Indonetwork, Otomotif Bearing atau bantalan adalah salah satu elemen mesin yang sangat vital. Ada beberapa komponen bearing mesin yang saling berkaitan. Di mana, keberadaannya sangat membantu antar mesin agar bekerja secara seimbang tanpa ada gesekan berlebihan yang bisa membuat mesin menjadi cepat aus.

Bearing dalam bahasa Indonesia disebut dengan laher. Elemen mesin ini memiliki beberapa jenis di antaranya, ball bearing, roll silinder, roll jarum, roll tirus, dan roll bulat. Bearing sangat dibutuhkan di industri otomotif. Seperti misalnya dipasang di as roda kendaraan agar tetap berputar pada sumbu porosnya, serta mendukung radial dan aksial beban. Kendati demikian, bearing juga diaplikasikan di industri lain meski persentasenya tidak sebanyak pada industri otomotif atau mekanik.

Nah, artikel kali ini ini akan menguraikan lebih lanjut mengenai fungsi, komponen, dan cara merawat bearing. Simak sampai habis agar lebih paham, yuk!

Baca Juga: Cara Kerja Alat Detektor Gas dan Jenis-jenisnya

Bearing Berfungsi untuk Apa?

fungsi komponen dan cara merawat bearing
Sumber: Unsplash/Mitchell Luo

Bearing berfungsi untuk mengurangi gesekan dari mesin atau alat yang berputar pada poros atau as. Bearing bekerja dengan cara membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin, sehingga poros atau shaft bisa selalu berputar terhadap sumbu poros dengan semestinya.

Karena berfungsi sebagai bantalan, maka bearing harus kuat untuk menahan mesin dan poros. Bearing sendiri terbuat dari material baja karbon tinggi (high carbon steel) dengan kandungan karbon sekitar 0,93 persen untuk meningkatkan ketangguhan.

Mengapa mesin yang berputar harus diberi bearing atau bantalan? Hal ini supaya tiap-tiap mesin yang tersambung dapat bekerja dengan baik, serta meminimalisir kerusakan karena mesin aus atau gerak yang tidak linier.

Komponen pada Bearing

komponen bearing
Sumber: ISB Sport

Ada beberapa komponen bearing yang saling melekat, yaitu:

Dua ring dengan jalur (raceway)

Pertama ring luar (outer ring) yang bentuknya besar, lalu ring dalam (inner ring) yang bentuknya lebih kecil. Ring ini berguna untuk menahan bola supaya berputar pada tempatnya. Ring ada yang terbuat dari material keras, seperti baja atau chrome. Namun ada pula material keramik dan plastik dengan temperatur dan tekanan tinggi.

Komponen yang berputar

Komponen ini berbentuk roller, bola, silinder, atau needle yang keras. Material dasarnya bisa dari keramik atau plastik khusus.

Cage

Disebut juga sarang atau rumah, komponen bearing mesin ini berfungsi untuk menjaga silinder atau bola agar tetap bergerak pada tempatnya, sehingga tidak saling bergesekan atau bertabrakan.

Seal

Komponen ini opsional karena tidak semua jenis bearing disertai seal. Namun, fungsinya dinilai cukup penting yaitu sebagai penutup supaya kotoran tidak masuk ke bearing, sehingga pelumas selalu dalam keadaan bersih.

Baca Juga: Pengertian Oil Seal, Kegunaan, dan Jenis-jenisnya

Cara Merawat Bearing pada Motor

cara merawat bearing mesin
Sumber: Unsplash/Benjamin Brunner

Karena bentuk bearing yang kecil dan terpasang di bagian mesin motor yang sulit dilihat, hal ini membuat orang kerap melupakan perawatan bearing. Meski begitu, bearing tetap memerlukan perawatan supaya keseimbangan motor tidak terganggu. Berikut beberapa cara merawat bearing motor yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Berkendara dengan pelan di jalanan rusak

Perlu Anda ketahui, bearing yang sering terkena benturan keras juga bisa cepat rusak. Hal ini bisa terjadi saat kendaraan menghantam lubang di jalanan yang rusak dan membuat bearing menerima tekanan lebih besar dari biasanya.

Bersihkan roda setelah melalui jalanan becek

Segera bersihkan bagian roda setelah berkendara melewati genangan air atau jalanan becek. Roda yang dibiarkan kotor dalam waktu lama akan menyebabkan seal bearing lekas rusak. Kerusakan terjadi karena pelumas yang terkikis hingga bearing menjadi berkarat.

Hindari membawa barang berat melebihi muatan

Pernah melihat kurir yang membawa paket barang overload di motornya? Hal ini sebenarnya juga turut memberi tekanan lebih pada bearing yang bisa memperpendek umur bearing.

Bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan menyeluruh

Untuk lebih yakin Anda bisa membawa motor ke bengkel resmi agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh. Anda bisa tahu bagaimana kondisi bearing dan cara mengatasinya bila terjadi kerusakan.

Itulah penjelasan mengenai fungsi, komponen, hingga cara merawat bearing mesin. Meskipun berukuran kecil, keberadaan bearing sangat penting dalam menjaga keseimbangan gerak dari mesin-mesin yang berputar.

Baca Juga: Apa Saja Kegunaan Plat Baja di Berbagai Industri?

Apabila Anda sedang mencari distributor bearing yang lengkap dan terpercaya, PT. Alva Fag Bearing Glodok bisa menjadi pilihan Anda. Perusahaan bearing tersebut telah berpengalaman menyediakan berbagai jenis bearing untuk keperluan industri dengan kualitas unggul dan harga terjangkau. Beberapa produk bearing yang mereka sediakan yaitu bearing taper roller, bearing ball roller, ASAHI bearing, lubricantes verkol, hingga oil seals.

Anda dapat menghubungi PT. Alva Fag Bearing Glogok via telepon atau langsung datang ke kantor mereka yang beralamat di LTC Glodok Lt. 2, Blok C41-1, Glodok, Jakarta Barat.

Enable Notifications OK No thanks