Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Pernahkah Anda membeli banyak telur di dalam plastik namun ketika sampai di rumah Anda mendapati beberapa telur pecah? Inilah pertanda jika Anda membutuhkan tray telur. Bukan hanya menjaga agar telur sampai di rumah dengan selamat, wadah ini juga memiliki fungsi lain.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memanfaatkan tray telur secara maksimal. Namun, sebelum itu mari simak sedikit ulasan mengenai tray telur terlebih dahulu.

Fungsi Tray Telur

Tray telur merupakan produk kemasan untuk mewadahi telur. Produk ini sudah umum diketahui bagi kalangan ibu rumah tangga dalam melakukan pembelian kebutuhan pangan sehari hari yaitu telur. Tray telur telah menjadi kemasan telur yang menjadi kebutuhan mutlak bagi pemasaran telur.

Kehidupan tray telur sepertinya terlihat sederhana, yang harus dilakukan hanyalah mengangkut telur Anda dari peternakan ke toko kelontong dan akhirnya ke dapur Anda, bukan?

Namun, pada kenyataannya, kemasan ini memiliki banyak pekerjaan sebagai berikut:

  1. Menjadi media untuk informasi bahan dan nutrisi
  2. Menyediakan informasi yang menunjukkan kapan telur dikemas; kode pertanian yang menunjukkan dari mana mereka berasal, tanggal kedaluwarsa, dan tanggal jual.
  3. Menyediakan permukaan pencetakan untuk nama merek dan pertanian, dan fungsi pemasaran lainnya
  4. Melindungi telur dari kerusakan fisik, biologi, dan kimia. Lekukan pada divot telur membuat paket lebih kuat dan mencegah penghancuran. Anda dapat menemukan tray telur yang berisi empat hingga 60 telur.

Baca Juga: 3 JENIS & MANFAAT TRAY TELUR UNTUK KEPERLUAN BISNIS

Bahan Dasar Pembuatan Tray Telur

Tray telur terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis tray telur, yaitu yang terbuat dari kertas daur ulang (karton pulp) dan mika plastik.

1. Karton Pulp

Karton pulp biasanya terbuat dari campuran kertas, air, dan serat rumput. Bahan ini telah ada sejak Perang Dunia II, tetapi menjadi lebih populer pada 1980-an karena mudah terurai secara hayati dan tidak mahal untuk diproduksi.

Membuat karton pulp mirip dengan membuat kerajinan paper mache. Mencampur air dan kertas menjadi bubur kental di dalam tong besar yang dapat disalurkan ke dalam cetakan di mana wadah dibentuk dan dibiarkan kering. Mendaur ulang tray telur jenis ini mudah karena hanya berbahan kertas. Anda dapat membuangnya ke tempat sampah daur ulang atau memasukkannya ke dalam tumpukan kompos.

2. Mika Plastik

Dari beberapa bahan tersebut, saat ini tray berbahan plastik adalah yang paling populer. Tray berbahan plastik sudah ada sejak tahun 1960-an. Plastik PET tipis dipanaskan dan ditekan ke dalam cetakan untuk membentuk wadah yang ringan namun tetap melindungi telur. Hal terbaik tentang tray telur ini adalah dapat didaur ulang. Sepotong plastik dapat didaur ulang hingga tujuh kali, dan menggunakan energi 60 persen lebih sedikit selama proses pembuatannya.

Baca Juga: 5 PENERAPAN MIKA PLASTIK PADA TOKO KUE

Jika mendaur ulang masih dirasa sulit, Anda dapat memanfaatkan tray telur bekas untuk kegunaan yang lain seperti di bawah ini.

Reuse Tray Telur

Setelah semua telur dimasak dan dimakan, Anda dapat menggunakan wadahnya untuk berbagai hal seperti:

1. Memulai Pembibitan

Tray Telur untuk Pembibitan
Sumber: Tipsrumah.com

Potong tutupnya, isi setiap lubang dengan tanah, lalu masukkan beberapa biji-bijian. Setelah biji bertunas, Anda bisa langsung menanamnya ke dalam tanah di pekarangan rumah jika tray yang Anda punya berbahan karton pulp. Namun, jika tray yang Anda punya berbahan plastik Anda dapat mengambil bibit tersebut satu persatu baru menanamnya di tanah pekarangan.

2. Meredam Suara

Editor teknis Old House (dan mantan calon bintang rock) Mark Powers pernah menempelkan karton telur ke dinding dan langit-langit apartemennya untuk meredam suara saat dia sedang melakukan rekaman.

3. Memberi Makan Burung

Masukkan tali melalui lubang di setiap sudut baki tray baik yang berbahan mika atau karton, isi setengah cangkir dengan makanan burung, dan gantung di pohon atau sangkar.

4. Meyimpan Pernak-pernik

Tray Telur untuk Pernak-Pernik
Sumber: Rimma.co

Plastik sangat ideal untuk memisahkan ornamen Natal yang kecil dan rapuh untuk penyimpanan. Manik-manik, peniti, dan lain sebagainya juga dapat disimpan per jenis di dalam kemasan ini yang memiliki banyak ruang.

5. Menyimpan Barang Material Kecil

Tray Telur
Sumber: Thisoldhouse.com

Gunakan karton Anda sebagai tempat penyimpanan alat-alat pertukangan yang berukuran kecil seperti sekrup, baut, atau paku. Beri penomoran pada setiap ruang/lubang.

6. Peternakan Cacing

Karton telur adalah sumber makanan yang bagus di peternakan cacing. Jika campuran tanah terlalu lembab, tambahkan potongan karton kering. Jika terlalu kering celupkan mereka ke dalam air terlebih dahulu.

Wadah telur mudah sekali ditemukan dan didapatkan di pusat perbelanjaan seperti mall, supermarket, pasar tradisional hingga distributor telur. Produk ini memiliki manfaat serbaguna dan menjadi media penting dalam kemasan telur karena telur bisa lebih mudah serta cepat untuk dipindahkan  serta dibawa dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tray berbahan dasar mika plastik lebih tahan lama dibandingkan yang berbahan dasar kertas daur ulang.

Jika Anda adalah pengusaha atau peternak telur, Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk kemasan semacam tray dan lain sebagainya di PT. Vacpack Indonesia. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan indutri plastik Pet Manufacturing pembuat Mika plastik berupa blister, tray makanan, tray biscuit, tray electronic , tray buah yang berlokasi di Jakarta. Perusahaan tersebut menggunakan material PET dan PVC PP. Pabriknya telah didukung dengan high speed vaccum forming machine sehingga sanggup melayani kebutuhan dengan jumlah besar bahkan jutaan.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks