Ketika akan melakukan distribusi aliran ke konsumen tentu harus dilakukan pengukuran yaitu dengan menggunakan water meter. Alat ini dinilai cukup akurat untuk melakukan pengukuran aliran air. Lalu apa yang dimaksud dengan water meter.

Proses pengukuran dengan water meter ini dilakukan oleh perusahaan air minum atau industri yang terkait. Pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui distribusi air kepada konsumen. Kemudian melakukan perhitungan tagihan atas penggunaan air yang dipakai oleh konsumen.

Karena peranannya sangat penting, banyak perusahaan yang menjual water meter dengan berbagai ukuran. Misalnya perusahaan yang jual water meter ½ inch dengan harga yang sangat terjangkau.

Apa yang Dimaksud Dengan Water Meter?

Water meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur distribusi air ke konsumen dan berapa banyak air yang dipakai. Air yang dipakai oleh konsumen itu dipenuhi oleh water metering system.

water metering system adalah sistem pengukuran volume air yang berskala meter kubik (m3) yang dipakai oleh perusahaan air minum, bangunan komersial, dan perumahan.

Pengukuran ini dilakukan dengan cara mekanik dimana dalam perhitungannya masih manual. Dengan begitu perhitungannya masih akan ada kendala seperti ketidaksesuaian hasil pengukuran atau tidak terekamnya penggunaan secara realtime.

Tidak hanya itu, metode perhitungan tagihannya juga masih dilakukan secara konvensional. Akibatnya sering terjadinya tunggakan pembayaran dari konsumen dan perusahaan air minum berpotensi mengalami kerugian.

Baca juga: 4 TIPS MEMILIH WATER METER SUPAYA TAHAN LAMA

Smart Water Meter

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalah di atas adalah dengan menggunakan smart water meter. Alat ini berfungsi untuk mengukur volume air yang dipakai oleh konsumen secara otomatis. Kemudian datanya juga akan terekam secara otomatis pada server yang telah disiapkan.

Dengan kemampuannya tersebut, kita dapat menyesuaikan antara jumlah penggunaan air dan harganya. Terjadinya tunggakan pembayaran dari konsumen atau kelebihan bayar dari konsumen juga bisa diminimalisir.

Alat Smart water meter telah terintegrasi langsung dengan aplikasi mobile yang mempunyai pengoperasian prabayar dengan memakai token generator. Alat ini juga telah dilengkapi dengan valve yang bisa menutup secara otomatis jika saldo telah habis.

Menariknya lagi, smart water meter telah didukung oleh teknologi GPRS (2G/3G/4G), sehingga bisa menampilkan data secara realtime. Laporan juga akan tersimpan secara teratur baik harian, bulanan, atau tahunan dengan lebih akurat.

Baca juga: 5 JENIS POMPA AIR UNTUK KEBUTUHAN RUMAH TANGGA

Perbedaan Water Meter Mekanik dan Smart Water Meter

Lalu apa saja perbedaan antara water meter mekanik dan smart water meter? Berikut penjelasannya.

Water meter mekanik:

  • Tingkat kebocorannya penggunaan air tinggi karena data penggunaannya tidak akurat dan tidak realtime.
  • Perhitungannya masih secara manual, sehingga potensi terjadinya kesalahan sangat besar.
  • Tunggakan pembayaran dari pihak konsumen berpotensi sering terjadi.

Smart water meter:

  • Tingkat kebocoran penggunaan air bisa diminimalisir.
  • Penggunaan air dapat direkam secara realtime.
  • Valve akan tertutup jika saldo habis.
  • Perhitungan volume air dilakukan secara otomatis dan sudah terintegrasi.
  • Tidak akan ada lagi tunggakan dari konsumen karena pembayarannya memakai sistem prabayar dan bisa lebih hemat.

Dengan kecanggihannya tersebut, smart water meter tentu saja menjadi opsi yang tepat karena data penggunaan air lebih akurat. Selain itu konsumen juga tidak akan menunggak dan perusahaan tidak akan begitu dirugikan.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan water meter? Water meter yang dipakai ada dua jenis yaitu water meter mekanik dan smart water meter. Jenis water yang kedua tentu saja sangat direkomendasikan karena data penggunaan airnya lebih akurat.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks