Kelebihan utama yang di miliki wordpress self-hosted yaitu kemudahan dalam pengaturan sistem, serta keragaman fitur. Salah satunya adalah plugin.

Setiap pengguna wordpress pasti ingin blog yang di buatnya mampu bekerja sebaik mungkin, aman dan bersifat interaktif sekaligus punya tampilan menarik. Dan tidak kalah penting yaitu dapat di kenali dengan mudah oleh mesin pencari.

Untuk memenuhi semua keperluan tersebut kita tentu dapat menggunakan berbagai macam plugin yang tersedia, baik gratisan atau berbayar.

wordpress icon

Baca juga: Cara membuat (website) blog gratis dengan wordpress

Berikut ini beberapa daftar plugin wordpress terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengoptimalkan blog agar semakin menarik dan fungsional:

Daftar plugin gratis

1. Jetpack

Jetpack merupakan plugin yang di ciptakan oleh pengembang utama platform ini dan bersifat all in one.

daftar plugin wordpress - jetpack

 

Fungsinya adalah menambah beberapa fitur pada blog wordpress (self-hosted). Dengan Jetpack, pengguna dapat mengatur dan menulis postingan sekaligus berinteraksi bersama para pemakai wordpress lainnya. Selain itu juga bisa saling jadi follower.

Fitur-fitur yang tersedia misalnya jika share dan like pada media sosial, di mana nanti apabila ada postingan baru akan di bagikan secara otomatis.

Fitur lain yang juga cukup bermanfaat antara lain form kontak, statistik, berlangganan email, CSS editing dan sebagainya.

2. Yoast SEO

Plugin yang di buat yoast ini dan dapat memberi bantuan kepada pengguna untuk mengoptimalkan performa dan tampilan situs pada search engine atau mesin pencari.

Baca juga: Cara memasang plugin wordpress dengan mudah

Fungsi lain dari Yoast adalah bisa membuat judul dan meta pada masing-masing postingan dan halaman secara lebih optimal.

daftar plugin wordpress - yoast seo

Perubahan terhadap berkas htaccess dan robot.txt, peta situs juga dapat Anda kerjakan dengan baik melalui plugin ini.

Yang pasti, segala jenis isu teknis SEO pada halaman (on page) dapat kita garap, apalagi jika memakai versi yang berbayar.

3. W3 Total Cache

Sesuai dengan namanya, W3 Total Cache berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan cache dalam blog, sehingga jadi lebih mudah dan cepat saat menampilkan.

daftar plugin wordpress - w3 total cache

Selain itu pemakaian bandwith juga akan semakin hemat, tentunya itu membuat blog Anda makin di sukai pengunjung dan mesin pencari.

Manfaat berikutnya, W3 Total Cache juga bermanfaatkan untuk memperkecil ukuran kode.

4. Autoptimize

Di lihat dari fungsinya, Autoptimize mempunyai manfaat hampir sama dengan W3 total cache. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan terutama dalam urusan teknisnya.

Apabila W3 total cache memaksimalkan penggunaan cache, Autoptimize lebih menonjolkan pengoptimalan terhadap posisi atau letak kode html, kompresi javascript dan CSS agar situs tampil lebih cepat.

daftar plugin wordpress - autoptimize

Fitur-fitur yang tersedia memang tidak begitu lengkap di banding W3. Namun jika Anda pakai, dampaknya akan terasa sangat besar, terutama pada kecepatan loading situs.

Karena itu banyak yang menyebutkan Autoptimize punya karakter agresif. Hanya saja yang perlu di ingat adalah, penggunaannya harus di lakukan secara hati-hati sebab ada kemungkinan beberapa fungsi (kode) JS/ CSS tidak berjalan dengan baik.

5. Smush

Manfaat Smush juga tetap sama, yaitu memaksimalkan kecepatan situs dan performanya.

Smush merupakan plugin dengan kemampuan mengoptimalkan gambar atau kompresi, sehingga jadi lebih ringan namun kualitas gambar tetap terjaga.

daftar plugin wordpress - smush

Setiap kali ada berkas gambar yang di unggah, secara otomatis akan di optimalkan oleh Smush.

Sedangkan untuk berkas yang sudah terlanjur kita unggah, sebelum plugin di instal, gambar tetap dapat di optimalkan melalui metode manual pada halaman Bulk.

Caranya, klik menu Media dan menu Bulk Smush It.

6. Akismet

Akismet adalah salah satu plugin bawaan wordpress, yang langsung terpasang saat CMS di instal. Plugin yang di ciptakan oleh tim Automatic ini sebenarnya merupakan bagian dari Jetpack dan memiliki fungsi sebagai penyaring atau filter spam yang pada umumnya di submit pada kolom komentar.

panduan bisnis online icon

Baca juga: Cara membuat post di WordPress

Tingkat keakuratannya sangat sempurna, bahkan mampu melakukan pendektesian terhadap bot comment. Komentar yang berisi paling sedikit 2 link akan langsung di keluarkan, karena di anggap sebagai spam.

daftar plugin wordpress - akismet

Setelah terpasang, Akismet tidak dapat langsung kita gunakan, pengguna harus memasukkan kode Api Key.

Kode ini di peroleh dengan membuat akun Akismet terlebih dahulu.

7. WPOptimize

Plugin terbaik selanjutnya yaitu WPOptimize yang memiliki manfaat utama sebagai mesin pengoptimalisasi pemakaian database dalam blog atau situs.

daftar plugin wordpress - wp optimize

Sistem kerjanya berjalan melalui pembersihkan data-data yang di anggap kurang penting dalam basis data. Jika sudah bersih, source database tentunya jadi lebih hemat.

Data ini biasanya muncul secara otomatis dalam bentuk Auto Draft, Post Revisions, komentar spam dan lainnya.

Untuk memakainya, dapat di jalankan melalui metode manual dengan cara mengklik menu Process pada halaman WPOptimize.

Selain itu kita juga dapat melakukan penjadwalan, sehingga plugin bisa bekerja secara otomatis.

8. Broken Link Checker

Broken Link Checker bermanfaat untuk mengecek link-link blog yang mengalami kerusakan.

Broken Link merupakan link menuju halaman yang tidak bisa di buka. Kondisi ini bisa terjadi karena ada kesalahan saat penulisan, sudah terhapus atau tidak pernah di perbarui.

daftar plugin wordpress - broken link checker

Apabila di biarkan, link jenis tersebut bisa menurunkan tingkat performa blog, SEO dan user experience (UX).

Hal ini kemudian akan berdampak pada penurunan ranking dalam mesin pencari.

9. Ithemes Security

Setiap pemilik pasti tidak ingin situsnya terkena serangan hacker atau orang jahil yang ingin mencoba masuk dalam sistem. Untuk itu, Anda bisa menggunakan plugin Ithemes Security.

daftar plugin wordpress - ithemes security

Bermanfaat dalam menciptakan sistem keamanan blog dari serangan DDos, Brute Force, injection, SQL dan sebagainya.

Selain itu, juga mampu melindungi database dan setiap berkas pada situs. Namun layaknya Autoptimize, Ithemes Security juga bersifat agresif, sehingga harus tetap berhati-hati dalam penggunaannya.

10. WP Sitemap Page

Berfungsi untuk membuat peta situs.

Plugin sangat mudah di operasikan dan memiliki manfaat sangat besar karena mampu menyediakan halaman khusus berupa daftar isi yang nantinya di pakai oleh pengunjung blog.

daftar plugin wordpress - wp sitemap page

Peta situs yang di hasilkan oleh WP Sitemap Page akan muncul setelah menempelkan shortcode.

11. Sumome

Berguna saat ingin membuat email list, menambah tombol share dan hal lain yang berhubungan dengan urusan interaksi sosial.

daftar plugin wordpress - sumome

Plugin berbayar atau premium

1. Premium SEO Pack

Salah satu plugin wordpress terbaik yang masuk dalam jenis plugin berbayar adalah Premium SEO Pack.

Segala sesuatu yang punya kaitan dengan urusan SEO, dapat di selesaikan olehnya. Selain SEO onpage, juga sangat bermanfaat saat ingin membangun backlink.

Fiturnya sangat lengkap dan terus di perbaharui. Beberapa di antaranya seperti SERP Tracking, Link Builder, Mass Optimization, Validator, Video Sitemap, Local SEO dan sebagainya.

2. Visual Composer (Page Builder For WordPress)

Plugin ini sangat berguna bagi yang ingin menciptakan tampilan lebih istimewa pada blog yang di buatnya.

Pemakaiannya sangat gampang, tinggal klik, drag and drop pada fitur tersedia.

Jumlah elemen yang dapat di manfaatkan untuk membuat dan mengatur halaman interaktif mencapai 40 jenis, bahkan lebih karena terus bertambah seiring dengan pembaharuan.

Masing-masing elemen ini ada dalam visual composer dan selalu punya tampilan desain yang sangat unik dan menarik.

3. WordPress Social Stream

WordPress Social Stream sangat cocok bagi pelaku bisnis atau siapa saja yang sering menggunakan media sosial namun tidak mempunyai waktu cukup untuk mengisi artikel dalam blog.

Plugin tersebut akan mengambil postingan dari media sosial lalu di terbitkan kembali ke dalam blog secara otomatis.

Situs media sosial yang terintegrasi ada lebih dari 15 jenis. Sedangkan feed content yang dapat Anda ambil atau terbitkan terdiri dari 60 pilihan.

4. Easy Social Share Button For WordPress

Merupakan plugin yang akan membuat pengunjung lebih cepat dalam membagikan konten ke jejaring sosial. Akan sangat cocok untuk para pelaku bisnis online atau mereka yang terjun dalam bidang pemasaran.

Ada 20 situs media sosial yang terintegrasi dan sudah lengkap dengan tombol.

Pilihan desainnya tidak saja banyak namun juga sangat unik. Selain itu lokasi sharenya dapat Anda tentukan sendiri (12 titik pilihan).

Kelebihan lain yang di miliki adalah pengguna dapat melihat metrik dari media-media sosial tersebut. Jadi evaluasi akan semakin mudah kita lakukan tanpa proses yang ribet.