Menurut penanggalan Tionghoa, tahun ini adalah shio ayam api. Beberapa sektor bisnis akan mengalami peningkatan “berapi-api”. Usaha yang paling menguntungkan tahun ini banyak di dominasi bidang api seperti restoran, cafe dan marketing.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kumala Dewi, seorang pakar fengshui. Tak hanya itu, bisnis berunsur logam masih pula memiliki peluang baik, seperti telekomunikasi, otomotif, manufaktur, online, IT dan teknologi.

Pilih Usaha Yang Paling Menguntungkan

Dari prediksi tersebut, setidaknya Anda bisa memetakan usaha yang paling menguntungkan tahun ini. Salah satunya adalah cafe dan restoran. Bisa kami katakan industri kuliner akan mengalami peningkatan di tahun ini.

Memulainya memang tidak mudah, perlu modal, tempat usaha, peralatan hingga ide dan inovasi. Sebagai bagian dari bisnis kuliner, restoran memang tidak pernah kehabisan pembeli.

Baca juga: Pilihan peluang bisnis saat ini guna meraih keuntungan berlimpah

Dalam memilih jenis usaha, di perlukan banyak pertimbangan seperti selera konsumen, potensi keuntungan, prospek bisnis hingga minat dari masing-masing pebisnis sendiri.

Seringkali “minat” di abaikan hanya demi keuntungan semata, padahal hal itu sangat penting dalam menunjang kesuksesan. Keterbatasan modal juga seringkali menjadi kendala. Salah satunya adalah menyewa tempat yang tidak murah.

Apalagi jika tempatnya ramai dan strategis seperti di pinggir jalan ramai, pasar dan pusat perbelanjaan.  Namun, halangan tersebut tentu tidak boleh menyurutkan niat kita untuk berbisnis.

Tidak harus bermodal besar, Anda bisa menjalankannya dengan modal kecil terlebih dahulu. Misal, membuat camilan atau makanan ringan. Pemasaran pun bisa di lakukan via online. Seperti prediksi sebelumnya, bisnis online juga berpeluang baik untuk meraup keuntungan tinggi di tahun 2017.

1. Bisnis pulsa dan paket data

Internet menjadi kebutuhan “primer” manusia golongan milenial saat ini. Hampir setiap saat orang tidak bisa melepaskan tangannya dari ponsel. Penetrasi ponsel telah merasuk ke dalam kebiasaan manusia modern.

Secara otomatis, kebutuhan pulsa dan paket data internet juga semakin meningkat. Peluang tersebut dapat Anda manfaatkan. Meski sudah banyak pemainnya, terkadang orang masih sering kesulitan mendapatkannya (dalam kondisi tertentu).

Padatnya aktivitas menyebabkan seseorang tidak sempat menemukan konter pulsa, maupun cuma sekadar memesan via online. Anda bisa mulai menjualnya secara kecil-kecilan dulu melalui teman kantor, teman kuliah, atau ke orang lain secara online. Bekerja sama dengan agen pulsa adalah salah satu cara efektif untuk berbisnis bidang ini.

Baca juga: Peluang usaha makanan, kelebihan dan cara Menjalankannya

Langkah selanjutnya adalah pemasaran dan promosi. Pertama, beritahukan pada kerabat bahwa Anda kini berjualan pulsa, sehingga saat di butuhkan, mereka cukup menghubungi kontak Anda.

Kedua, buatlah media promosi baik cetak maupun elektronik. Ketiga, berikan beragam promo dan harga menarik bagi setiap produk yang di tawarkan. Misalnya, jika membeli paket data 100.000, pelanggan akan mendapat diskon tertentu.

Sebagai bisnis yang berkaitan langsung dengan e-commerce, bisnis pulsa dan paket data di prediksi akan meraup kesuksesan tahun ini. Dengan gencarnya promosi, pelayanan prima, dan diskon menarik akan membuat pelanggan lebih banyak membeli melalui Anda.

Selain minim risiko, juga tidak membutuhkan modal besar. Kesulitan dalam mengoperasikan bisnis pulsa pun hampir tidak di temui.

2. Toko kelontong selalu ramai pembeli

Walau keliatannya biasa saja, toko kelontong memiliki prospek nan cerah. Keuntungannya memang tidak terlihat besar, namun selalu di butuhkan oleh masyarakat sekitar. Setiap hari toko kelontong tak pernah sepi pembeli.

Barang-barang kebutuhan sehari-hari selalu di cari dan laku. Perputaran barang juga cenderung cepat, potensi kerusakan, kadaluarsa, atau tidak laku cukup rendah.

Memulai toko kelontong tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan modal, tempat, dan sistem perdagangan . Modal yang di perlukan memang tidak bisa kami bilang sedikit, tapi juga tidak terlalu besar.

Setelah itu, tentukan lokasi strategis untuk berjualan. Lahan strategis adalah faktor penting dalam sebuah bisnis, terutama bisnis perdagangan.

peluang usaha rumahan

Baca Juga: Peluang usaha rumahan dengan untung besar

Ketika modal dan lokasi sudah di dapatkan, Anda harus menentukan sistem manajemen perdagangan. Sistem ibarat roh, tanpanya bisnis akan berjalan tanpa arah. Sehingga mustahil dapat meraih kesuksesan.

Contohnya antara lain, pencatatan barang masuk dan keluar, pencatatan arus kas, hingga penentuan diskon. Semuanya harus tertata dan kita perhitungkan dengan seksama. Manajemen dan sistem yang buruk akan berpotensi meruntuhkan usaha.

Pada dasarnya, toko kelontong juga termasuk ke dalam bisnis pemasaran. Meskipun secara kasat mata terlihat seperti bisnis ritel (penjualan langsung). Penggunaan prinsip pemasaran tetap pula di gunakan, sehingga pembeli tertarik dengan produk dagangan.

Penataan barang, bentuk atau dekorasi, hingga kebersihan toko adalah sedikit dari berbagai bentuk pemasaran. Faktor-faktor tersebut sangat memengaruhi minat konsumen.

3. Usaha kuliner

Bisnis paling “berapi-api” selanjutnya adalah kuliner. Kegiatan makan, sekarang bukan sekadar memenuhi kalori harian. Makan menjadi salah satu ajang penguat silaturahmi, refreshing, hingga petualangan rasa.

Baca juga: (Survei Facebook) Mengapa Generasi Millennial Tak Setia Terhadap Merek

infografik - generasi millenial

Mencoba panganan baru menjadi aktivitas yang menyenangkan sembari menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Aktivitas tersebut kerab kita sebut sebagai wisata kuliner, yang menjadi populer seiring dengan menjamurnya cafe, warung, hingga restoran-restoran baru.

Peningkatan minat wisata kuliner merupakan peluang emas untuk berbisnis makanan. Anda bisa mencoba beragam kreativitas, dengan biaya yang tidak terlalu besar. Bekerja sama dengan rekan atau kolega juga merupakan pilihan menarik. Ide bisa kita bagi dan diskusikan dengan lebih baik. Modal pun bisa di tanggung bersama-sama.

Tingginya minat masyarakat untuk kulineran memang peluang emas, tetapi jangan lupa dengan kompetitor.

Pemainnya sudah sangat banyak. Anda harus berkompetisi untuk merebut hati konsumen agar mereka lebih memilih restoran kita. Ide baru harus terus di temukan, inovasi terus di gali, dan kreativitas tanpa batas menjadi kunci kemenangan.

Kompetisi antar pebisnis kuliner adalah tantangan terberat. Di perlukan kemampuan khusus dan naluri seorang entrepreneur, kejelian melihat peluang dan kemampuan membaca selera pasar adalah beberapa hal wajib di miliki sang pelaku, untuk menetapkan strategi.

Tanpa strategi, bisnis akan berjalan stagnan, monoton, dan statis. Usaha dengan pola demikian akan sangat mudah tergilas oleh kerasnya persaingan.