Category

Budidaya

Category

Triawan Munaf Paparkan Ekonomi Kreatif di Forum MIKTA

Indonetwork.co.id (Wellington) – Memperingati 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Selandia Baru, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengikuti forum MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia). Triawan Munaf juga berkesempatan menjadi narasumber dalam seminar bertajuk “Indonesia – New Zealand 60 years on – Opportunities in the Digital Age,” di Wellington, Selandia Baru. Sejak didirikan tahun 2013, MIKTA telah menjadi forum konsultasi informal multilateral, sekaligus kolaborasi antar regional yang cukup unik, karena semua anggotanya adalah negara-negara anggota G20. Baca juga: Gandeng Denmark, Bekraf Buka Peluang Usaha Ekonomi Kreatif Indonesia “Forum ini harus menjadi peluang bagi Indonesia untuk saling belajar dan tumbuh bersama. Kami berkontribusi USD5,66 triliun untuk ekonomi internasional, meskipun secara ekonomi, sosio-budaya, dan politis sangat beragam,” kata Triawan. Selama Indonesia menjadi koordinator di MIKTA perhatian terhadap ekonomi kreatif adalah yang utama dengan mengangkat tagline “Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace”. “Kami percaya bahwa, ekonomi kreatif adalah…

On Air di Radio, Sejumlah Kepentingan Sepakat Bantu UMKM Go Digital

Indonetwork.co.id (Tangerang) – Untuk mendukung pelaku usaha Go Online, Heartline FM melalui Start up Channel mengulas peran di beberapa sektor bisnis yang berkaitan langsung dengan UMKM Indonesia. Peran UMKM sebagai penopang perekonomian kerakyatan yang kuat, menjadi fokus utama diskusi pagi ini. Karena itu, pihak radio Heartline FM menghadirkan beberapa narasumber yang kompensi sektor bisnisnya. Diskusi seputar bisnis pagi ini dipandu oleh Riama Silitonga dan Djoko Kurniawan. Adapun narasumber yang hadir diantaranya Fanky Christian, Founder StartSmeUp.ID yang juga Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta, Meddy H. Papinka selaku General Manager Indonetwork.co.id dan Hilda Satyadi. Project Director PT. Omni Ecomm Expo. “Dari sisi Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), kami berusaha menjadi wadah pengusaha Go Digital. Sehingga mereka dapat mudah berinteraksi dengan konsumen,” terang Fanky. “Kami memiliki program digitalisasi UMKM, berperan mendorong mereka melek digital, sekaligus mendukung program pemerintah menjadi negara digital di tahun 2020,” tegasnya. Menurut Fanky, memasuki era serba digital,…

Eddy Ganefo Ajak Pelaku Usaha Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Guna mempererat silaturahmi antar pelaku usaha, Kamar Dagang dan Indusitri (KADIN) Indonesia menggelar halal bihalal dan silaturahmi di Balai Kartini Jakarta, Minggu malam (8/7). Acara tersebut dihadiri Ketua Dewan Perimbangan Kadin Indonesia dan Ketua DPD RI Oesman Sapta, Ketua MUI KH Ma’ruf Amin, Mantan Menko Perekonomian yang juga mantan Ketua Umum Kadin Indonesia Rizal Ramli dan sejumlah pelaku usaha lainnya. Baca juga: Rizal Ramli Anjurkan Kadin Indonesia Perhatikan Pelaku UMKM Bukan hanya itu, hadir pula di acara tersebut tokoh Golkar Abdul Gafur, Soy Pardede, para Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Agro Industri Benny Pasaribu, dan Wakil Ketua Umum bidang energi, Yocki Hutagalung. Dalam kesempatan tersebut Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin Indonesia mengatakan, pihaknya berharap dengan  digelarnya silaturahmi ini tercipta suasana yang kondusif dalam dunia usaha di Indonesia. Dengan demikian, pelaku usaha dapat memperkuat bidang usahanya. “Kondisi ini harusnya pelaku usaha dapat memanfaatkan momen. Karena jika dilihat, infrastruktur…

Produk Makanan Minuman Indonesia Jajaki Pasar Nigeria

Indonetwork.co.id (Lagos, Nigeria) – Pameran Food West Africa yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Landmark Center, Victoria Island, Lagos, Nigeria membawa keuntungan bagi Indonesia. Selama gelaran itu, produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia berhasil meraup transaksi sebesar USD5,4 juta. “Keikutsertaan Indonesia di ajang ini merupakan strategi meningkatkan ekspor. Untuk itu, kami mengundang perusahaan mamin Indonesia agar dapat mengembangkan pasarnya ke Nigeria,” ungkap Bagus Wicaksena, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC). Baca juga: Perluas Jaringan, Indonetwork Siap Buka Agency di Berbagai Kota Pameran Food West Africa 2018 merupakan pameran terbesar di Afrika Barat, jumlah pengunjungnya mencapai 3.500 orang, diikuti 140 perusahaan sekitar 65% dari jumlah perusahaan yang menjadi peserta pameran berasal dari luar Nigeria. Selain mengikuti pameran, ITPC Lagos juga menyelenggarakan forum bisnis di kantor Benin Chamber of Commerce and Industry (BCCI), Cotonou, Benin. Kegiatan forum bisnis dilanjutkan dengan one-on-one business matching antara eksportir Indonesia dengan mitra bisnis yang hadir sebanyak 40…

Perluas Jaringan, Indonetwork Siap Buka Agency di Berbagai Kota

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Selangkah lebih maju, Indonetwork melakukan terobosan baru guna mempermudah para pengusaha memasarkan produknya secara online. Strategi ini dilakukan untuk menjangkau pelaku usaha di berbagai pelosok nusantara melek teknologi terhadap dunia online sebagai sarana promosi paling efisien di era saat ini. Untuk langkah awal, Indonetwork membuka jaringan khusus di wilayah kota Bandung dan Jawa Barat. Baca juga: Dongkrak Omzet Bulan Ramadhan, Indonetwork Tawarkan SEO Dan SEM “Perlu diinformasikan bahwa, per tanggal 4 Juli 2018, Indonetwork merekrut saudara Eling Wahyu Gunawan sebagai Agency Manager Bandung yang akan menjangkau pelaku usaha di wilayah Jawa Barat,” ungkap Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork. “Kami berharap, dengan bergabungnya Eling Wahyu sebagai Agency di wilayah Bandung dan Jawa Barat, pengembangan bisnis Indonetwork menjadi lebih luas,” paparnya. Menurut Meddy, selain membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara online, strategi ini dilakukan juga untuk menjangkau mereka (member Indonetwork) jadi lebih dekat. Baca juga: Indonetwork Dukung Program Kemendag, Promosikan…

Lima Brand Fesyen Indonesia Siap Ramaikan Streetwear Amerika

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Berusaha mendukung karya anak bangsa di bidang fesyen, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali mendapatkan dukungan pemerintah untuk memasuki kancah global. Dalam kesempatan ini, Bekraf bakal memfasilitasi 5 brand produk Indonesia di pameran streetwear terbesar Agenda Show, di Long Beach, California, Amerika Serikat pada tanggal 28 – 30 Juni 2018. Baca juga: Bekraf Hadirkan Puluhan Desainer di Pameran CASA Gelaran tersebut merupakan pameran fesyen khusus kategori streetwear, action sport, denim, footwear, surfing dan skate. Sejak digelar pertama tahun 2003, Agenda Show sudah dihadiri oleh lebih dari 10 ribu pengunjung dari berbagai negara diantaranya buyers, media, distributor dan influencers dari Amerika Serikat dan 50 negara lain di dunia. “Keikutsertaan ini mencerminkan salah satu upaya Bekraf untuk terus meningkatkan industi fesyen sebagai sektor unggulan ekraf di Indonesia,” kata Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak. Baca juga: Bekraf Edukasi 150 Pengusaha Startup Melek Permodalan Ia menambahkan, dengan dukungan ini diharapkan industri fesyen…

Gandeng APPBI, Kemendag Gelar Indonesia Kreatif di Mall Kokas

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk memperkenalkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Kecil Menengah (UMKM) lebih luas kepada masyarakat, terutama di tengah pusat perbelanjaan. Kementerian Perdagangan bersama (APPBI) Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia menggelar pameran Mall to Mall bertema Indonesia Kreatif 2018 di Mall Kota Kasablanka (Kokas). Dalam pembukaan event tersebut, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahja Widayanti mengatakan, selama ini banyak produk anak bangsa belum maksimal terpublikasikan. Sehingga, banyak masyarakat yang tidak mengetahui produk buatan anak bangsa. Baca juga: Kemendag Dukung Kerja Sama Perdagangan dengan Afrika “Sesungguhnya Indonesia memiliki produk hasil karya UMKM yang cukup bagus dan bernilai. Makanya, kami ajak mereka berpameran di Mall Kota Kasablanka,” ungkap Tjahja di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (17/5). Menurut Tjahja, pameran ini akan roadshow ke dua belas mall berbeda sesuai dengan tema, yakni mall too mall. “Pameran ini memasuki tahun ke empat yang digelar Kemendag. Hanya saja polanya berbeda dengan tahun sebelumnya,” paparnya.…

Pameran Gebyar Wisata dan Budaya, Eksplorasi Keindahan Nusantara

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Memasuki tahun ke-16, ajang memperkenalkan beragam keindahan alam dan budaya nusantara kembali segera digelar di Jakarta Convention Center, 10-13 Mei 2018. Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang hanya menyajikan obyek wisata tanah air dari Sabang sampai Merauke. Baca juga: Bagi Masyarakat Amerika, Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Nan Unik Oleh pihak  penyelenggara, event akbar tersebut diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2003 dengan tujuan antara lain mempromosikan objek wisata daerah di Indonesia seperti obyek wisata pegunungan, pertanian, lingkungan, seni dan budaya, sejarah, belanja, kuliner, pantai, kepulauan dan alam bawah laut ke masyarakat Indonesia dan internasional. Tak hanya itu, gelaran tersebut juga menyuguhkan beragam pilihan lokasi wisata terbaik dan terindah yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mencintai keindahan alam Nusantara. Sehingga, mereka dapat memilih berwisata ke berbagai daerah dari pada ke luar negeri. Pesta wisata ini juga ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisata,…

Bagi Masyarakat Amerika, Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Nan Unik

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Dalam memperkenalkan kopi di mancanegara, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan Roadshow KOPI pada tanggal 14-24 April 2018 di sejumlah tempat di Amerika dan Kanada. Selama 11 hari di berbagai lokasi yang dikunjungi, para delegasi Indonesia mereka menyajikan berbagai jenis kopi untuk dicicipi oleh para potential partner yang ditemui. Salah satunya adalah Roberto, Division Head of Roastery dari Cumaica Cafe di San Francisco. Baca juga: KOPI Indonesia Disambut Baik di Pasar Amerika Dan Kanada Dalam kesempatan itu Roberto mengatakan bahwa, dalam persepsinya kopi Indonesia cenderung “membosankan” karena kekhasan rasanya tidak berubah sejak dulu, “ini adalah suatu rasa yang baru dan tidak terduga,” ucapnya. Saat dipersilahkan meminum kopi Papua Monemani, Roberto memaparkan kekagumannya. Menurutnya, cita rasa kopi tersebut memiliki rasa yang berbeda dan unik. Baca juga: Dukung Pemerintah, GEM Hadirkan Pameran Sektor Energi Terbesar Sementara itu di lokasi acara Specialty Coffee Expo, Nick seorang trainer dari Specialty Coffee Association (SCA) yang…

KOPI Indonesia Disambut Baik di Pasar Amerika Dan Kanada

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk memperkenalkan kopi di mancanegara, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan Roadshow KOPI pada tanggal 14-24 April 2018 di sejumlah tempat di Amerika dan Kanada. Selama 11 hari hadir di berbagai lokasi seperti Los Angeles, San Francisco, Portland, Seattle, dan Vancouver, delegasi Indonesia berhasil menorehkan prestasi. Baca juga: Dukung Pemerintah, GEM Hadirkan Pameran Sektor Energi Terbesar CEO Kopi Spectrum (Indonesia), Tresna Yaniza Putra telah menandatangani kesepakatan bisnis pembukaan kedai kopi Indonesia di Portland dengan CEO Kopi Coffee House (Amerika) Joshua Lee. Selama Roadshow juga telah dilakukan penandatanganan kesepakatan co­-branding KOPI antara Perwakilan CEO Kopiku Michael Utama (Indonesia) dengan CEO Mr. Green Beans Trevin Miller (Amerika). Kedua penandatangan kesepakatan bisnis ini dilakukan di Paviliun Indonesia yang hadir dalam event Specialty Coffee Expo 2018 dan disaksikan oleh Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak di Washington State Convention Center, Seattle. Dua hari berselang, di Vancouver – Kanada juga dilakukan penandatanganan kesepakatan…