Indonetwork, Peralatan IndustriVakum merupakan kondisi udara di suatu ruangan tekanannya sangat rendah tidak mencapai tekanan atmosfer. Kondisi vakum sangat penting bagi kelancaran kegiatan di beberapa industri, termasuk produksi semikonduktor dan pengujian peralatan elektronik. Untuk menciptakan vakum atau ruang hampa dapat dilakukan menggunakan vacuum pump atau pompa vakum.

Lalu, apa yang dimaksud dengan vacuum pump? Vacuum pump adalah alat yang berfungsi untuk menyerap udara atau molekul gas di dalam ruangan tertutup untuk kemudian dikeluarkan ke tempat terbuka. Proses pengeluaran gas tersebut akan membuat tekanan udara di dalam ruangan mencapai tingkat tertentu, umumnya tekanan atmosfer.

Tekanan atmosfer sendiri bernilai sekitar 100.000 Pa = 10E+5 dan merupakan kondisi tekanan yang diterima manusia hidup.

Umumnya, komponen pompa vakum terdiri dari kondensor, rotor, casing, inlet dan outlet, impeller, motor, katup pengatur, filter, dan manometer.

Cara kerja Vacuum Pump

rotary vane vacuum pump
Sumber: MTI Corporation

Alat ini menjadi salah satu alat industri yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses produksi dan sistem kinerja di suatu industri. Mulai dari industri elektronik, industri pemurnian oli, perusahaan pelapisan kaca dan coating, hingga pabrik alat kesehatan yang memproduksi alat-alat radiosurgery, radiotherapy, dan radiopharmacy.

Masing-masing jenis vacuum pump memiliki prinsip kerja yang berbeda-beda, mengikuti teknik yang digunakan untuk menjalankan pompa. Namun, kerja pompa vakum sangat didukung oleh kondensor.

Kondensor inilah yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara untuk dialirkan dan dikeluarkan dengan alat tersebut. Sehingga dapat menciptakan rangkaian alat atau ruangan dengan stabilitas temperatur yang terjaga dan mencegah terjadinya kavitasi atau muncul gelembung air di dalam pompa yang bisa meledak.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pompa untuk Kebutuhan Industri

Jenis-Jenis Vacuum Pump

Anda bisa menjumpai banyak jenis pompa vakum di pasaran. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara kerja masing-masing pompa vakum berbeda, sehingga pompa vakum untuk kebutuhan laboratorium pun berbeda dengan pompa vakum untuk industri.

Berikut beberapa jenis vacuum pump untuk kebutuhan berbagai industri:

Pompa Positive Displacement

Disebut juga pompa perpindahan positif. Pompa jenis ini menggunakan prinsip mekanis untuk memindahkan volume tetap gas atau cairan ke tempat lain, sehingga memungkinkan adanya penurunan tekanan vakum secara parsial.

Pompa memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan balik dan menghasilkan tekanan yang tinggi. Contoh pompa positive displacement yaitu pompa piston yang kerap digunakan di rumah tangga untuk mengeluarkan air dengan lebih deras. Pompa ini juga termasuk salah satu jenis alat laboratorium.

Pompa lain yang termasuk pompa positive displacement yaitu rotary vane pump, screw pump, liquid ring pump, dan multistage roots pump.

Pompa Momentum Transfer

Pompa jenis ini bekerja dengan menerapkan sistem jet fluida dengan kecepatan tinggi maupun kipas berkecepatan tinggi untuk bisa menghisap gas di suatu ruangan tertutup.

Pompa momentum transfer adalah jenis pompa yang bekerja berdasarkan Hukum Dinamika Fluida. Molekul fluida pada suatu ruangan bertekanan tertentu bergerak saling mendorong satu sama lain. Hal ini membuat masing-masing molekul fluida menciptakan aliran fluida.

Aplikasi pompa sentrifugal pun termasuk salah satu jenis pompa momentum transfer. Pompa tersebut mengalirkan cairan atau gas melalui pusat pompa lalu dipercepat ke tepi pompa oleh impeller yang berputar. Biasanya penggunaan pompa momentum transfer adalah untuk pompa vakum industri.

Pompa Entrapment

Pompa ini berfungsi untuk menghilangkan gas dari ruangan tertutup. Cara kerja pompa entrapment yaitu dengan memanfaatkan zat padat atau zat penyerap yang memiliki sifat adsorpsi atau kondensasi sebagai pengikat gas.

Biasanya, pompa entrapment digunakan untuk menghilangkan gas dengan tingkat reaksi yang sangat tinggi. Misalnya gas dalam proses semikonduktor atau gas residu dalam sistem vakum.

Beberapa pompa yang termasuk pompa entrapment yaitu pompa ionisasi dan pompa kimia. Karena itu, jenis pompa ini cocok sebagai pompa vakum kimia.

Baca Juga: Cara Merawat Pompa Air agar Tahan Lama

Demikian penjelasan mengenai fungsi, cara kerja, dan jenis pompa vakum. Dari ulasan di atas, ada berbagai macam jenis pompa vakum sehingga Anda perlu cermat dalam memilihnya. Selain memilih berdasarkan kebutuhan, pastikan untuk mempertimbangkan budget yang sesuai.

Bagi Anda yang sedang memiliki rencana bisnis atau produksi yang membutuhkan vacuum pump, Anda bisa mendapatkan produk tersebut di PT. Duta Pump Industri. Berdiri sejak tahun 2007, mereka adalah spesialis di bidang supplier pompa yang menyediakan Vacuum Pump, Liquid Ring Vacuum Pump, Centrifugal End Suction Pump, Hot Oil Pump, hingga Horizontal Multistage Pump.

Soal kualitas produk dan layanan tak perlu diragukan lagi, karena mereka merupakan pemain lama di bidangnya. Anda bisa menghubungi PT. Duta Pump Industri melalui via telepon atau datang langsung ke kantornya yang berlokasi di Perkantoran Bukit Gading Indah Blok TB No. 20, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Guna melengkapi pengalaman belanja, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk belanja berbagai peralatan untuk menunjang produktivitas kerja, peralatan rumah tangga, furnitur, aksesoris, spare part kendaraan, hingga alat elektronik. Indonetwork merupakan salah satu pioner marketplace B2B yang turut menyediakan layanan periklanan seperti pembuatan website dan toko online, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Belanja sekarang dan dapatkan penawaran harga terbaiknya!

Enable Notifications OK No thanks