Indonetwork, Bahan Bangunan – Pintu baja merupakan inovasi terbaru dari industri interior. Pintu baja menggantikan peran pintu konvensional yang berbahan dasar kayu. Pintu baja tentunya memiliki banyak perbedaan dan keunggulan jika dibandingkan dengan pintu kayu konvensional. Ketika Anda menginginkan pintu baja namun dengan nuansa kayu, maka pintu baja motif kayu dapat menjadi solusinya. Pintu baja jenis ini menjadi tren yang digandrungi banyak industri mulai dari rumah, perusahaan, hingga ruang-ruang publik. Berikut ini ulasan manfaat dan keunggulan pintu baja motif kayu.

Keunggulan Pintu Baja Motif Kayu

1. Anti Rayap dan Tahan Api

Pintu berbahan kayu berpotensi besar dimakan oleh rayap. Rayap sendiri merupakan serangga yang berkelompok dan bersarang pada kayu. Sedangkan baja tidak bisa dimakan rayap, artinya tingkat keawetan dijamin lebih tinggi daripada pintu kayu. Pintu baja juga tidak bisa lapuk, berbeda dengan pintu kayu yang mudah lapuk. Biasanya, pintu baja memiliki fitur tahan panas dan api lebih dari 1 jam. Pintu ini juga memiliki bahan peredam yang berkualitas dan anti api sehingga dapat mencegah sebaran api. Tidak hanya itu, pintu baja dilengkapi juga dengan frame yang memiliki kemampuan fire proof gasket untuk menghilangkan suara benturan saat pintu dibuka-tutup.

baja ringan motif kayu
Sumber: Pintubajamotifkayu.com

2. Kokoh dan Tahan Lama

Pintu baja memiliki material yang lebih kuat daripada pintu kayu ataupun fiber. Pintu dengan bahan baku baja tentu akan menghemat pengeluaran karena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama daripada pintu kayu atau fiber. Dengan bahan campuran seperti mineral wool, TM board, honeycomb paper fireproof, dan glass wool menjadikan pintu baja lebih kuat dan kokoh. Lagi-lagi karena bahan dasarnya yang kokoh dengan beberapa motif seperti pintu baja motif kayu, maka akan menghemat pengeluaran untuk mengganti pintu kayu.

Motif Pintu Baja Ringan
Sumber: Idea.grid.id

3. Tahan Bentuk

Karena sifat alami kayu, semakin lama pemakaian pintu akan semakin menyusut dan mungkin saja melengkung. Akibatnya ukuran pintu akan berubah mulai dari ukuran kusen pintu. Sedangkan pintu baja tidak bisa menyusut dan melengkung dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan mempengaruhi pengeluaran dan masa penggantian pintu. Pintu baja juga tidak mudah dirusak atau dihancurkan. Bahan baja juga tahan terhadap berbagai cuaca.

4. Ramah Lingkungan

Penggunaan pintu baja tentu akan berdampak pada lingkungan dengan berkurangnya penebangan pohon yang digunakan sebagai pintu pada rumah maupun bangunan. Hal ini menjadi nilai lebih bagi pintu baja karena memiliki material yang lebih kokoh dan kuat namun tahan lama. Penggunaan pintu kayu lama kelamaan akan menghabiskan jumlah pohon yang akan berdampak pada lingkungan.

Baca Juga: CARA MUDAH MERAWAT PINTU BAJA MOTIF KAYU

5. Keamanan dan Teknologi

Pintu dengan material baja terbukti anti maling yang dilengkapi dengan sistem penguncian digital yang modern dan sistem pengamanan manual sehingga menciptakan rasa aman bagi penghuni bangunan. Penguncian digital sangat diperlukan apalagi di masa perkembangan teknologi. Hal ini juga akan memudahkan penghuni bangunan untuk memakai fitur yang ada di pintu baja motif kayu. Selain pengamanan, teknologi yang digunakan adalah teknologi terbaru yang bisa berfungsi untuk alarm otomatis dan membuka pintu  melalui Bluetooth atau koneksi wireless.

6. Desain yang Menarik

Jika ingin tetap mempertahankan nuansa tradisional, maka pintu baja motif kayu adalah solusi yang tepat. Memiliki ketahanan dan tingkat keawetan baja, namun dengan motif kayu klasik sehingga dapat diaplikasikan pada desain rumah yang tradisional. Pintu jenis ini juga tidak kalah dalam hal desain. Meski tidak memiliki tekstur kayu, nilai estetika seperti kayu tetap menjadi unggulan. Sementara pintu kayu hanya memiliki pilihan desain yang terbatas pada bentuk kayu tersebut.

Pintu baja motif kayu juga memiliki beberapa tipe permukaan sehingga dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Permukaan dasar atau polos cocok bagi Anda yang suka dengan gaya simpel dan minimalis. Kemudian untuk desain 3D cocok untuk bangunan seperti kantor. Desain seperti wave dan square modern juga tak kalah menarik. Tampilan yang unik dan menarik akan membuat pintu ruangan atau bangunan Anda lebih lebih fresh dan modern. Desain yang lebih futuristik tersebut dapat mempengaruhi psikologis orang-orang yang datang berkunjung untuk lebih berenergi dalam bekerja dan mengurus kepentingan-kepentingan lainnya.

Baca Juga: 8 DESAIN TERBAIK PINTU BAJA BERMOTIF

Jenis-jenis Pintu Baja Motif Kayu

1. Frame 3 Sisi

Desain dengan frame 3 sisi dibuat untuk pintu standar namun dijamin tetap kokoh dan tetap dengan desain yang elegan seperti pintu baja motif kayu. Tetap memiliki banyak kelebihan seperti menghambat api, panas, dan suara dari luar ruangan

2. Frame 4 Sisi

Desain pintu  4 frame menjadikan pintu tertutup rapat dan lebih kokoh tentunya. Dengan fitur menghambat asap, tahan api, tahan panas, dan kedap suara dari luar ruangan.

Itulah uraian manfaat dan keunggulan pintu baja motif kayu. Semoga menjadi manfaat bagi pembaca dan tentunya bagi Anda yang sedang mencari ide desain pintu untuk memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda berencana membeli pintu yang kuat dan aman dengan motif kayu tersebut kunjungilah ELPISDOOR INDONESIA yang menyediakan pintu baja motif kayu dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau. Bagi Anda yang berada di daerah Jakarta dan Jawa Barat, Anda bisa mendatangi langsung warehouse namun tidak perlu khawatir bagi Anda yang berada berada di luar Jakarta dan Jawa Barat karena perusahaan tersebut juga  melayani pengiriman melalui ekspedisi.

Author

Enable Notifications OK No thanks