Indonetwork, Elektronik – Generator set atau yang biasa dikenal dengan sebutan genset merupakan mesin yang berfungsi sebagai mediasi pembangkit listrik. Dalam kehidupan sehari-hari mesin ini sebenarnya sudah tidak asing lagi karena sering kita jumpai di berbagai tempat seperti tempat penginapan/hotel, rumah sakit, kantor bahkan minimarket terdekat.

Manfaat dan keberadaan genset juga sangatlah penting terutama dikarenakan dengan adanya genset maka dapat menjaga kelancaran operasional usaha maupun berbagai keperluan lainnya, terutama pada pabrik-pabrik pengolahan yang operasionalnya menggunakan genset.

Mesin pembangkit listrik ini juga berfungsi sebagai pengubah energi gerak ke dalam energi listrik. Untuk mengubah gerakan menjadi listrik, maka generator pembangkit listrik memerlukan energi atau daya dari berbagai sumber. Listrik atau genset akan mengubah energi gerak yang bersumber dari bahan bakar diesel atau bensin.

Sebagai panduan awal sebelum mulai menggunakan alat ini, ada baiknya Anda mengenali komponen-komponen genset dan fungsinya terlebih dulu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengoperasikannya sekaligus mengantisipasi kesalahan atau kecelakaan kerja.

Mesin Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Mesin merupakan sumber energi mekanik pada genset yang menghasilkan arus listrik. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait komponen mesin ketika hendak memilih genset. Mulai dari jenis bahan bakar yang digunakan, daya listrik yang dibutuhkan serta biaya yang sesuai budget and durability mesin.

Genset beroperasi dengan jenis bahan bakar yang bervariasi, seperti bensin, diesel, gas, dan sebagainya. Genset dengan ukuran besar umumnya menggunakan bahan bakar diesel dan gas. Sementara itu, genset berukuran kecil menggunakan bensin.

Alternator Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Komponen genset satu ini bertugas sebagai konversi energi yang dihasilkan oleh mesin menjadi energi listrik. Alternator terdiri dari dua bagian, yaitu stator dan rotor. Stator memiliki satu set konduktor listrik yang dililitkan pada inti besi statis dan tidak bergerak. Sedangkan komponen yang bergerak disebut sebagai rotor yang bekerja mengelilingi stator, sehingga menghasilkan gaya elektromagnetik di sekitar stator.

Baca Juga: 3 Manfaat dan Cara Memilih Genset untuk Kebutuhan Industri

Tangki Tempat Bahan Bakar

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Tangki genset memiliki fungsi sebagai tempat untuk menampung bahan bakar. Kapasitas dari tangki pun bermacam-macam tergantung kapasitas penampungan sehingga kinerja dan tenaga yang dihasilkan genset juga akan semakin lama.

Voltage Regulator

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Disebut juga regulator tegangan, komponen genset ini berfungsi sebagai pengatur besaran tegangan yang dihasilkan oleh genset itu sendiri. Pengatur tegangan ini memiliki peran yang sangat penting. Seperti ketika tegangan terlalu tinggi, voltage regulator akan menurunkannya agar lebih stabil. Begitu juga sebaliknya. Pasalnya, jika tegangannya tidak stabil, maka akan berisiko merusak peralatan elektronik yang menggunakan daya listrik dari genset tersebut.

Cooling and Exhaust System

komponen genset dan fungsinya
Sumber: YouTube/Electrical.mastar

Jika genset sedang digunakan dan mengalami kondisi mesin panas atau bahkan overheating, maka dibutuhkan prosedur pendinginan. Ada dua komponen yang mengatasi kondisi tersebut yaitu cooling dan exhaust system.

Pada komponen cooling system, udara paksa yang dihasilkan oleh kipas digunakan sebagai pendingin untuk genset berukuran kecil. kipas standar pun sering dipasangkan pada genset sebagai bagian dari sistem pendingin utama.

Control Panel

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Hargen.co.id

Merupakan bagian penghubung antarmuka antara pengguna dengan generator itu sendiri melalui fitur yang ada pada generator. Pada fitur ini Anda bisa melihat pengukuran parameter pada tegangan serta arus dan frekuensi melalui alat pengukur. 

Baca Juga: Pengertian dan Kegunaan Genset

Kerangka Utama/Frame Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Hondapowerproducts

Frame atau kerangka utama pada genset telah dilengkapi dengan desain yang dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna. Selain itu, kerangka utama ini harus memiliki grounding karena sangat penting untuk keselamatan pengguna saat hendak digunakan.

Battery Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Meski genset merupakan alat yang menghasilkan listrik dan bekerja menggunakan bahan bakar akan tetapi alat ini tetap memerlukan baterai sebagai pemicu saat pertama kali dinyalakan. Dan apabila komponen baterai rusak, genset tidak dapat menyala/berfungsi. Beberapa genset juga telah dilengkapi juga dengan charger baterai untuk mengisi muatan baterai secara otomatis ketika genset beroperasi.

Valve Lever Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Google

Berfungsi sebagai pengatur dan controlling pasokan bahan bakar ke dalam mesin. Komponen ini juga dapat memastikan pendistribusi bahan bakar terjadi dengan baik dan efektif. Valve lever berada pada antara tangki bahan bakar dan karburator, sehingga komponen ini tidak kalah penting untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum menggunakan genset.

Motor Genset

komponen genset dan fungsinya
Sumber: Yanmar.com

Motor pada genset bergerak dan berputar untuk menghasilkan energi mekanik yang dikonversi menjadi listrik oleh generator. Genset memiliki beberapa jenis motor tergantung pada bahan bakar yang digunakan, seperti diesel, bensin, propana, biogas, metana dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Menyewa Jasa Service Genset

Sudah lebih paham tentang komponen genset dan fungsinya? Apabila Anda membutuhkan mesin genset, tidak perlu bingung dan repot mencari tempat yang jual mesin genset. Anda bisa mencarinya di Indonetwork yang jual mesin genset berkualitas dari berbagai merek. Pengalaman belanja Anda akan semakin lengkap dengan adanya fitur “Best Deal” di Indonetwork yang bisa Anda gunakan untuk membuat penawaran harga terbaik. Kunjungi Indonetwork sekarang dan nikmati kemudahan berbelanja yang aman.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks