Di masa yang serba modern ini, setiap hari jalanan selalu di penuhi oleh berbagai macam kendaraan, khususnya motor.

Jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu. Sebagaimana biasa, sang pemilik tentu ingin alat transportasinya tersebut selalu dalam kondisi bersih. Tapi sebagian di antara mereka tidak memiliki waktu (sibuk) atau merasa malas mencuci sendiri.

Prospek usaha cuci motor

Fakta ini merupakan sebuah kesempatan besar yang tidak boleh kita sia-siakan untuk membuka peluang usaha cuci motor atau kendaraan roda dua. Apalagi, sekarang banyak anggapan bahwa pekerjaan tersebut tidaklah menyenangkan.

Pola pikir seperti itu, justru menjadikan peluang usaha tersebut makin terbuka lebar untuk Anda tekuni dan kembangkan.

peluang bisnis online - usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Kondisi lain yang membuatnya menjadi semakin menjanjikan adalah struktur alam Indonesia. Ketika musim hujan, jalanan menjadi becek bahkan berlumpur, sehingga motor jadi mudah kotor. Sedangkan saat musim kemarau, berbagai debu dan kotoran beterbangan, pun menimbulkan dampak serupa.

Selanjutnya pada masa liburan, banyak orang khususnya anak muda, suka pergi berlibur dengan kendaraan bermotor karena di anggap lebih praktis dan murah. Setelah itu, tentu motor yang di gunakan juga akan mudah kotor dan harus cepat mereka bersihkan. Akibatnya, peluang usaha cuci motor makin laris dan sering di kunjungi oleh konsumen.

Tidak dapat kita pungkiri, memang sudah banyak pelaku bisnis tersebut kita temui di berbagai tempat, terutama sekitar kawasan perkotaan.

Akan tetapi bisnis ini tetap saja memiliki prospek masa depan cerah. Seperti yang telah di sebutkan di atas, jumlah pengguna motor terus bertambah. Resikonya pun tergolong sangat minim.

Perihal lokasinya sendiri, apalagi jika belum tersedia modal cukup besar, bisa Anda rintis dari rumah sendiri.

Selain lokasi atau lahan, kebutuhan lain yang perlu di siapkan adalah aneka macam peralatan cuci seperti hidrolik lift, tabung salju, kompresor, mesin steam air, selang, shampoo motor, lap dan lainnya. Untuk hidrolik lift, karena cenderung berharga mahal, sementara dapat kita ganti dengan papan dari kerangka besi.

Tips menjalankan jasa atau usaha cuci motor

ada beberapa syarat, serta strategi yang harus di jalankan demi kelancaran dan kepuasan konsumen. Simak penjelasan sebagai berikut:

1. Keterampilan

Standar dan teknik pencucian motor (termasuk membersihkan dan mengeringkan). Jangan sampai ada kesalahan yang bisa membuat cat motor jadi lecet, tergores, bahkan belang-belang.

Pengetahuan tentang mesin juga Anda butuhkan. Jika tidak memahami dengan baik, akan mengakibatkan mesin motor mudah rusak atau berkarat akibat siraman air.

Baca juga:  Peluang usaha makanan, kelebihan dan cara menjalankannya

Kuasai pula sistem pembukuan dan administrasi sederhana misalnya pengeluaran modal, biaya operasional dan gaji pegawai, belanja alat, jumlah pendapatan per hari, minggu, bulan dan seterusnya.

2. Penentuan lokasi

Penentuan lokasi merupakan faktor penting lainnya, karena memiliki pengaruh besar atas keberhasilan menjalankan peluang usaha cuci motor terutama jika tidak punya lahan sendiri.

Lokasi untuk membuka usaha tidak harus berada pada wilayah yang belum ada kompetitor. Persaingan pun tetap dapat di hadapi secara sehat dan cerdik serta tidak saling mematikan.

Selanjutnya perlu Anda perhatikan, apakah area tersebut sudah ada toko yang menjual berbagai perlengkapan cuci motor.

Catatan: Dapatkan segala kebutuhan usaha cuci motor di sini

Perlengkapan yang cepat habis atau rusak setelah di pakai seperti shampoo motor dan lap, harus terus tersedia. Jika jaraknya terlalu jauh, tentu akan berpengaruh terhadap operasional, waktu perjalanan serta biaya pengangkutan dan transportasi.

Kemudian, jika lokasi kurang begitu terlihat dari jalan besar harus di cermati pula, apakah bisa di pasangi spanduk atau papan nama usaha. Bertujuan agar calon konsumen dapat melihat dan menemukan lapak tersebut dengan mudah.

3. Komunikasi, pemasaran dan promosi

Melalui komunikasi terarah dan baik, secara umum calon konsumen pasti terdorong untuk mencoba apa yang di tawarkan pada mereka.

Komunikasi seperti itulah yang harus di jalankan ketika usaha cuci motor baru pertama kali Anda buka. Contohnya, adalah saat memberi diskon sebagai harga perkenalan, hadiah kejutan dan sebagainya.

Meski hanya berupa benda sederhana seperti pulpen murah, stiker atau gantungan kunci. pemberian hadiah seperti ini akan membuat konsumen merasa senang. Bahkan hadiah itu, bisa di jadikan sebagai media promosi dengan cara di bubuhi merek atau brand, alamat di sertai nomor telepon untuk di hubungi.

4. Kondisi ruang tunggu

Ruang tunggu jangan Anda isi dengan kursi panjang yang keras (terbuat dari kayu). Ganti dengan kursi duduk empuk nan nyaman untuk bersantai atau menyandarkan punggung.

Sebagian besar pelanggan, biasanya memilih waktu longgar untuk mencuci motor, misalnya sehabis atau sepulang kerja. Bisa saja pada jam-jam tersebut, lapak Anda di penuhi oleh mereka. Beda hal jika datang pada jam kantor, mereka akan menunggu sambil menghubungi rekan kerja atau relasi bisnis.

Sehingga kondisi ruangan dan tempat duduk yang nyaman, lebih mereka prioritaskan.

Sediakan pula media hiburan seperti majalah, koran dan bacaan ringan lainnya. Apabila ada modal lebih, silakan tambahkan pesawat televisi.

5. Kualitas hasil cucian

Unsur penentu berikutnya yang membuat peluang usaha cuci motor makin maju dan memiliki pelanggan berlimpah adalah kualitas hasil cucian motor yang bersih dan cemerlang.

Bagi seorang konsumen yang mengutamakan kualitas, biasanya tidak terlalu begitu peduli dengan masalah harga. Mereka akan kembali lagi (menjadi pelanggan tetap) apabila hasil cucian dapat memberi kepuasan maksimal.

6. Pelayanan ramah dan sopan

Selain produk utama, konsumen yang menggunakan layanan jasa selalu mempertimbangkan keramahan dan kesopanan dari pemilik usaha beserta para pegawainya. Unsur ini adalah aspek penentu terakhir atas keberhasilan bidang bisnis jasa apapun termasuk peluang usaha cuci motor.

Berdasarkan alasan tersebut, sang pemilik harus mau melatih diri dan semua karyawan agar senantiasa menonjolkan profesionalisme.

Penghasilan tambahan

Mungkin banyak dari kita tidak menyadari jika peluang usaha cuci motor dapat di gabungkan dengan bidang bisnis berkaitan lainnya semisal cuci helm.

Sama dengan motor, setelah di pakai hingga berulang kali, helm akan mudah kotor sehingga harus di cuci agar senantiasa bersih serta nyaman di kenakan kembali. Bahkan aktivitasnya harus sering di lakukan.

Kotoran tersebut tak cuma berasal dari debu, melainkan keringat yang muncul pada rambut dan kepala. Apalagi bagi mereka yang suka memakai minyak atau pengeras rambut.

Orang yang mau mencuci motor, secara garis besar akan tertarik mencuci helm miliknya pula. Hal itu memungkinkan, sebab menjadi lebih praktis dan tidak membuang waktu, tenaga untuk pergi menuju ke tempat lain.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari internet dan kreativitas

usaha cuci motor - infografik cara mendapatkan uang dari internet

Meski pangsa pasarnya tidak terlalu luas, bisnis ini tetap bisa kita andalkan untuk mendulang keuntungan. Apalagi jika berada pada lokasi serupa dengan tempat pencucian motor.

Aspek berikutnya yang membuat usaha cuci helm memiliki prospek menarik yaitu keluarnya aturan pemerintah yang menyebutkan pengendara motor harus mengenakan helm full face sesuai dengan standar SNI. Helm berjenis ini, tentu memerlukan perlakuan khusus baik dari sisi perawatan maupun kebersihan.

Peralatan yang di gunakan untuk membuka bisnis tersebut pun sangat sederhana, hanya terdiri dari sabun cuci khusus helm, vacuum cleaner, sarung tangan, sikat, mesin pengering dan parfum helm. Harganya tidak mahal, sehingga kebutuhan modal juga tidak terlalu besar.

Penempatannya dapat memanfaatkan ruangan sisa atau kosong (minimal 3 x 4 meter – sumber: Tulisbaca.com) di tempat pencucian. Tentu hal seperti ini sangat menguntungkan, karena pemakaian kapasitas lahan menjadi maksimal.

Terutama bagi pelaku yang lahan usahanya berstatus sewa. Keuntungan dari bisnis sampingan dapat kita pakai untuk menutup biaya penyewaan per tahun. Sebagaimana telah di jelaskan sebelumnya, masih ada bisnis lain yang bisa di jadikan pemasukan tambahan, sebagai contoh menjual minuman, atau makanan ringan.

Gambar utama: Laundryjakarta.com