Indonetwork.co.id (Tangerang Selatan) – Pelaku usaha di wilayah kota Tangerang Selatan mendapatkan pencerahan yang positif. Lewat penjelasan Digital Marketing Workshop Indonetwork yang dilaksanakan di Hotel Shappire Sky, BSD City beberapa hari lalu.

Drg. Dahlia Nadeak, MKes, Kadis Koperasi dan UKM Tangerang Selatan mengatakan, untuk bersaing di era digitalisasi pelaku UMKM wajib melek teknologi.

“Agar bisa membangun dan membesarkan usahanya di era seperti saat ini, memasarkan melalui jalur online adalah pilihan cermat. Jika tidak segera menerapkan cara tersebut, sektor bisnis yang digeluti para UMKM sudah pasti akan kalah bersaing dengan pelaku usaha lainnya,” tegas Dahlia.

Baca juga: Indonetwork Ajak Pelaku Usaha Menangkan Bisnis Lewat Search Engine

Karena itu kata Dahlia, para pelaku usaha di wilayah Tangerang Selatan harus aktif berpromosi di dunia online. “Selain lebih efektif, berpromosi secara onlin bisa menjangkau pasar yang lebih luas,” pungkasnya.

Guna menciptakan kemandirian di sektor bisnis UKM, beliau juga menyoroti tiga hal kendala yang biasa dihadapi pelaku usaha terutama UKM. Masalah utama yang dihadapi adalah permodalan, packaging dan strategi pemasaran.

“Melalui Koperasi dan UKM di Kota Tangerang Selatan, pelaku usaha bisa dengan mudah mendapatkan modal usaha. Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi,” terang Dahlia.

Meski begitu kata beliau, Pemerintah melalui akan terus membantu untuk bisa bersaing. Sedikitnya di wilayah Tangsel terdapat 500 jenis koperasi yang bisa dimanfaatkan pemilik usaha.

“Dengan modal tersebut diharapkan para UMKM di kota Tangsel bisa bersaing dan berkembang, terutama memasuki era digitalisasi seperti saat ini,” kupas Dahlia.

“Jika mereka bisa memanfaatkan fasilitas yang kami tawarkan, pemilik usaha bisa mengembangkan bisnisnya. Tentu saja, mereka bisa mempertahankan dan bahkan bisa memperluas lini bisnisnya kedepan,” imbuhnya.

Dengan begitu kata Dahlia, sektor UKM di wilayah Tangerang Selatan akan berkembang pesat dan lebih mandiri. Perlu diketahui bahwa, sektor bisnis yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia salah satunya adalah UKM.

“Sektor ini menjadi perhatian khusus yang mesti digalakkan oleh pemerintah daerah seperti Tangerang Selatan. Ada ribuan UKM yang berada di wilayah ini. Karena itu, kami akan mendukung mereka untuk bisa mengembangan usahanya,” papar Dahlia.

Dedy Mulyadi