Indonetwork, BudidayaTanaman hidroponik memiliki tata cara penanam khusus. Salah satunya dalam pemilihan media tanam yang tidak boleh sembarangan dipilh. Terdapat beberapa macam media tanama hidroponik yang umum digunakan. Media tanam hidroponik rockwool menjadi yang cukup sering ditemukan.

Lantas apa itu rockwool dan fungsinya? Bagaimana keunggulan media tanam hidroponik satu ini? Selengkapnya berikut ini ulasan mengenai pengertian rockwool, fungsi, dan keunggulannya.

APa Itu Rockwool?

Dilansir dari laman Hydrofarm, rockwool adalah jenis serat mineral buatan. Sebagian besar digunakan untuk isolasi, mirip dengan fiberglass. Namun, kita bisa mengubah sifat rockwool dengan mengatur jenis mineralnya.

Pada tahun 1960-an, ditemukan bahwa dengan memodifikasi proses pembuatan, rockwool bisa mendukung pertumbuhan tanaman jika dilakukan dengan benar. Rockwool khusus untuk hortikultura dijual sebagai media tanam hidroponik (sekarang istilah “rockwool” hanya merujuk pada produk hortikultura). Media tanam ini menjadi salah satu jenis media tanam hidroponik yang umum digunakan.

Cara membuat rockwool adalah dengan melelehkan batuan basaltik dan memutar lelehan tersebut menjadi serat. Setelah itu, bahan pengikat ditambahkan, dan seratnya dikompresi dan diawetkan menjadi lempengan besar.

Dengan mengatur tekanan, kita bisa menyesuaikan kepadatan media tanam. Lembaran besar bisa dipotong menjadi lempengan kecil atau blok propagasi untuk memudahkan penanganan. Serat pintal juga bisa dibentuk menjadi butiran yang bisa diatur dengan cara yang mirip dengan bal gambut.

Karakteristik Rockwool

Media tanam hidroponik rockwool
Sumber: bootstrapfarmer

Rockwool memiliki beberapa ciri-ciri yang memengaruhi kinerjanya sebagai media tanam. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama rockwool:

1. Struktur Serat Padat

Rockwool terbuat dari serat padat yang memberikan dukungan mekanis untuk tanaman. Struktur serat ini juga memudahkan pertumbuhan akar tanaman.

2. Kemampuan Drainase

Rockwool memiliki kemampuan drainase yang baik, mencegah genangan air dan memberikan oksigen yang cukup untuk akar tanaman.

3. Kemampuan Menahan Kelembapan

Meskipun dapat mengalirkan air dengan baik, rockwool juga mampu menahan kelembapan yang membantu tanaman mendapatkan air secara konsisten.

4. Aerasi atau Porositas Udara

Struktur serat rockwool memberikan porositas udara yang baik, memastikan akar tanaman mendapatkan cukup oksigen untuk proses respirasi.

5. Kepadatan yang Dapat Diatur

Kepadatan rockwool dapat diatur dengan mengatur tekanan pada saat produksi, memungkinkan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan tanaman dan sistem hidroponik.

6. Kemampuan Menyesuaikan Gradien Kelembapan

Rockwool dapat diatur untuk menciptakan gradien kelembapan yang sesuai, memenuhi kebutuhan zona akar tanaman dari atas hingga bawah.

Baca Juga: Cara Menanam Sayuran Hidroponik untuk Pemula

Fungsi Rockwool

media tanam Rockwool adalah
BluSky Organics

Rockwool memiliki beberapa fungsi utama, terutama sebagai media tanam hidroponik. Berikut beberapa diantaranya:

1. Media Tanam Hidroponik

Tekstur seratnya yang seperti wol dapat menopang tanaman dengan baik dan menyerap air hingga 10 kali beratnya sendiri. Selain itu struktur serat rockwool memungkinkan sirkulasi udara lancar, sehingga akar tanaman mendapat oksigen cukup.

2. Isolasi Bangunan

Rockwool juga berfungsi sebagai isolasi termal dan suara pada bangunan. Serat rockwool yang rapat dan tebal dapat menghambat perpindahan panas dan suara, sehingga membuat ruangan lebih sejuk dan tenang.

3. Peredam Kebisingan

Rockwool efektif meredam kebisingan dari luar ruangan, sehingga cocok digunakan pada dinding studio musik, gedung bioskop, dan ruang rapat.

4. Media Filter

Rockwool dapat digunakan sebagai media filter untuk menyaring udara dan air. Serat rockwool yang halus dapat menangkap partikel debu dan kotoran secara efektif.

5. Budidaya Jamur

Rockwool bisa digunakan untuk budidaya jamur. Bahkan, rockwool merupakan salah satu media tanam yang paling populer untuk budidaya jamur.

Salah satu keunggulannya adalah lebih steril. Ini karena media tanam ini diproduksi pada suhu tinggi yang membunuh patogen dan hama, sehingga jamur terhindar dari penyakit.

Keunggulan Rockwool

Keunggulan rockwool hidroponik untuk media tanam meliputi:

1. Steril dan Bebas Patogen

Pembuatan serat rockwool dari batuan cair dan pembungkus plastik memastikan produk steril, bebas dari benih gulma, hama, dan patogen. Ini menciptakan lingkungan tanam yang bersih dan sehat.

2. Kualitas Konsisten

Rockwool berkualitas tinggi dengan kualitas yang konsisten. Tidak terurai atau terurai seiring waktu seperti substrat alami lainnya, memberikan stabilitas fisik dan karakteristik pertumbuhan yang andal.

3. Bobot Ringan dan Mudah Ditangani

Rockwool memiliki bobot ringan, memudahkan penanganan dan pemindahan. Setelah diairi sepenuhnya, rockwool memberikan stabilitas pada tanaman.

4. Beragam Ukuran

Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari sumbat perbanyakan kecil hingga kubus besar. Ini memungkinkan penggunaan yang fleksibel untuk berbagai jenis tanaman dan tahapan pertumbuhan.

5. Tahan Terhadap Pengaruh Larutan Nutrisi

Produk rockwool dan merek terpercaya tidak memiliki pengaruh besar terhadap EC, pH, atau komposisi larutan nutrisi yang diterapkan. Ini memudahkan pengendalian kondisi lingkungan hidroponik.

6. Kontrol Kelembapan dan Aerasi

Dirancang untuk memberikan tingkat kelembapan dan aerasi yang mendekati ideal di zona akar, mencegah penyiraman berlebihan, dan memberikan oksigen yang cukup untuk akar tanaman.

7. Tahan terhadap Penggunaan Berturut-turut

Struktur rockwool cenderung tidak cepat rusak seiring waktu, memungkinkan penggunaan untuk tanaman berturut-turut tanpa penurunan kualitas.

8. Pemantauan Mudah

Rockwool dapat dipantau dengan pengukur kadar air, memberikan pengukuran akurat terhadap kadar air, EC, dan suhu di zona akar. Ini membantu optimalisasi penerapan larutan nutrisi untuk setiap tahap pertumbuhan.

Meskipun rockwool terkenal dengan berbagai keunggulannya, namun pengguna harus mengetahui terkait ukuran media tanam ini yang cenderung besar. Hal ini menyebabkan rockwool kurang praktis untuk diangkut dan disimpan.

Baca Juga: Jenis-jenis Sayuran Hidroponik yang Bisa Ditanam di Rumah

Untuk hasil yang baik, rockwool perlu diletakkan pada permukaan yang rata agar kelembapan di dalamnya merata, menghindari bagian yang terlalu basah atau terlalu kering. Anda bisa mendapatkan media tanamn rockwool di PT. Indonetwork Adi Perkasa dengan harga murah dan berkualitas.

Demikian ulasan mengenai media tanam hidroponik rockwool dan beberapa keunggulannya.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks