Indonetwork, Mesin Alat Berat – Pada proyek pembukaan lahan atau pembuatan jalan biasanya Anda akan menemukan salah satu alat yang mempunya fungsi untuk mendorong material atau meratakan lahan, alat tersebut adalah bulldozer. Saat ini tersedia banyak merk dan model bulldozer yang tersedia di pasaran. Namun perusahaan distributor atau supplier lebih memilih jual bulldozer china yang memiliki kualitas terbaik adalah. Bulldozer china dilengkapi dengan berbagai bagian yang terbuat dari material yang sesuai dengan standar keamanan.

Pada dasarnya bulldozer merupakan alat yang menggunakan traktor sebagai penggerak utamanya. Traktor yang dilengkapi alat atau pelengkap tambahan seperti blade. Blade sendiri merupakan alat yang terpasang pada bagian depan bulldozer yang digunakan untuk mendorong material. Karena sebenarnya bulldozer merupakan nama jenis dari dozer yang mendorong lurus ke depan.

Baca juga: CARA MEMILIH EXCAVATOR YANG TEPAT UNTUK PEKERJAAN ANDA

Tips Sebelum Memilih Bulldozer China

Bulldozer China
Sumber: Unsplash.com

Secara umum seseorang dalam berburu bulldozer memiliki pertimbangan utama seperti harga. Akan tetapi sebelum mempertimbangkan masalah tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli bulldozer. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk menghindari kerugian dan munculnya masalah di kemudian hari. Tips sebelum membeli bulldozer diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merk atau Brand Bulldozer China

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli bulldozer adalah merk atau brand dari bulldozer itu sendiri. Merk atau brand bulldozer sangat penting untuk diketahui karena berkaitan dengan kualitas dan jam terbang dari produsen bulldozer tersebut. Semakin populer brand dari bulldozer tersebut maka akan semakin besar jaminan kualitas dari bulldozer tersebut.

2. Kebiasaan Pekerja dalam Menggunakan Bulldozer

Selain memilih merk atau brand, keterbiasaan pekerja dalam menggunakan bulldozer juga perlu dipertimbangkan sebelum membeli bulldozer. Jika pekerja sudah terbiasa menggunakan merk tertentu maka akan lebih baik jika memilih bulldozer dengan merk serupa. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan mempengaruhi kenyamanan dan tentunya mempersingkat adaptasi terhadap bulldozer tersebut.

3. Menentukan Tipe dan Model Bulldozer

Sebagai seorang pembeli Anda harus memahami secara betul model bulldozer yang Anda butuhkan. Jangan ragu untuk menanyakan kepada pihak penjual tentang fitur-fitur yang tersedia dalam bulldozer. Anda harus memastikan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain bertanya kepada penjual, Anda juga bisa melakukan kroscek spesifikasi bulldozer yang Anda minati melalui data dari website resmi.

4. Memastikan Kondisi Bulldozer dalam Keadaan Baik

Memastikan bulldozer dalam kondisi baik sangat penting dilakukan. Anda dapat memastikannya dimulai dari fitur fisik yang terdapat dalam bulldozer. Jika Anda menghedaki membeli bulldozer dalam keadaan bekas, Anda perlu bertanya kepada pihak penjual sejarah penggunaan bulldozer tersebut. Meskipun bulldozer memiliki perawakan yang sedemikian kokoh dan tahan banting, Anda perlu memperhatikan dan bertanya secara mendetail agar pembelian tidak berakhir dengan kekecewaan karena bulldozer tidak bisa digunakan sesuai harapan.

Selain menanyakan kondisi, bagi Anda yang berminat membeli bulldozer bekas ada beberapa tips tambahan. Anda perlu menanyakan kepada pihak penjual tempat pemakaian bulldozer sebelumnya dan seberapa lama jam terbang pemakaian (hour meter) bulldozer tersebut. Selain itu, detail lain misalnya serial number dan tahun pembelian bulldozer juga perlu Anda ketahui. Dan terakhir sebelum membeli bulldozer bekas adalah menanyakan ada tidaknya garansi, hal itu dilakukan untuk menghindari kerugian nantinya.

5. Ketersediaan Budget

Tips terakhir sebelum membeli bulldozer adalah ketersediaan budget. Anda sebagai pembeli tentunya bisa mengukur sendiri seberapa jauh kemampuan finansial Anda untuk membeli bulldozer. Untuk memaksimalkan budget yang dimiliki, Anda dapat memilih terlebih dahulu beberapa merk dan model bulldozer berdasarkan budget tersebut. Setelah itu Anda baru mencari informasi sedetail mungkin beberapa bulldozer yang telah terpilih. Kemudian tentukan pilihan bulldozer yang akan dibeli berdasarkan budget yang dimiliki dan kebutuhan Anda. Hal ini bisa dilakukan agar lebih efektif dalam menentukan pilihan bulldozer dan tentunya menghindari over budget.

Fungsi Bulldozer China

1. Membuka Lahan

Bulldozer memiliki fungsi sebagai alat pembuka lahan. Bulldozer yang memiliki sistem kerja dengan menarik dan mendorong dapat melakukan beberapa pekerjaan untuk membuka lahan. Pekerjaan yang dapat dilakukan diantaranya pemerataan tanah, membuka jalur transportasi atau alat mekanis dan membuat jalur aman untuk proyek.

2. Penggalian Tanah

Bulldozer paling sering digunakan untuk menggali tanah. Fitur pada bulldozer dilengkapi dengan tangan baja mampu mengeruk tanah yang keras dengan cepat untuk proyek. Sekali kerukan menggunakan bulldozer mampu menggali tanah yang cukup dalam.

3. Menyebarkan Material

Kegunaan lain bulldozer adalah menyebarkan material. Bulldozer dapat dengan mudah menyebarkan tanah yang menumpuk dan menyebarkannya ke lokasi lain agar lahan dapat lebih rata. Fungsi ini biasanya digunakan pada proyek pembangunan.

4. Pembabatan Lahan

Bulldozer biasa digunakan untuk pembabatan dan penebasan. Alat ini mampu menjalankan fungsi clearing seperti membersihkan lahan dari semak-semak, menebang pohon dan mengangkat sisa pohon yang sudah ditebang. Selain itu, bulldozer dapat digunakan untuk membersihkan lahan dengan cara mengangkat tanah atau bebatuan yang menghalangi proyek.

Baca juga: KENALI JENIS BULLDOZER, FUNGSI DAN KEGUNAANYA

Rekomendasi Distributor Jual Bulldozer China

Anda dapat menghubungi PT. Gaya Makmur Tractors (GM Tractors) jual bulldozer China dengan kualitas terbaik . Perusahaan yang didirikan sejak Agustus 2005 di Jakarta ini adalah perusahaan penjual alat berat untuk konstruksi jalan raya, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lain sebagainya. GM Tractors juga merupakan sole distributor dari Wirtgen group Jerman, produsen alat berat untuk konstruksi jalan raya dan pertambangan dengan merk Wirtgen, Vogele, Hamm dan Kleemann.

Author

Enable Notifications OK No thanks