Indonetwork, Bahan Bangunan – Ketika Anda ingin membangun rumah terbaik, pasti Anda akan mempertimbangkan pilihan material apa yang cocok digunakan. Termasuk plafon rumah yang merupakan komponen penting dalam membangun dan melindungi rumah dari terik matahari dan derasnya hujan.

Jenis plafon juga sangat beragam sesuai dengan kebutuhan masing masing. Namun, terdapat dua material yang hingga saat ini bersaing secara kualitas dan harga yakni GRC board dan kalsiboard.  Dari segi harga, kedua material juga tidak terpaut jauh sehingga sangat bersaing di pasaran.

Kemudian apa saja yang menjadi perbedaan kalsiboard dan GRC? Temukan jawabannya di bawah ini!

Gambaran Umum GRC Board

aplikasi Glass Reinforced Concrete (GRC)
Sumber: Google

GRC atau Glass Reinforced Cement adalah plafon dengan bahan dasar serat dan semen. Bahan yang digunakan mempunyai bahan yang mirip beton namun lebih ringan. Ketika ada tulang baja di beton, fiberglass digunakan sebagai penguat di atap GRC.

Terkadang ada orang yang menyamakan plafon GRC dengan plafon plester, padahal sebenarnya keduanya berbeda.

Kelebihan GRC

GRC untuk konstruksi
Sumber: Ricard Engineering

1. Mudah dibentuk

Plafon GRC mudah dibangun karena sifat material yang fleksibel yang dapat mengikuti bentuk lengkung tertentu. Berkat campuran fiberglass, atap GRC tidak rapuh. Hal ini membuat Anda lebih leluasa dalam mendesain bentuk atap GRC tergantung konsep yang Anda inginkan.

2. Mudah dipasang

Karena permukaannya sudah rata saat pewarnaan melalui proses pengecatan, maka atap GRC tidak perlu melalui proses plamir atau proses meratakan permukaan yang akan dicat, dan tidak memakan waktu lama dalam proses pemasangannya. Bobotnya juga relatif ringan. Bayangkan plafon ini beratnya hanya 18 kg per meter persegi.

3. Harga terjangkau

Salah satu pertimbangan yang pastinya tidak akan Anda lewatkan saat memilih material plafon yakni harga. Nah, untuk masalah harga, plafon GRC tidak begitu mahal. Tiap ukuran 1,2 x 2,4 m dengan ketebalan 4 mm, material plafon GRC dijual sekitar 57 ribu sampai 58 ribu rupiah saja. Harga yang terjangkau dapat menjadi kelebihan produk GRC untuk diminati oleh konsumen saat ini.

Kekurangan GRC

1. Membutuhkan waktu yang lama saat pemasangan

Kerugian lain dari atap GRC adalah waktu perakitan yang lama. Atap GRC terdiri dari campuran serat tebal dan semen. Oleh karena itu, waktu pembuatan atau pemasangan atap GRC lebih lama dibandingkan dengan atap pada umumnya

2. Tidak semua tempat menyediakan GRC board

Distribusi dan keterbatasan masih menjadi kendala dalam penyediaan GRC board. Masih belum semua tempat mendapatkan suplai GRC board.

3. Sulitnya membuat GRC board

Pembuatan GRC board harus dilakukan dalam industri besar dan harus melalui penilaian oleh ahli serta memenuhi standar kualitas GRC board.

Baca Juga: Fungsi Bata Tahan Api Dengan Sifat Tahan Panas

Apa itu kalsiboard?

Membuat Rumah dari Kalsiboard

Kalsiboard adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir kuarsa dan serat selulosa. Bahan-bahan ini kemudian diproses dengan cara ini dan kemudian dikeringkan pada tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Hal ini membuat kalsiboard tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Kalsiboard memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik. 

Kalsiboard tidak hanya dapat digunakan sebagai atap datar, tetapi juga untuk produksi atap bundar atau melengkung. Dengan kata lain, dengan Kalsiboard, atap berbagai bentuk dapat dibuat tanpa melemahkan kekuatannya.Kalsiboard juga merupakan bahan bangunan yang tahan rayap, cuaca dan karat. Kalaupun ada noda air di bagian atas Kalsiboard, pengamplasan dan pengecatan ulang sudah cukup untuk memperbaikinya

Kelebihan kalsiboard

1. Awet dan tahan lama

Pada prinsipnya Kalsiboard juga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Atap ini bisa bertahan selama puluhan tahun tanpa kerusakan besar. Oleh karena itu, harga yang agak mahal ditutupi dengan masa pakai yang lama. Sehingga Anda dapat menghemat pengeluaran pada kemudian hari karena plafon kalsiboard yang awet

2. Pemasangan mudah dan cepat

Salah satu dari sekian banyak jenis Kalsiboard adalah Kalsiboard tertanam. Kalsiboard ini memiliki pinggiran yang lebih tipis, sehingga lebih mudah untuk dirakit. Hasilnya adalah luas permukaan yang sama dengan luas permukaan cakram. Bahkan tanpa sambungan, lembaran yang dikalsinasi terhubung dengan kuat.

3. Aman bagi kesehatan

Keunggulan Kalsiboard yang terakhir adalah bahan ini sangat tidak berbahaya bagi kesehatan. Kalsiboard mengandung asbes nol persen. Perhatikan bahwa asbes adalah salah satu penyebab kanker paru-paru. Adanya kandungan asbes juga mencegah papan berkapur agar tidak mudah hancur.

Baca Juga: Berapa Jumlah Batako Untuk Rumah Tipe 36?

Kekurangan kalsiboard

1. Harga cukup mahal

Dibandingkan dengan banyak bahan bangunan lainnya, Kalsiboard memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini tentunya karena bahannya yang kuat dan memiliki beberapa keunggulan, sehingga wajar jika harganya mahal. Seperti halnya pepatah “ada harga, ada kualitas”

2. Kurang baik dalam meredam suara

Kekurangan dari Kalsiboard adalah tidak mampu meredam suara dengan baik, sehingga suara yang datang dari luar atau dari seberang ruangan masih terdengar keras. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggunakan alternatif lebih banyak glass wool sebagai peredam suara ruangan

3. Tingkat kembang susun tinggi

Kekurangan terakhir dari Kalsiboard adalah memiliki kemampuan kembang susun yang tinggi. Ukuran pelat selip meningkat selama musim hujan karena strukturnya mengembang. Sebaliknya, ukurannya mengecil pada musim kemarau karena strukturnya yang menyusut. Hal ini terjadi secara cepat dan terus terjadi sehingga mempengaruhi sedikit penampilan Kalsiboard

Baca Juga: Perbedaan Nusaboard Dan Kalsiboard


GRC board dan kalsiboard merupakan material plafon yang cocok untuk Anda jika menginginkan plafon yang awet dan tahan lama. Dengan perawatan dan pembersihan yang rutin, maka plafon di rumah Anda akan terlihat bersih dan enak dipandang. GRC boar dan kalsiboard juga senantiasa melindungi rumah Anda semaksimal mungkin. Maka, pilihan plafon dapat Anda sesuaikan dengan mempertimbangkan perbedaan kalsiboard dan grc di atas.

Itulah informasi seputar perbedaan kalsiboard dan GRC. Anda dapat dengan mudah menemukan material kalsiboard, GRC, atau bahan bangunan lainnya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce terlengkap di Indonesia, kami memiliki banyak produk dari para seller-seller terpercaya. Segera buka websitenya dan temukan kebutuhan Anda!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks