Indonetwork.co.id (Bekasi) – Jasa pengiriman bukan bidang bisnis baru buat pelaku usaha satu ini. Pasalnya, selain memiliki jaringan yang kuat di lini bisnis transportasi, dirinya juga faham betul seluk beluk dunia cargo dan ekspedisi.

Bahkan untuk bisa bersaing dan menjadi specialist, dirinya fokus memilih wilayah provinsi Sumatera sebagai coverage area, jasa pengiriman yang ditawarkannya kepada konsumen.

RPJ9

“Usaha ini sudah berjalan enam tahun, saya memulainya sejak tahun 2012. Legalitas awal hanya berbentuk CV. Untuk meningkatkan kepercayaan, akhirnya saya proses menjadi sebuah perusahaan yang bergerak dibidang cargo dan jasa pengiriman,” ucap Riwando, Owner PT.Rajawali Pratama Jaya (RPJ).

Baginya menjalankan bisnis kargo memiliki tantangan tersendiri. Tak hanya menawarkan jasa, tapi juga mengedepankan kepercayaan yang harus dijaga dengan baik.

“Saya selalu menerapkan sistem untuk mendapatkan kepuasan konsumen. Caranya memastikan keamanan dan keberadaan barang yang mereka titipkan kepada saya,” tegas Riwando.

Tak hanya harga, jaminan waktu juga ditawarkan agar mampu bersaing dengan perusahaan kargo lainnya. “Bukan cuma bersaing soal harga, kami juga menjamin waktu pengiriman dengan waktu yang relatif cepat,” tegasnya.

RPJ5

Untuk bisa memenuhi semua itu, Riwando bekerjasama dengan beberapa pihak, terutama dengan maskapai penerbangan. Begitu pula dengan pihak transportasi laut dan darat.

“Agar memenangkan persaingan di sektor jasa pengiriman dan ekspedisi, RPJ telah menggandeng sejumlah instansi terkait. Hal ini dilakukan untuk mengedepankan pelayanan yang kami berikan, sekaligus memastikan proses pengirimannya,” pungkas Riwando.

Area spesialis yang dipegangnya adalah wilayah Sumatera, mulai dari kota Lampung, Palembang, Medan, Pekan Baru hingga pelosok Aceh. Untuk wilayah tersebut, Rajawali Pratama Jaya sangat menguasai dan memahami.

RPJ6

Selain armada, pihaknya juga memiliki gudang khusus di Bekasi sebagai area penyimpan sebelum proses pengiriman.

Tawarkan Patner Ekspedisi Terbaik di Wilayah Sumatera
“Kebanyakan mereka yang menggunakan jasa kami adalah perusahaan kontraktor dan pengusaha pribadi. Barang yang dikirim berupa spertpart, hingga pindahan kantor, gudang dan bahkan pabrik,” jelas Riwando.

Pada dasarnya, jenis barang apapun RPJ siap membantu. Bahkan menurut beliau, kargo lain juga bisa menitipkan, karena harga yang ditawarkan bersaing.

“Harga yang kami tawarkan berdasarkan berat barang. Menghitungnya berdasarkan berat perkilogram. Lain halnya jika konsumen mencarter armada kami. Misalnya mereka sewa truck, pasti harganya beda,” imbuh Riwando.

“Kami harus fokus memilih area specialist, agar harga yang ditawarkan bisa bersaing. Tidak menutup kemungkinan jika konsumen meminta kami untuk mengirim ke wilayah lain, kami pun siap,” tegasnya.

Agar diterima pasar, pihaknya meluncurkan promo khusus. Minimal 100kilogram, RPJ memberikan diskon. Diatas satu ton, Riwando sodorkan harga khusus. Pihaknya juga tawarkan jadi patner bagi konsumen pelanggannya.

Untuk menjadi mitra bisnis yang tepat, ada kemudahan yang disediakan. “Harga istimewa yang kami sodorkan merupakan solusi cermat untuk kelangsungan bisnis yang saya jalani ini,” urainya.

“Kami berusaha menempatkan diri tak hanya sebagai penyedia jasa, tapi juga menjadi mitra pilihan yang mampu memberikan solusi terbaik soal jasa pengiriman,” pungkas Riwando.

Kelebihan lain yang suguhkan, RPJ memberikan garansi sesuai nilai barang. Selain garansi, ketepatan waktu jadi keunggulannya. “Kami selalu menjelaskan estimasi waktu proses pengiriman. Dengan begitu, konsumen akan berasa nyaman menggunakan jasa kami,” jelasnya lagi.

Untuk memastikan posisi barang saat pengiriman, pihaknya selalu memonitoring dan menginformasikan ke konsumen. Cara ini sangatlah membantu meningkatkan kepercayaan terhadap jasa yang diberikan.

“RPJ memiliki standard waktu kerja yang mesti dilakukan. Monitoring yang diterapkan biasanya untuk memastikan ketepatan barang agar sampai tepat waktu,” papar Riwando.

RPJ

Pihaknya senantiasa menginformasikan posisi paket kiriman ke pihak konsumen berupa email dan whatsapp setiap hari. Sistem ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan yang wajib dipertahankan.

Langkah strategi lain agar bendera Rajawali Pratama Jaya bisa tetap berkibar adalah dengan berpromosi secara digital. “Sejak awal, saya memang hanya menggunakan media online sebagai tempat berpromosi. Tak heran jika, pelanggan yang datang hampir 90% itu dari online,” urai Riwando.

Baginya, mengiklankan jasa cargo secara digital jauh lebih efektif ketimbang berpromosi dengan cara konvensional. “Selain menjangkau lebih luas, promosi secara online relatif terjangkau,” ucapnya tersenyum.

Dedy Mulyadi