Indonetwork, Mesin Alat Berat – Selama ini kelapa sawit dikenal sebagai bahan baku minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak sehari-hari. Padahal, ada berbagai macam produk yang dapat dibuat dari kelapa sawit, seperti mentega, cocoa butter substitute, sabun, sampo, detergen, campuran pada make up, dan sebagai bahan bakar alternatif.  Proses ini memerlukan bantuan berbagai macam alat, salah satunya adalah alat control strerilizer.

Kelapa sawit banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di daerah Riau dan Kalimantan. Produksi kelapa sawit di Indonesia memiliki berbagai macam keunggulan, seperti harga yang murah, jumlah ketersediaan yang stabil, dan sebagainya. Sehingga, peluang bisnis di bidang ini sangat menjanjikan.

Lalu, bagaimana cara memproduksi minyak kelapa sawit? Apa saja alat yang dibutuhkan dalam setiap prosesnya? Simak artikel berikut ini untuk informasi selengkapnya!

Mengenal Crude Palm Oil

Minyak kelapa sawit crude palm oil
Sumber: eria.org

Sebelum kelapa sawit dapat diolah lebih lanjut menjadi berbagai macam produk, minyak yang dihasilkan perlu diubah menjadi Crude Palm Oil atau CPO terlebih dahulu. 

Crude palm oil (CPO) adalah minyak kelapa sawit mentah yang diproses melalui proses ekstraksi daging buah kelapa sawit yang belum melalui tahap pemurnian. CPO memiliki warna merah bata karena mengandung beta-karoten yang tinggi.

Pada prosesnya, kelapa sawit dapat diubah menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan minyak inti kelapa sawit atau Palm Kernel Oil (PKO). CPO kemudian dapat diolah menjadi minyak goreng, margarin, biodiesel, dan sabun. Sedangkan KPO dapat diolah menjadi obat-obatan dan kosmetik.

Baca juga: MENGENAL PANEL CONTROL REBUSAN DALAM PENGOLAHAN MINYAK SAWIT

Proses Pengolahan CPO DENGAN CONTROL STERILIZER

Proses pengolahan kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit mentah atau CPO melewati beberapa tahapan, rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Proses Penerimaan Buah

TBS atau tandan buah segar adalah buah kelapa sawit yang telah matang. Ciri-ciri TBS yang sudah siap dipanen dapat dilihat dari perubahan warna dan adanya buah TBS yang jatuh ke tanah.

TBS yang sudah siap panen kemudian disortir berdasarkan kualitas, sebelum dapat dilanjutkan ke proses selanjutnya.

  • Sterilisasi MENGGUNAKAN CONTROL STERILIZER

Proses ini penting untuk dilakukan pada saat mengolah TBS menjadi CPO dengan menggunakan uap bersuhu tinggi untuk memisahkan buah dari tandan atau cangkangnya.

Proses penguapan dapat membantu mematikan enzim agar buah tidak cepat busuk atau rusak, memudahkan pemisahan buah dari cangkang, mengurangi kadar air dalam buah, dan membantu melunakkan mesocarp (bagian sabut kelapa sawit) untuk memudahkan proses perontokan, sehingga didapatkan daging buah untuk masuk ke proses selanjutnya.

  • Proses Pengepresan

Setelah melalui tahap sterilisasi dan kelapa menjadi lunak, maka selanjutnya buah akan diperas untuk mendapatkan minyaknya. Proses pengepresan ini menggunakan alat khusus yang dapat menekan buah hingga minyak akan keluar untuk kemudian disaring dan dapat diproses lebih lanjut.

  • Tahap Pemurnian

Dari tahap pengepresan, sebenarnya sudah dihasilkan minyak kelapa sawit mentah yang lebih dikenal dengan CPO. Namun, terkadang perlu dilakukan tahap pemurnian atau penyaringan untuk menghilangkan sisa kotoran dan kontaminan yang mungkin mengendap pada minyak kelapa sawit.

Dari sini, CPO kemudian dapat diolah menjadi produk-produk turunan lainnya seperti margarin, minyak sawit, biodiesel, sabun, dan sebagainya.

Proses Pengolahan Daur Ulang

Kelapa sawit yang telah diproses akan menghasilkan bahan-bahan sisa yang dapat didaur ulang dan diproses lebih lanjut untuk mengurangi limbah. Biasanya, sisa bahan ini disebut dengan cake atau BIS (Bungkil Inti Sawit).

Pada proses pengepresan, maka serat yang tersisa perlu dipisahkan dari bijinya. Pada proses ini menggunakan bantuan alat depericarper untuk proses pemisahannya. Serat ini dapat digunakan kembali untuk dijadikan biofuel atau bahan bakar ramah lingkungan.

Selain serat, biji atau kernel yang tersisa juga dapat diolah kembali. Pertama-tama, biji dipecahkan agar dapat dipisahkan dari cangkangnya. Lalu, biji dihancurkan untuk membuat minyak inti sawit (PKO) dan Palm Kernel Expeller (PKE) untuk selanjutnya diolah lebih lanjut menjadi produk bahan pangan, pakan ternak, dan lain sebagainya. Selain itu, cangkang dapat digunakan sebagai bahan bakar hayati. 

Alat Pengolahan Kelapa Sawit

Alat Panel Control Sterilizer
Alat Panel Control Sterilizer

Salah satu alat yang penting dalam pengolahan kelapa sawit adalah alat control sterilizer. Alat ini digunakan untuk mengontrol proses steam dan sterilisasi buah kelapa sawit sebelum diolah menggunakan parameter waktu, suhu, dan tekanan. 

Selain alat control sterilizer pada tahap sterilisasi TBS, alat yang kerap ditemukan pada proses pengolahan kelapa sawit, yaitu:

  • Pada proses penerimaan buah: alat jembatan timbang, loading ramp, dan capstan
  • Pada proses sterilisasi: alat control sterilizer
  • Pada proses perontokan mesocarp: alat thresher drum, alat digester
  • Pada proses pengepresan: alat screw press yang dapat menekan buah dengan cara diputar dan di press
  • Proses pemurnian CPO: alat vibro separator, Continuous Settling Tank, Oil Purifier, Sludge Centrifuge, dan Vacuum Oil Drier.
  • Proses daur ulang: alat depericarper

Nah, itulah beberapa alat yang dibutuhkan pada proses pengolahan kelapa sawit yang mungkin Anda butuhkan jika ingin berbisnis di bidang ini.

BACA JUGA: BERBAGAI JENIS POMPA INDUSTRI SERTA PENGAPLIKASIANNYA

Distributor Alat CONTROL STERILIZER

Setelah mengetahui rangkaian pengolahan kelapa sawit yang telah dijabarkan di atas,  maka jika Anda ingin membuka usaha di sektor kelapa sawit harus mencari mesin terbaik untuk usaha Anda. 

PT Prima Tata Daya merupakan distributor mesin pengolahan kelapa sawit yang paling lengkap. PT Prima Tata Daya pun menjual panel control sterilizer dengan kualitas yang terbaik. Perusahaan ini berada di Medan dan sudah berdiri sejak 2005. Tunggu apalagi, ayo silahkan kunjungi website PT Prima Tata Daya dan lihat berbagai macam produk yang menarik bagi Anda dan dapatkan penawaran dengan harga terbaik.


%d bloggers like this: