Indonetwork, Peluang Usaha – Price card adalah kartu atau tanda yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi harga suatu produk atau layanan. Kartu harga ini dapat ditempatkan di depan produk atau di sekitar area penjualan untuk memberi tahu pelanggan tentang harga barang.

Price card biasanya memiliki desain yang sederhana dan mudah dipahami. Tujuannya adalah memberikan informasi harga dengan jelas tanpa membuat kebingungan. Untuk selengkapnya, berikut ini kegunaan dan fungsi price card dan harganya di pasaran.

Kegunaan dan Fungsi Price Card Minimarket

Adanya price card pada minimarket atau usaha toko sembako memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan informasi harga kepada pelanggan dan memfasilitasi pengalaman belanja yang lancar.

Berikut adalah beberapa kegunaan dan fungsi price card di minimarket:

1. Memberikan Informasi dan transparansi Harga

Price card digunakan untuk menampilkan harga produk secara jelas dan terbaca. Ini membantu pelanggan untuk dengan cepat mengetahui berapa harga suatu produk tanpa harus bertanya kepada staf toko.

Kartu harga juga membantu menciptakan transparansi dalam penentuan harga, memastikan bahwa pelanggan merasa tahu persis berapa biaya produk yang mereka beli. Ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Selain itu, dengan informasi harga yang mudah diakses, pelanggan dapat dengan cepat membandingkan harga produk dan membuat keputusan pembelian yang lebih informasional.

2. Pembaruan Harga dan Promosi

Dalam minimarket yang sering mengubah harga produk atau memiliki penawaran spesial berkala, price card memberikan cara yang mudah untuk memperbarui informasi harga tanpa perlu mengganti label produk secara fisik. Salah satunya ketika ada produk

Price card digunakan untuk menyoroti promosi, diskon, atau penawaran khusus yang sedang berlangsung. Ketika ada barang promo, staf toko akan mengumpulkan beberapa produk tersebut di salah satu sudut toko, kemudian memberi harga baru yang sudah termasuk diskon. Pengaturan ini akan membantu menarik perhatian pelanggan terhadap produk tertentu dan mendorong pembelian impulsif.

3. Efisiensi dan Penghematan Waktu

Dengan adanya price card, pelanggan dapat dengan cepat memeriksa harga produk tanpa harus menunggu bantuan staf toko. Begitu pula ketika pembeli ingin memperkirakan total belanjaan, mudah dilakukan hanya dengan mencatat harga yang tertera. Tentunya, ini meningkatkan efisiensi waktu selama proses belanja.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Sembako biar Laris Manis

Cara Mencetak Price Card dengan Microsoft Word

cara menggunakan price tag
Sumber: Pinterest

Mencetak price card dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan Microsoft Word atau manual dengan label stiker. Berikut ini masing-masing langkahnya: 

Microsoft Word

  • Buka Microsoft Word.
  • Pilih jenis dokumen “Label.”
  • Pilih jenis label yang ingin Anda gunakan
  • Atur margin dan spasi
  • Masukkan nama produk
  • Masukkan harga produk
  • Masukkan informasi lain yang Anda inginkan
  • Anda dapat menggunakan berbagai format teks
  • Simpan dokumen Anda
  • Pilih “Print” untuk mencetak price card
  • Atur pengaturan pencetakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Mencetak Price Card Manual

Di sisi lain, Anda juga bisa membuat price card sendiri secara manual atau dengan tulis tangan. Berikut langkah-langkahnya:

Cara pakai label stiker secara manual dengan tulis tangan 

  • Siapkan label stiker
  • Siapkan alat tulis
  • Siapkan penggaris. Penggaris akan membantu Anda menulis informasi dengan rapi dan lurus
  • Tulis nama dan harga produk
  • Tulis informasi lain yang Anda inginkan, seperti kode produk, deskripsi singkat, dan lain sebagainya.
  • Pastikan Anda menulis informasi dengan jelas dan mudah dibaca.
  • Lepaskan label dari lembaran stiker.
  • Tempel label pada produk. Pastikan label tertempel dengan rapi dan tidak ada gelembung udara.

Baca Juga: Jenis dan Harga Paving Block per Meter

Harga Price Card

Price card sering kali ditemui di berbagai minimarket populer. Beberapa di antaranya di Alfamart dan Indomaret. Nah, apabila bagi Anda yang juga berwirausaha minimarket dan mencari jenis price card yang mirip, umumnya harga price card Alfamart dan harga price card Indomaret berkisar mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 10.000. Umumnya harga akan bervariasi tergantung pada ukuran dan bahan yang digunakan.

Price card yang terbuat dari plastik biasanya lebih tahan lama daripada price card yang terbuat dari kertas. Price card ini juga tahan air dan mudah dibersihkan. Sedangkan price card yang terbuat dari logam adalah yang paling mahal. Price card ini sangat tahan lama dan terlihat profesional.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks