Kategori

Peluang Usaha

Kategori

Jaring Pembeli Internasional, TEI 2017 Targetkan 1.100 Peserta

Indonetwork.co.di (Jakarta) – Pameran dagang internasional terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 siap digelar dengan menargetkan nilai transaksi sebesar USD 1,1 miliar. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda optimistis target ini akan tercapai, mengingat pelaksanaan TEI ke-32 ini menawarkan fasilitas pameran yang lebih baik lagi. Baca juga: TEI 2017 Siap Dongkrak Pertumbuhan Industri Indonesia “Dengan lokasi baru, diharapkan penyelenggaraan TEI menjadi lebih baik lagi. Tampilan dan zonasi produk akan tertata lebih baik dan menarik sesuai standar pameran internasional, begitu juga dengan kenyamanan bertransaksi dan bernegosiasi,” tegas Arlinda. Event itu akan dilaksanakan pada 11-15 Oktober 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, ditargetkan menjaring 16.000 pembeli internasional dan 1.100 peserta pameran. Mengusung tema “Global Partner for Sustainable Resources”, TEI kali ini menggambarkan kesiapan Indonesia menjadi mitra penyedia sumber daya berkesinambungan bagi pelaku usaha dunia yang ingin menancapkan kuku di kancah perdagangan global. Menempati area…

Triwulan II Tahun Ini, Industri Komputer Mengalami Pertumbuhan Tertinggi

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Tak hanya industri manufaktur berskala besar maupun sedang yang mengalami pertumbuhan positif, produksi industri manufaktur berskala mikro dan kecil pun mengalami pertumbuhan yang sama. Memasuki triwulan II tahun 2017 produksi industri tersebut mengalami kenaikan sebesar 2,50 persen terhadap triwulan II tahun 2016. Baca juga: Secara Kumulatif, Nilai Ekspor Indonesia Hingga Agustus 2017 Melesat Pertumbuhannya disebabkan oleh naiknya produksi industri komputer, barang elektronika dan optik sebesar 35,43 persen, industri kertas dan barang dari kertas sebesar 23,37 persen, serta industri mesin dan perlengkapan yang tidak termasuk dalam lainnya sebesar 22,26 persen. Selain mengalami kenaikan, beberapa jenis industri justru mengalami penurunan produksi diantaranya adalah industri pengolahan tembakau turun 14,32 persen, jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan  turun 7,96 persen, serta industri peralatan listrik turun 7,21 persen. Menurut data analisa Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS). Pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil triwulan II tahun 2017 naik sebesar 1,64 persen terhadap…

Pertumbuhan Industri Manufaktur Triwulan II 2017 Naik 4 Persen

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), sejumlah industri manufaktur berskala besar maupun sedang mengalami pertumbuhan positif. Analisa BPS mengurai, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan II tahun 2017 naik sebesar 4,00 persen (dalam setahun) terhadap triwulan II tahun 2016. Baca juga: Berdayakan Industri Logam Pemerintah Sarankan Penggunaan Produk Lokal “Kenaikan tersebut terutama disebabkan oleh naiknya produksi industri barang logam, bukan mesin dan peralatannya, naik 10,86 persen, industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, naik 9,21 persen,” ucap Kepala BPS, Suhariyanto. Sedangkan untuk industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia menurutnya, naik 8,98 persen. Sementara itu, jenis-jenis industri yang mengalami penurunan produksi adalah industri pengolahan lainnya, turun 10,53 persen, industri minuman, turun 8,26 persen, dan jasa reparasi, pemasangan mesin juga peralatan, turun 7,57 persen. Lebih lanjut Suhariyanto mengatakan, pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan II tahun 2017 naik sebesar 2,57…

UKM Go Online Dapat Tumbuh 80% Lebih Cepat

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Memasuki era yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak pebisnis memanfaatkan teknologi pendukung. Internet menjadi salah satu hal penting terutama dalam pemasaran. Bahkan, pemanfaatan teknologi tersebut kini telah menjadi tren yang tidak bisa dibatasi penggunaannya. Berdasarkan data analisa Google Indonesia, pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. “Hingga Juli tahun 2017, penggunanya tercatat 133 juta dan diperkirakan akan tembus 153 juta hingga akhir tahun. Artinya penetrasi pengguna internet ditanah air telah malampaui 51%,” ungkap Karim Sulisto, Partner Enablement Manager Google Indonesia. Baca juga: Pelaku Bisnis Ajak UMKM Manfaatkan Strategi Marketing di Era Digital Menurut Karim, dari angka 133 juta, 92 juta diantaranya merupakan pengakses internet yang menggunakan smartphone dan 69% terdata sebagai pengguna internet pertama pemakai smartphone. “Bukan hanya itu, pertumbuhan penggunanya pun mengalami kenaikan mencapai 15% setiap tahunnya,” paparnya. “Persentase tersebut tentunya akan terus meningkat melihat tren digital telah merambah ke berbagai kalangan masyarakat, termasuk para…

Gandeng BI, Bekraf Perkenalkan Si Apik Kepada UKM di Palembang

Indonetwork.co.id (Palembang) – Sukses membekali pengelolaan keuangan di kota Makassar, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan Asistensi Pencatatan Informasi Keuangan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kreatif di Palembang. Kali ini, 100 pelaku ekraf dari alumni kelas manajemen keuangan dan binaan kedeputian Bekraf menjadi pesertanya. Asistensi ini dilaksanakan di lima kota, yaitu Palembang, Denpasar, Lampung, Mataram, dan Makassar. Acara tersebut merupakan lanjutan dari kelas manajemen keuangan dalam rangka bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan kebijakan dan permodalan ekonomi kreatif perbankan konvensional. “Bekraf mengharapkan para pelaku ekraf paham manajemen keuangan yang baik dan bisa menerapkannya pada usaha kreatif mereka, termasuk pencatatan keuangan dan laporan keuangan usaha,” ucap Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma. Dalam kesempatan itu, Bekraf mengundang Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Palembang untuk hadir memberikan sambutan. Adapun narasumber lain yang dihadirkan yaitu praktisi keuangan, Hari ‘Soul’ Putra, trainer SI APIK, Akhmad Jaironi, dan perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil…

Supaya Omzet Melesat, Pengusaha Harus Mampu Kelola Data Konsumen

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Sebagai pengusaha ritel berskala kecil maupun besar sekalipun yang konsen membesarkannya dengan sistem online, data konsumen merupakan sesuatu paling berharga untuk keberlangsungan usaha. Dari dari tersebut, seharusnya pebisnis bisa mengolah dan memanfaatkannya dengan baik. Hal terpenting adalah memanfaatkannya untuk meningkatkan omzet. Dalam berbagi kesuksesan, TJ Tham, Head of GrabBike Indonesia mengatakan, banyak pengusaha yang tidak menggunakan data dan selalu memiliki alasan tidak adanya traffic penjualan. Baca juga: Pelaku Bisnis Ajak UMKM Manfaatkan Strategi Marketing di Era Digital “Karena minim data konsumen, jangan berharap banyak bahwa capaian transaksi usaha Anda akan melejit sesuai harapan,” ucapnya. “Bagi kami, untuk mendongkrak penjualan data sangatlah penting. Oleh sebab itu, harusnya data tersebut dapat dirawat dengan baik. Jika mereka (pengusaha) memiliki data, meski leads kurang banyak, mereka tidak akan kesulitan mendapat klien,” papat TJ. Cara lain untuk meningkatkan omzet tanpa menambah klien bisa dengan cara memperbanyak repeat order. Termudah adalah melakukan tracking data, kebutuhan…

Pelaku Bisnis Ajak UMKM Manfaatkan Strategi Marketing di Era Digital

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, pertumbuhannya pun meningkat setiap tahunnya. Selain mendorong perekonomian, UMKM juga mampu menyerap banyak tenaga kerja. Tingginya kreatifitas masyarakat Indonesia dalam membangun usaha tersebut terlihat dari beragam jenis produk UMKM, seperti pakaian, makanan, cendramata khas daerah, tekstil, keramik dan lainnya. Baca juga: Waralaba Indonesia Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global Seiring dengan pertumbuhan yang terus meningkat, hal tersebut melahirkan tantangan bagi pelaku usaha UMKM untuk bersaing di pasar global. Salah satu tantangannya adalah kemampuan para pelaku usaha dalam memanfaatkan strategi dan aktivitas pemasaran berbasis digital. Pelaku usaha tak hanya dituntut untuk mengenal digital tapi juga mampu menguasai sarana pemasaran di ranah digital secara strategis. Dalam hal ini, Novaon Indonesia, digital marketing agency berbasis di Vietnam juga merupakan Google Premier Patner memiliki tujuan untuk menciptakan kesuksesan bagi perusahaan dengan menggunakan media online dan teknologi di area digital ini.…

Langkah Sukses Sugiyono Ciptakan Produk Dalam Negeri

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Buat pria satu ini, merintis suatu usaha bukanlah perkara mudah. Untuk bisa mewujudkan mimpi, butuh perjuangan ekstra. Lewat kegigihan dan kerja keras, dirinya tidak pernah berhenti meniti masa depan. Sebut saja Sugiyono, pria kelahiran Yogyakarta ini kini lebih mantap menjalankan usahanya. Bukan hanya menjual beragam kebutuhan alat konstruksi dan mesin berskala besar, kini dirinya memposisikan sebagai distributor specialist di segmen itu. Menurut cerita, dirinya datang ke Jakarta pada tahun 1990, awal karirnya ia lakoni sebagai sales mobil. Karena mempunyai jiwa bisnis, Sugiyono mulai membentuk relasi. Hanya saja, saat itu dirinya belum memiliki nyali untuk melangkah lebih maju. Baca juga:  Peredam Mesin Berkualitas Karya Anak Bangsa Ini Siap Mendunia “Saat itu, saya masih membutuhkan proses dan waktu untuk berfikir lebih matang hingga akhirnya saya memutuskan terjun ke zona ini sebagai pelaku usaha,” ungkap Sugiyono Sales and Marketing Director CV. ProTech Service Indonesia. Dalam benaknya saat itu, dirinya hanya…

Waralaba Indonesia Diharapkan Dapat Bersaing di Pasar Global

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Untuk turut memasarkan produk kreatif berbasis budaya lokal, pelaku waralaba di Indonesia diharapkan dapat bersaing di pasar global dalam rangka memperkenalkan maupun memasarkan produk yang dimilikinya, baik di Indonesia maupun mancanegara. Saat dijumpai di sela-sela gelaran Indonesia’s Biggest Business Expo di Jakarta. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno, mengatakan waralaba bukan saja peluang usaha, tapi bertujuan mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM). Baca juga: Bekraf Siap Rangkul Pebisnis Kuliner Go Internasional Sekadar info, Indonesia’s Biggest Business Expo mencakup tiga event akbar, yaitu The 15th Edition of Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2017, Cafe & Brasserie Expo Indonesia (CBI), dan Retail & Solution Expo Indonesia. FLEI 2017 disebut sebagai gerbang bagi para pemilik waralaba dan merek dalam negeri yang ingin mengembangkan usahanya ke seluruh Indonesia dan go international. Tak hanya itu, FLEI tahun ini juga menjadi ajang bagi pemain waralaba internasional, pemegang merek, dan lisensi yang…

Bekraf Dukung Indonesia Sebagai Tamu Kehormatan di Festival Europalia

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Indonesia dengan bangga menyampaikan keikutsertaannya sebagai ‘Negara Tamu Kehormatan’ sekaligus sebagai negara Asia Tenggara (ASEAN) pertama di ajang festival seni budaya multi disiplin bergengsi terbesar di Eropa. Adapun gelaran bergengsi bertajuk EUROPALIA 2017, rencananya akan berlangsung dari 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. Keikutsertaan Indonesia ini diresmikan melalui acara peluncuran Festival Seni Europalia Indonesia yang ditandai dengan peresmian oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Baca juga: Bekraf Siap Rangkul Pebisnis Kuliner Go Internasional Bukan hanya itu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Agus Sartono, Kementerian Pendidikan dan Budaya yang diwakili oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Faridj, turut serta meresmikan. “Ini adalah agenda nasional untuk kebanggaan bangsa. Saya percaya, bangsa ini akan menang dalam bersaing dengan culture atau ekonomi kreatif lainnya,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutannya. Sejak 1969, Europalia telah menyelenggarakan…