Indonetwork, ElektronikPerbedaan cara kerja OHP dan mesin proyektor adalah ketika sinar yang berasal dari mesin memproyeksikan gambar ke layar atau dinding.

Mesin OHP membutuhkan transparansi untuk bisa memproyeksikan gambar ke dinding. Sementara mesin proyektor bisa memproyeksikan gambar langsung ke layar melalui perangkat tambahan yang sudah terhubung ke proyektor.

Sebenarnya, kedua mesin ini tidak jauh berbeda fungsinya. Hanya saja, mesin proyektor merupakan mesin proyeksi gambar modern dan terbaru. Sementara mesin OHP adalah mesin proyektor yang lebih tua, meskipun keduanya masih digunakan saat ini.

Cara Kerja OHP

perbedaan cara kerja OHP dan mesin proyektor
Sumber: Pinterest

OHP atau Overhead Projector adalah jenis proyektor yang paling sederhana. Proyektor ini menggunakan cermin dan lensa konvergen untuk memproyeksikan gambar pada transparansi ke layar.

Overhead Projector dioperasikan berdasarkan prinsip dasar di mana cahaya diproyeksikan dari transparansi yang diterangi oleh lensa konvergen.

Proyektor OHP memungkinkan proyeksi gambar cermin, bukan yang langsung. Bayangan yang diproyeksikan ke layar, disebut sebagai bayangan nyata, karena persis seperti gambar asli pada film transparansi.

Gambar yang diproyeksikan ke layar akan muncul terbalik. Pembalikan gambar ini dilakukan oleh cermin yang ada pada mesin proyektor OHP. Cermin melakukan flip vertikal dan membuat sisi kiri transparansi menjadi sisi kanan proyeksi dan sebaliknya.

Oleh karena itu, proyektor OHP harus memiliki transparansi menghadap ke dalam. Dengan begitu, gambar dapat diproyeksikan dengan benar di layar.

Proses Proyeksi Gambar Pada OHP

Overhead projector tidak dapat bekerja tanpa transparansi. Maka dari itu, apapun yang akan diproyeksikan harus dicetak pada transparansi. Hal ini dikarenakan transparansi mendukung mekanisme cahaya proyektor overhead, sehingga cahaya dapat melewati proyektor.

Setelah mesin dinyalakan, lampu di alas akan menyala dan menerangi transparansi yang ditempatkan pada penutup kaca.

Kemudian lensa fresnel mengarahkan cahaya dari transparansi ke lensa objektif di kepala. Setelah itu, barulah gambar mencapai cermin di kepala dan cermin membalik gambar dn mengarahkan cahaya ke arah layar.

Baca juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Cara Kerja Mesin Proyektor

perbedaan cara kerja OHP dan mesin proyektor
Sumber: Pinterest

Gambar yang ditampilkan dalam layar proyektor berasal dari produksi seberkas cahaya putih yang intens.
Cahaya tersebut dipantulkan dari sekelompok cermin yang mencakup dua cermin dichroic. Cermin tersebut memiliki lapisan khusus yang hanya memantulkan cahaya dari satu jenis panjang gelombang.

Cahaya putih kemudian mengenai cermin dan masing-masing memantulkan seberkas cahaya merah, biru, atau hijau. Sinar merah, biru, dan hijau nantinya melewati LCD yang terdiri dari ribuan piksel kecil.

LCD adalah zat yang menunjukkan beberapa sifat padat dan beberapa sifat cair. Akan tetapi, lebih condong ke sisi cairan. LCD memiliki fitur yang dapat menghalangi cahaya atau membiarkan cahaya melewatinya.

Pada mesin proyektor, terdapat tiga layar LCD yang bertanggung jawab untuk memproyeksikan gambar yang sama atau gambar bergerak dalam skala abu-abu.

Saat cahaya berwarna melewati ketiga layar LCD, cahaya akan menyampaikan tiga versi dari pemandangan yang sama. Satu diwarnai merah, satu diwarnai hijau, dan satu diwarnai biru.

Akan tetapi, gambar tetap dapat memunculkan warna yang sesuai pada layar proyektor dengan melewati kristal dichroic yang mengarah pada terciptanya berbagai warna.

Baca juga: Cara Menyambungkan TV ke Proyektor dengan Mudah

Perbedaan Cara Kerja OHP dan Mesin Proyektor

Sebenarnya, cara kerja mesin OHP dan proyektor tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh. Keduanya sama-sama menghasilkan sinar yang kemudian disorotkan pada dinding atau layar untuk menampilkan sebuah gambar.

Perbedaan antara kedua mesin proyektor ini hanyalah cara keduanya memproyeksikan gambar dan warna yang diproyeksikan pada layar.

Cara Memproyeksikan Gambar

Mesin overhead proyektor memproyeksikan gambar menggunakan transparansi yang diletakkan di atas alas.
Lampu di atas alas kemudian akan menyala dan menerangi transparansi. Gambar yang ditempelkan pada alas tersebut diproyeksikan menggunakan metode cermin dengan pembalikan gambar dari sisi kiri, kanan, ataupun sebaliknya.

Meskipun mesin proyektor LCD juga menggunakan cermin untuk memproyeksikan gambar, tetapi tidak ada pembalikan ketika ditampilkan pada layar atau dinding. Gambar yang diproyeksikan oleh mesin proyektor LCD, ditransfer secara langsung melalui cermin dan sinar putih.

Cermin tersebut memantulkan dan menghasilkan cahaya biru, merah dan hijau. Ketiga cahaya tersebut akan melewati kristal dichroic yang bisa merubah warna pada layar proyektor, sehingga warna yang ditampilkan pada layar proyektor akan sama dengan apa yang ada di layar laptop.

Warna yang diproyeksikan Pada Layar

Selain itu, kedua proyektor ini juga memiliki perbedaan pada warna yang diproyeksikan pada layar.

Proyektor overhead memiliki keterbatasan dalam memproyeksikan warna. OHP hanya bisa memproyeksikan gambar dengan warna hitam putih.

Sementara itu, proyektor LCD mampu memproyeksikan gambar yang lebih kompleks karena teknologinya lebih canggih. Selain itu, proyektor LCD juga dapat menampilkan gambar bergerak dan dapat menerima input dari perangkat elektronik lainnya.

Baca juga: 3 Cara Freeze Proyektor Anti Ribet

Jika Anda berencana untuk membeli proyektor, Anda bisa mendapatkannya di PT. Trikomindo Kharis Utama. PT. Trikomindo Kharis Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, mereka menyediakan berbagai barang-barang elektronik mulai dari proyektor CCTV, Camera, Network Peripheral, fingerprint, gadget, dan berbagai barang elektronik lainnya.

PT. Trikomindo Kharis Utama menyediakan produk-produk elektronik berbagai merk seperti Acer, Sony, HP, Dell, Fujitsu, Canon, Epson, Samsung, dan merek-merek lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website yang tersedia untuk mendapatkan proyektor Anda.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: