lintas adalah lampu yang mengatur arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, jalur penyeberangan pejalan kaki atau zebra cross, jalur arus lalu lintas lainnya termasuk area perumahan dan perkantoran ramai. Selain untuk motor, terdapat lampu lalu lintas untuk sepeda, pejalan kaki, kereta dengan warna yang sama.

Adanya lampu lalu lintas dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan agar dapat melaju bergantian, baik dari arah yang sama, berlawanan arah, atau menyimpang. Pengendara pun akan lebih berhati-hati untuk tidak ugal-ugalan, sehingga kondisi jalan dapat lebih tertib dan aman.

Seperti yang kita tahu, lampu lalu lintas terdiri dari 3 warna utama yaitu merah, kuning, dan hijau. Ternyata, pemilihan warna tersebut memiliki filosofi dan arti khusus, loh. Artikel ini akan menguraikan jenis lampu lalu lintas dan cara kerjanya di dalam lampu lalu lintas.

Arti Warna Lampu Lalu Lintas

Garrett Morgan adalah tokoh yang menemukan lampu lalu lintas pertama di dunia dengan skema warna merah dan hijau pada tahun 1923. Namun, jauh sebelum itu, lampu lalu lintas sudah dikembangkan dengan model sederhana.

Lampu lalu lintas memiliki warna yang sama di semua negara di dunia, yaitu merah, kuning, dan hijau. Apabila berbeda, perbedaannya biasanya terletak pada warna hijau yang diganti dengan warna tosca yang masih mirip. Ada beberapa alasan mengapa warna merah, kuning, dan hijau dipilih untuk lampu lalu lintas.

  • Merah, artinya kendaraan harus berhenti. Warna ini dipilih karena menandakan peringatan bahaya. Selain itu, panjang gelombang warna merah adalah yang terpanjang dari warna lain.
  • Kuning, artinya kendaraan bisa bersiap-siap melaju. Warna ini menggantikan warna putih yang sebelumnya sempat dipakai.
  • Hijau, artinya kendaraan harus berjalan. Warna ini dipilih karena terlihat kontras dengan merah dan kuning, serta memiliki visibilitas tinggi dari kedua warna tersebut.

Baca Juga: 3 REKOMENDASI PRINTER A3 EPSON TERBAIK DAN BERKUALITAS

Jenis-jenis Lampu Lalu Lintas

cara kerja lampu lalu lintas
Sumber: Pexels/Darius Krause

Lampu lalu lintas dapat dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan cara pengoperasian dan cakupannya, yaitu:

Lampu lalu lintas berdasarkan cara pengoperasian

  1. Fixed time traffic signal: lampu lalu lintas ini dioperasikan berdasarkan waktu yang tepat dan tidak berubah.
  2. Actuated traffic signal: lampu lalu lintas yang dioperasikan berdasarkan pengaturan waktu tertentu dan dapat berubah sesuai datangnya kendaraan dari berbagai arah.

Lampu lalu lintas berdasarkan cakupan

  1. Lampu lalu lintas terkoordinasi, dipasang dengan mempertimbangkan beberapa persimpangan pada arah tertentu.
  2. Lampu lalu lintas jaringan, dipasang dengan mempertimbangkan beberapa persimpangan pada suatu jaringan dalam kawasan yang sama.
  3. Lampu lalu lintas terpisah, dipasang pada tempat tertentu saja tanpa mempertimbangkan persimpangan.

Cara Kerja Lampu Lalu Lintas 

Lalu, apa prinsip kerja yang digunakan pada lampu lalu lintas?

Lampu lalu lintas sendiri memiliki prinsip kerja serupa rangkaian listrik seperti rangkaian blok yang terdiri dari clock IC 555, rangkaian management logic, rangkaian binary 2 bit, rangkaian management counter, serta yang terakhir rangkaian conversion logic.

Lampu lalu lintas juga memanfaatkan jenis lampu LED dan bekerja secara otomatis dengan Sistem Automatics Traffic-Light Control System (ATCS). Sistem tersebutlah yang mengatur pergantian warna dan berapa lama nyala masing-masing lampu. Selain itu, bahwa kerja lampu lalu lintas juga dibantu oleh kamera mikrokontroler yang mendeteksi atau melihat kepadatan lalu lintas. Jadi, lama nyala lampu turut didasarkan pada keramaian arus lalu lintas di suatu persimpangan.

Hasil rekaman dari kamera mikrokontroler akan diolah oleh program komputer hingga dapat diketahui besaran persentase kepadatan lalu lintas. Besaran persentase itulah yang menentukan berapa lama lampu menyala dan berganti warna.

Baca Juga: 5 TIPS MEMILIH PRINTER THERMAL BLUETOOTH TERBAIK

Demikian uraian mengenai prinsip dan cara kerja lampu lalu lintas. Apabila Anda membutuhkan lampu lalu lintas atau sedang mencari distributor lampu lalu lintas terpercaya, Anda dapat menghubungi PT. Bima Utama Sukses Mandiri.

Berdiri sejak tahun 2010, PT. Bima Utama Sukses Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan produk telecommunication dan security system yang juga jual lampu lintas. Beberapa produk yang mereka sediakan antara lain telecommunication NAS synology, audio/video matrix switches, server environment monitoring system, berbagai macam KVM, console serial switches, cables security system, IP camera, CCTV,  hotel lock system, electronic article surveillance ( EAS), dan lain-lain.

Enable Notifications OK No thanks