Indonetwork, BisnisProposal usaha merupakan sebuah dokumen tertulis yang memberikan informasi mengenai bisnis usaha yang akan dikembangkan atau dijalani oleh Anda sebagai pengusaha.

Biasanya, proposal ini ditujukan kepada calon investor yang akan mendanai sebuah bisnis. Melalui pendanaan ini, diharapkan sebuah bisnis ataupun usaha dapat terus maju dan berkembang.

Setiap bisnis memiliki isi maupun komponen (yang disertakan di dalamnya) berbeda-beda. Hal ini tergantung pada bisnis yang akan dijalankan. Apakah bisnis makanan, minuman, layanan, fashion, restoran, kontraktor, dan lain sebagainya.

Contoh Proposal Usaha Playground

Contoh Proposal Usaha Playground
Sumber: Pexels

Tidak hanya bisnis dibidang kuliner maupun fashion saja yang bisa mencari calon investor, lho! Bagi pelaku bisnis yang memiliki usaha playground, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan beberapa pihak melalui pengajuan proposal usaha.

Berikut contoh proposal usaha playground yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Judul

Pada bagian judul yang terletak pada halaman cover sebuah proposal disertai dengan logo dan nama usaha yang akan didirikan.

Judul untuk proposal usaha playground dapat Anda tulis dengan “Proposal Playground Indoor” atau “Proposal Playground Outdoor”. Untuk menarik calon investor, Anda pun bisa membuat judul Anda lebih bagus lagi, tentunya tetap dengan menyesuaikan usaha yang akan Anda tawarkan.

2.  BAB I atau Bagian I

Pada bagian ini, terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, yakni informasi bisnis, latar belakang bisnis, visi bisnis, dan misi bisnis.

Informasi mengenai bisnis yang harus Anda cantumkan adalah nama usaha, pemilik bisnis, kontak, dan rencana lokasi pendirian bisnis. Sementara, latar belakang berisi mengenai alasan Anda mendirikan bisnis tersebut.

Bagian visi merupakan tujuan pemilik usaha mendirikan bisnis dan bagian misi adalah cara-cara Anda dalam mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Berikut contoh struktur dari Bab I propsosal bisnis


BAB I
Informasi Bisnis

Nama Bisnis : Playground Negeri Dongeng
Pemilik Bisnis : Lingga Pratama
No. Telepon : 082333444555
Lokasi Bisnis : Jl. Mawar Melati No. 17, Braga, Bandung, Jawa Barat.

1.1 Latar Belakang

Playground Negeri Dongeng didirikan berawal dari keresahan pemilik bisnis ketika mendapati masih banyak anak-anak yang belum bisa berinteraksi ketika usia mereka yang seharusnya sudah memasuki waktu untuk berinteraksi. (dan seterusnya)

1.2 Visi Bisnis

Menjadi taman bermaian sekaligus wahana pembelajaran untuk mengembangkan sisi psikologis anak.

1.3 Misi Bisnis

    • Menyediakan layanan konsultasi psikolog
    • Memberikan berbagai penawaran harga dan diskon
    • Memberikan penawaran untuk bergabung menjadi member
    • Mendirikan bisnis pada tempat yang mudah dijangkau

Baca juga: 5 Ide Desain taman Bermain Anak Terbaik

3. BAB II atau Bagian 2

Pada bagian kedua, Anda bisa mencantumkan profil dan strategi bisnis.

Bagian profil bisnis dapat diisi dengan segala informasi yang mencerminkan bisnis Anda. Sementara pada bagian strategi adalah cara-cara yang akan Anda tempuh untuk menjalankan, mempertahankan, dan mengembangkan bisnis Anda.


BAB II
Profil dan Strategi Bisnis

2.1 Profil Bisnis

Playground Negeri Dongeng merupakan usaha wahana permainan anak yang akan didirikan di daerah Braga, Bandung pada tanggal 5 Januari 2022. Wahana permainan ini memberikan layanan permainan anak dengan konsep negeri dongeng. (Dan seterusnya).

2.2 Strategi

    • Menyasar target market bagi usia balita hingga anak-anak
    • Segmentasi harga bagi kalangan menengah ke atas
    • Membuka lokasi bisnis pada daerah-daerah strategis yang mudah dijangkau.

4. BAB III atau Bagian 3

Adapun hal-hal yang dibahas dalam bagian 3 adalah anggaran, meliputi modal usaha, harga jual, dan pembagian keuntungan.


BAB III
Modal Usaha

3.1 Modal Usaha

Playground Negeri Dongeng mengeluarkan dan membutuhkan modal usaha sebesar Rp50.000.000 untuk membangun wahana playground.

3.2 Harga Jual

Tiket Playground Negeri Dongeng dibanderol dengan harga Rp50.000 per orangnya dengan dengan jangka waktu bermain 5 jam dan gratis konsultasi awal dengan psikologi.

3.3 Pembagian Keuntungan

Investor akan mendapat pembagian keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapatkan.


5. BAB IV atau Bagian Penutup

Bagian ini dapat Anda isi dengan hal berikut:

Sekian proposal usaha dari Playground Negeri Dongeng, kiranya investor berminat untuk memberikan bantuan modal dan akan mendapatkan keuntungan dari hasil usaha Playground Negeri Dongeng. Terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga: Paket Usaha Playground Indoor dan Outdoor untuk Berbisnis

Beli Permainan Playground di Sini

Rekomendasi restoran dengan sarana outdoor playground
Sumber: Pexels

Selain meluangkan waktu di taman atau halaman sekolah untuk anak-anak bermain, Anda juga bisa membuat playground sendiri di halaman rumah ataupun di dalam rumah. Salah satu pabrik playground yang aman dan menarik adalah PT. Wahana Tirta Estetika.

PT. Wahana Tirta Estetika mampu membantu Anda dalam membangun playground outdoor maupun playground indoor dengan pilihan yang unik, variatif dan menggunakan kualitas terbaik. Dengan kerja tim professional, berpengalaman, serta didukung dengan ide kreatif dan inovatif, banyak proyek besar telah mereka tangani seperti apartemen, sekolah, hotel, hingga rumah hunian.

PT. Wahana Tirta Estetika juga menyediakan beberapa konsep menarik untuk desain playground Anda seperti klasik, kayu, tali, petualangan, ayunan, pengendara, dan lain sebagainya. Untuk melakukan pemesanan atau bertanya lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi nomor yang tertera pada WhatsApp mereka.

Untuk melengkapi pengalaman berbelanja Anda, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce Indonetwork untuk berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: