Mesin CNC milling mungkin sudah tak asing ditemui di sektor industri manufaktur. Mesin ini umumnya digunakan untuk memotong dan membentuk benda kerja tertentu.Tak hanya itu fungsi mesin CNC milling ternyata beragam.

Khususnya dalam memproduksi beragam komponen industri. Bagi seorang yang memiliki tugas mengoperasikan mesin ini tentu harus memahami fungsinya. Lantas apa saja fungsi mesin CNC milling di beragam sektor industri? Berikut ini rangkaian ulasannya.

Pengertian Mesin CNC Milling

Dirangkum dari Hwacheon Asia, mesin CNC milling adalah alat pemotong yang dioperasikan mesin dengan program dan dikelola oleh sistem Computer Numerical Control (CNC) yang berfungsi untuk menghilangkan material dari benda kerja secara akurat.

Hasil akhir dari proses pemesinan ini adalah bagian atau produk tertentu yang dibuat menggunakan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD). Peralatan mesin ini biasanya dilengkapi dengan spindel utama dan sumbu tiga linier untuk memposisikan atau memindahkan bagian yang akan dikerjakan.

Versi mesin yang lebih modern mungkin memiliki sumbu rotasi ke-4 atau ke-5 untuk memungkinkan pengerjaan mesin dengan bentuk yang lebih presisi dengan berbagai dimensi dan ukuran.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Miling dan Jenis-jenisnya

Fungsi Mesin CNC Milling serta Kegunaannya

Mesin CNC milling adalah mesin yang digunakan untuk memotong benda kerja dengan alat pemotong yang diprogram melalui software tertentu dalam komputer. Fungsi utama mesin ini adalah menghasilkan bentuk yang akurat dan presisi pada benda kerja secara efisien dan cepat. Berikut ini beberapa fungsinya:

Pemotongan presisi

Mesin CNC milling berfungsi melakukan pemotongan yang sangat presisi pada benda kerja dengan toleransi yang sangat kecil. Hal ini yang membuat mesin ini dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik.

Produksi Massal

Mesin CNC milling juga dapat digunakan untuk memproduksi produk dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien. Ini memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu produksi.

Fleksibilitas

Mesin CNC milling dapat diprogram untuk memproduksi berbagai bentuk dan ukuran benda kerja dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan untuk menghasilkan produk yang sangat variatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Otomatisasi

Mesin ini dapat dioperasikan secara otomatis, sehingga memungkinkan operasi yang lebih efisien dan mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia.

Konsistensi

Fungsi mesin CNCmilling yang utama lainnya adalah memungkinkan untuk menghasilkan produk yang konsisten dalam kualitas dan dimensi, sehingga dapat mengurangi jumlah produk cacat dan memperbaiki reputasi merek.

Kegunaan Mesin CNC Milling

Daftar Sparepart Bengkel Motor
Sumber: Pexels

Beberapa contoh kegunaan mesin CNC milling dalam industri manufaktur berikut ini:

Komponen otomotif
CNC milling berguna sebagai pembuatan komponen otomotif, seperti blok mesin, roda gigi, knalpot, dan lainnya.

Pembuatan komponen pesawat terbang
Komponen pesawat terbang seperti sayap, roda pendaratan, dan bagian struktural lainnya dapat diproduksi dengan mesin CNC milling.

Produksi peralatan medis
Berbagai jenis peralatan medis seperti implan tulang, prototipe protesa, dan lainnya dapat diproduksi dengan mesin CNC milling.

Industri elektronik
Berbagai jenis komponen elektronik seperti papan sirkuit cetak dan pengkabelan.

Industri manufaktur umum
CNC milling dapat digunakan untuk memproduksi berbagai jenis produk dari bahan metal, plastik, kayu, dan lainnya seperti alat industri, alat rumah tangga, alat kesehatan, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Menghidupkan Mesin CNC Miling

Komponen-komponen Mesin CNC Milling

fungsi mesin cnc milling
Sumber: Engineering Choice

Sebelum mengoperasikan mesin CNC milling tentu Anda harus mengetahui beberapa komponen pada mesin CNC milling berikut ini:

Frame

Frame merupakan struktur utama yang menopang mesin milling dan membantu memberikan stabilitas dan kekakuan. Biasanya dilengkapi dengan basis dan kolom yang dapat dilepas. Bagian komponen penting frame adalah headstock mesin tempat spindel utama dipasang.

Spindel

Spindel merupakan bagian utama dari mesin CNC milling. Alat ini berfungsi sebagai pemutar alat potong yang digunakan untuk memotong benda kerja. Spindel CNC milling merupakan motor yang terletak di bagian atas mesin, di mana pada ujungnya terdapat collet atau holder yang digunakan untuk memasang alat potong.

Sumbu

Secara umum, mesin CNC milling memiliki X / Y / Z serta sumbu rotasi tambahan atau C / A atau B (tergantung konfigurasi). Ini dapat diprogram menggunakan G-Code di pengontrol CNC.

Kolom

Kolom dalam mesin CNC milling adalah komponen utama yang menyediakan struktur dan dukungan untuk semua komponen mesin. Fungsi utama kolom adalah untuk menahan dan mendukung spindle mesin dan memberikan kekuatan dan stabilitas saat mesin dalam operasi.

Panel kontrol CNC

Panel kontrol CNC berfungsi layaknya sistem saraf utama dalam mesin. Komponen ini berfungsi untuk membantu mengontrol tindakan pemotongan yang berbeda melalui fungsi pemograman tertentu.

Panel kontrol memiliki monitor CNC dan tombol pemrograman data dan kode dapat dimasukkan. Biasanya juga menawarkan fungsi manual. Untuk kemudahan pengoperasian alat berat, panel kontrol harus mudah diakses dan mudah dijangkau.

Automatic Tool Changer (ATC)

ATC adalah sebuah sistem otomatis yang digunakan dalam mesin CNC (Computer Numerical Control) milling untuk mengganti alat potong atau cutting tool yang berbeda secara otomatis selama proses pemesinan berlangsung.

Selain beberapa komponen di atas terdapat beberapa fitur mesin CNC milling yaitu tool holders, tool changers, table, dan coolant tank. Itulah beberapa ulasan mengenai fungsi mesin CNC milling dan beberapa kegunaannya. Apabila Anda ingin melihat beragam spesifikasi mengenai mesin CNC milling dapat menuju tautan berikut ini.

Author

Enable Notifications OK No thanks