Indonetwork.co.id (Tangerang) – Tak hanya menawarkan pengiriman ke seluruh pelosok nusantara. Ekspedisi satu ini juga menjadi specialis penyedia jasa pengiriman khususnya ke kota Dili ataupun wilayah lain di Timor Leste.

Bukan cuma dari Jakarta, menurut cerita, pihaknya juga kerap mendapatkan permintaan jasa ekspedisi dari Bandung, Surabaya dan kota lainnya. Jasa yang ditawarkan siap melayani pengiriman ke berbagai kota di Timor Leste.

Baca juga: Don Alex: Jalur Online Keputusan Tepat Untuk Besarkan Usaha

“Untuk saat ini, jasa yang kami tawarkan lebih spesifik yaitu area internasional terutama ke luar Indonesia seperti Timor Leste. Artinya, jasa yang kami sediakan hanya khusus ke negara tersebut,” ungkap Don Alex, Owner PT Mex Internasional.

Dirinya memulai usaha tersebut sejak tahun 1999. Awalnya, beliau berkantor di wilayah Tanah Abang, karena persaingan yang semakin tak terkendali, dirinya memutuskan untuk berkantor di rumahnya di wilayah Tangerang.

“Untuk menyimpan barang dalam kapasitas besar, kami juga memiliki gudang khusus. Menyediakan pula kontainer sebagai alat bantu pengirimannya,” ucapnya.

“Agar bisa memenangkan persaingan itu, kami mengedepankan ketepatan waktu dan berkomitmen menjamin keselamatan barang yang hendak dikirim,” pungkas Don Alex.

Buat dirinya, jenis usaha ini memiliki potensi yang luar biasa. “Asalkan berani memposisikan sebagai spesialis, Anda akan mudah dicari oleh konsumen. Jika ingin berada di depan, Anda harus berani menantang diri untuk bisa maju,” ujarnya.

Menurutnya, menjalankan bisnis ini tidaklah mudah, harus mengerti prosedural yang harus dipenuhi sebagai pihak penyedia jasa, apalagi menawarkan jasa pengiriman ke luar negeri.

“Saya membekali diri dengan standar operasional penyedia jasa berkelas internasional. Saya juga sudah mengantongi beragam perizinan dan sertifikat yang diminta oleh pihak imigrasi internasional ataupun pemerintah Indonesia,” tegas Don Alex.

Karena itu, pihaknya berusaha menjadi mitra terbaik bagi konsumen yang mempercayakan jasa yang ditawarkan. Terbukti, sejak memulai usaha tersebut, beberapa perusahaan besar kerap menggunakan jasa pengirimannya.

Sebut saja Telkomsel, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang mempercayakannya. Hingga kini, perusahaan tersebut kerap mengunakan jasa pengirimannya.

don Alex-indonetwork-dok2

Komitmen Jaga Hubungan Baik
“Saya berkomitmen untuk menjaga hubungan baik kepada semua perusahaan yang telah bekerjasama. Dengan begitu, kami memiliki track record yang baik di mata mereka,” ucap Don Alex.

“Bukan karena kebetulan, perusahaan tersebut melihat kami dari listing yang kami promosi secara online di Indonetwork. Tahun 2012, kami diberi kesempatan untuk menangani proyek milik Telkomsel,” jelas pria kelahiran Taibesi, 17 Juni 1967.

“Saya dipercaya karena menguasai pemahaman masyarakat setempat. Waktu itu, nilai proyeknya cukup fantastis. Bersyukur, berkat beriklan di Indonetwork saya mendapatkan proyek pengiriman itu,” ucap Don Alex sembari tersenyum.

Sejak saat itu kata Don Alex, tanpa harus menghabiskan waktu, banyak peluang yang didapatkan dari Indonetwork.  Tidak menutup kemungkinan, bila ada usaha sejenis (cargo atau ekspedisi) mereka selalu meminta bantuan dirinya.

Perusahaan besar yang telah mempercayainya tidak hanya Telkomsel, beberapa diantaranya adalah Ericsson dan Pertamina Indonesia. Setiap bulan mereka kirim barang ke Timor Leste minimal 1,5 ton.

Terkait itu, pelayanan terbaik selalu diberikannya untuk menjaga hubungan baik. Don Alex selalu memastikan keberadaan paket hingga sampai dilokasi.

“Mereka bisa mengetahui keberadaan posisi barang. Kami bisa memastikan kondisi barang itu dalam keadaan baik, karena kami menempatkan tenaga khusus di area-area tertentu. Misalnya di Bandara dan diperbatasan negara (Indonesia – Timor Leste),”kupasnya.

Tidak hanya perusahaan telekomunikasi, perbankan pun kerap menggunakan jasanya. Contohnya saja Bank BRI, Bank ANZ dan Bank Mandiri.

“Dari segi kepuasan yang diberikan, mereka selalu mengatakan pihak kami selalu memenuhi permintaan yang diinginkan. Misalnya saja waktu, kami berani memastikan untuk meyakinkan kepada mereka soal ketepatan waktu,” imbuh Don Alex.

“Saya berpegang teguh pada komitmen, hingga mereka mempercayai sebagai penyedia jasa pengiriman tersebut. Bukan hanya itu, pihak pemerintahan Timor Leste pun mempercayai jasa kami,” ucapnya bangga.

Untuk menawarkan jasa itu, dirinya sempat siapkan tujuh pesawat kargo untuk bisa mengantarkan permintaan barang yang mereka inginkan.  Lagi-lagi semua itu berkat bergabung menjadi member prioritas di Indonetwork.

“Harapan kedepan, semoga bisnis yang saya jalankan ini jauh lebih maju. Jasa pengiriman yang saya tawarkan ini, bisa menjadi perusahaan ternama dan terbaik di Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut Don Alex bercerita, sudah banyak hasil yang didapatkan sejak enam tahun menjadi member prioritas di Indonetwork.

Dedy Mulyadi