Indonetwork, Perlengkapan KantorTips manajemen waktu atau mengatur waktu merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Meskipun sudah berulang kali mencoba mengatur waktu semaksimal mungkin namun terkadang masih merasa penggunaan waktu masih kurang efisien.

Terlebih lagi bagi sebagian orang yang memiliki kegiatan begitu padat. Pengaturan waktu yang efisien menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu banyak orang yang selanjutnya mulai mencari berbagai cara  mengatur waktu agar lebih efisien dengan beragam cara.

Lantas bagaimana cara mengatur waktu agar lebih efisien? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Tips manajemen waktu agar lebih efisien

tips mengatur waktu dengan jam
Sumber: Unsplash

Dilansir dari situs Slack, berikut ini beberapa tips dalam mengatur waktu Anda lebih baik dan berkualitas.

1. Tahu bagaimana penggunaan durasi waktu

Mulailah dengan mencatat durasi waktu dalam mengerjakan sesuatu. Sebisa mungkin disiplin dalam mengatur durasi waktu yang dibuat dalam mengerjakan suatu kegiatan.

Selain mencatat waktu produktivitas diharapkan Anda juga bisa mengatur durasi istirahat. Sehingga pembagian dalam waktu produktivitas dan bekerja lebih terjaga dan tercatat dengan baik, waktu yang dihabiskan juga menjadi lebih efisien.

2. Membuat daftar tugas

Sticky Notes
Sumber: Pexels

Buatlah jadwal harian saat akan melakukan pekerjaan tertentu. Misalnya saja hari ini Anda akan mengerjakan lima hingga tujuh tugas. Nah buatlah jadwal dan alokasikan waktu pada masing-masing tugas agar terjadwal dengan baik.

Anda bisa membuat tugas di beragam aplikasi pengatur jadwal yang bertebaran di internet maupun menulisnya secara manual di berbagai buku agenda atau post it.

3. Memilah mana yang paling prioritas

Membuat daftar tugas memang sangat penting. Namun tak hanya membuat dan menulisnya di agenda atau post it. Anda juga harus pintar dalam memilah-milah tugas mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

Tugas mana yang paling diprioritaskan menurut tingkat kepentingan dan urgensinya. Melalui cara ini Anda dapat mengkategorikan beragam tugas berdasarkan urgensinya. Misalnya beberapa kategori tugas yang harus dikerjakan segera, menjadwalkan nanti, delegasi, atau menghapus kegiatan yang sangat tidak penting bagi Anda.

Baca Juga: Apa Saja Alat Tulis Kantor Yang Wajib Ada? Ini Daftarnya!

4. Menyelesaikan tugas paling sulit terlebih dahulu

Cobalah metode “Eat That Frog” salah satu metode yang dikenalkan oleh Brian Tracy ini mengarahkan seseorang untuk menyelesaikan tugas paling sulit terlebih dahulu di pagi hari.

Metode ini dipercaya akan bekerja dengan baik dan membuat waktu Anda lebih efisien. Tak hanya itu metode “Eat That Frog” juga cocok untuk orang yang cenderung menunda-nunda pekerjaan atau mudah terdistraksi.

Cara ini direkomendasikan bagi Anda yang akan menyelesaikan tugas dengan karakteristik sulit, terbesar, dan terpenting dahulu.

5. Memproses tugas serupa

Tips manajemen waktu selanjutnya adalah dengan memproses tugas melalui metode batching. Batching merupakan cara mengelompokkan tugas serupa sehingga Anda dapat mengerjakannya bersama-sama atau di waktu yang sama. Cobalah mengelompokkan tugas-tugas berdasarkan kategori dan tujuannya.

6. Menghindari multitasking

Cobalah untuk fokus pada satu kegiatan saja. Hindari untuk mengerjakan pekerjaan terlalu banyak hingga multitasking. Hal ini justru akan membuat efisiensi waktu berkurang dan justru membuat anda kewalahan dengan tugas-tugas. Selain itu melakukan multitasking akan membuat risiko kesalahan melakukan pekerjaan juga meningkat.

7. Meningkatkan pribadi yang disiplin

Beberapa tips di atas tentu tidak dapat berjalan apabila tidak diawali dengan niat dan perubahan karakter dari diri sendiri. Cobalah untuk beralih pelan-pelan mengubah karakter menjadi lebih disiplin dalam mengatur waktu.

Baca Juga: Tips Cetak Post It Custom

Tips manajemen waktu dengan buku agenda

buku

Bagi Anda yang masih bingung mengatur waktu dengan baik, cobalah untuk menggunakan bantuan buku agenda dan berbagai alat produktivitas lain. Berikut ini cara mengatur waktu dengan beberapa bantuan buku agenda hingga post it.

1. Tulis rangkaian kegiatan di buku agenda

Seperti yang disinggung pada ulasan di atas bahwa untuk membuat daftar tugas Anda dapat menggunakan bantuan buku agenda. Lakukan berbagai catatan terkait tugas hari ini lengkap dengan detail durasi waktu dan jadwalnya.

Melalui buku agenda Anda dapat lebih detail memahi tugas yang dikerjakan serta membantu Anda lebih efisien menggunakan waktu. Namun sekali lagi meskipun menggunakan bantuan buku agenda, usahakan untuk tetap menerapkan sifat disiplin.

2. Mengatur tugas dengan bantuan post it

Langkah selanjutnya klasifikasikan tugas dengan post it. Post it atau biasa dikenal dengan sticky note merupakan kertas kecil yang memiliki perekat atau lem di setiap lembaran ujungnya.  Catatan ini dapat digunakan di berbagai media dapat ditempelkan di dinding, buku agenda, hingga catatan tugas lainnya.

Post it memiliki beragam warna sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengkategorikan tugas-tugas tertentu berdasakan warna. Hal ini tentu memudahkan Anda melakukan filter pekerjaan mana yang paling prioritas, penting, hingga yang biasa-biasa saja.

3. Menggunakan buku agenda custom

Buatlah buku agenda custom. Buku agenda custom yang bisa didesain dan dicetak sesuai kebutuhan membantu Anda lebih semangat menulis beragam kegiatan di buku.

Sehingga Anda lebih detail dalam menulis beragam kegiatan dan tugas yang akan dikerjakan. Buku agenda custom dapat dicetak dengan desain dan lembar yang dibutuhkan. Salah satunya dengan cetak agenda custom dan cetak post it yang bisa dipesan di Promoplus.

Promoplus menyediakan beragam layanan mencetak post it dan buku agenda sesuai kebutuhan Anda. Promplus dapat menyesuaikan kuantitas yang diinginkan hingga desain custom keinginan Anda.

Tak hanya sticky note dan post it terdapat juga beragam layanan percetakan lain untuk berbagai kebutuhan sekolah, kuliah, hingga perkantoran Anda.

Baca Juga: Berbagai Kelebihan Cetak Sticky Notes Custom

Misalnya beragam produk catatan dengan hardcover atau softcover, post it, sticky note, hingga kalender meja. Untuk mengulas lebih lanjut beragam layanan Promoplus dapat Anda telusuri di tautan berikut ini. Itulah tips manajamen waktu agar lebih efisien. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks