Category

Panduan

Category

Jika Ingin Maju, UMKM Harus Cermati Pentingnya Pemasaran Online

Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi yang subur akan tumbuh kembangkan UMKM memilih jalur online, sebagai pemasaran paling efektif di era serba digital saat ini. Dari data analisa Dinas Koperasi dan UMKM DIY, hingga kini pelaku UMKM di provinsi Yogyakarta telah mencapai sekitar 174.000. Namun, mereka yang baru ‘tersentuh’ lewat edukasi pemasaran secara online sekitar 3000 UMKM. Untuk itulah, peran media online berpotensi sangat besar dalam mengedukasi para pelaku usaha memperkenalkan wadah promosi secara online. Baca juga: Hipemi Yogya: Pemasaran Digital Sangat Penting Untuk Jaring Konsumen Menurut Kepala Bidang UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM DIY Agus Mulyono, memang saat ini dominasi pelaku UMKM di Yogyakarta masih dalam skala mikro. “Mereka masih belum percaya diri dengan produknya padahal produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang luar biasa,” ungkapnya kepada indonetwork.co.id. “Apalagi untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produknya secara online. Butuh waktu untuk bisa mengalihkan cara pemasaran mereka ke pasar online,” terang Agus.…

Roadshow E2E Commerce di Yogyakarta Ajak UKM Perluas Pemasaran

Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Sukses menggelar di bandung, Roadshow E2E Commerce Indonesia kembali digelar di Yogyakarta. Bertempat di UGM Club, PT. Omni Ecomm Expo selaku penyelenggara menghadirkan sejumlah pembicara di berbagai sektor bisnis. Antusiasnya cara tersebut dapat terlihat dari jumlah pelaku yang hadir. Tercatat lebih dari 150 pelaku UKM di Yogyakarta mengikuti gelaran tersebut. Baca juga: Indonetwork Akomodasi Kebutuhan Promosi Pelaku Usaha di Jateng Roadshow E2E Commerce Indonesia kali ini, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Kepala Bidang UMKM Yogyakarta, Agus Mulyono ST. MT, sekaligus memberikan kata sambutan yang meriah dalam pembukaan roadshow tersebut. Menurut Hilda Satyadi, Project Director PT. Omni Ecomm Expo, gelaran E2E Commerce Indonesia tahun ini diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM memasarkan tak hanya pasar lokal tapi juga pasar global. “Ajang E2E Commerce Indonesia yang bakal di gelar pada bulan Oktober, para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan momen tersebut menjadi peluang yang potensial,” terang Hilda. Baca juga: Indonetwork…

Indonetwork Akomodasi Kebutuhan Promosi Pelaku Usaha di Jateng

Indonetwork.co.id (Jateng) – Tumbuh suburnya UMKM dan menggeliat sektor bisnis industri di Jawa Tengah (Jateng) sekarang ini, rupanya mampu menarik minat pelaku usaha lainnya untuk ikut serta bersaing di pasar global. Menurut data statistik wilayah Jawa Tengah, di bulan Maret 2018 pertumbuhan UMKM mencapai 4 jutaan lebih. Pelaku usaha terbanyak berada wilayah di Banyumas. Artinya, ekonomi kerakyatan melalui UMKM mampu unjuk gigi di Jateng dengan support pemerintah daerah dan perbankan. Baca juga: Indonetwork Siap Bantu Entrepreneur Muda Kota Medan Go Online Menurut Sas Ariyanto, Agency Manager Indonetwork Perwakilan Jawa Tengah, selain kuliner khas, jenis usaha yang berkembang di Jateng diantaranya kerajinan batik, konveksi, makanan ringan dan produk kebutuhan sehari-hari. “Tak hanya bisnis kuliner, saat ini pengusaha lokal di Jateng juga sedang gencar berekspansi ke bisnis properti, pengembangan kawasan wisata seperti di pulau Bali,” terang Sas. Hanya saja katanya, banyak pengusaha lokal masih belum melek digital untuk memasarkan produknya secara online, mereka…

Indonetwork Siap Bantu Entrepreneur Muda Kota Medan Go Online

Indonetwork.co.id (Medan) – Kota satu ini tercatat sebagai kota ketiga yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Dari data statistik kependudukan Indonesia, jumlah penduduk  Ibukota Provinsi Sumatera Utara mencapai 2.467.183 jiwa.  Tak heran jika semua bidang usaha tumbuh subur. Untuk menjangkau pelaku usaha di kota tersebut, Indonetwork hadir menempatkan perwakilannya di Medan. Selain membantu pelaku usaha memasarkan produknya secara online, strategi ini dilakukan untuk menciptakan interaksi positif. Baca juga: Jangkau Wilayah Jawa Tengah, Indonetwork Hadir di Kota Jogjakarta “Geliat bisnis UMKM di Medan saat ini sangat beragam. Selain kuliner dan produk kerajinan khas Sumatera Utara, geliatnya bisa nampak di sektor komoditas, seperti batik, bordir, rotan, tas, sepatu dan lain-lain,” ucap Anto Juniawan, Agency Manager Indonetwork perwakilan Medan. Menurutnya, Medan telah melahirkan entrepreneur muda yang mencoba mengembangkan bisnis komoditas seperti kopi, kemiri, bawang, dan produk pertanian lain yang pangsa pasarnya menjangkau pelosok nusantara. “Tak hanya hasil bumi,…

Bekraf Tingkatkan Pengetahuan Pelaku Ekraf Tentang Pembiayaan

Indonetwork.co.id (Yogyakarta) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambangi Kota Yogyakarta, menggelar kembali Business Matching. Acara ini mempertemukan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dengan perbankan konvensional sebagai salah satu sumber pembiayaan. Tercatat, 100 pelaku usaha ekraf yang mengikuti acara ini berkesempatan berinteraksi dengan perbankan yang hadir, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Baca juga: Jangkau Wilayah Jawa Tengah, Indonetwork Hadir di Kota Jogjakarta Anggota Komisi X DPR RI, MY Esti Wijayati menjadi keynote speaker dengan memberikan materi bertema peran legislatif dalam pengembangan ekonomi kreatif. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turut menghadiri acara untuk memberikan sambutan. Direktur Akses Perbankan Bekraf, Restog K. Kusuma menuturkan, “Bekraf tak hanya meningkatkan pengetahuan pelaku ekraf tentang pembiayaan perbankan konvensional, tetapi juga meningkatkan peluang mereka mengaksesnya dengan pelatihan manajemen keuangan.” Baca juga: Wujudkan Ekonomi Kerakyatan, KOMINFO Siap Gandeng Indonetwork Dengan demikian kata Restog K. Kusuma, mereka (pelaku ekraf) bisa mengajukan proposal pengajuan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis…

Bekraf Beri Dukungan Developer Aplikasi Lokal Menuju Pasar Global

Indonetwork.co.id (Makassar) – Kiprah developer tanah air yang sukses menembus pasar internasional baru-baru ini menjadi pembuka jalan bagi developer lainnya. Kiprahnya sekaligus membuktikan bahwa, talenta muda Indonesia mampu bersaing secara global. Agar berkesinambungan dalam menembus pasar dunia, diperlukan upaya untuk memperbanyak developer yang berkualitas di berbagai daerah. Salah satunya, melalui pelaksanaan Bekraf Developer Day (BDD) Makassar, Sabtu (4/8) yang digagas oleh Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Baca juga: Indonesia dan Amerika Sepakat Buka Akses Pasar Produk Tekstil “Salah satu tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi developer di ibu kota Sulawesi Selatan ini,” ungkap Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari. “Industri teknologi aplikasi dan game yang berkembang cukup pesat akan berdampak positif di bidang ekonomi dan sosial budaya. Ada kebutuhan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas developer aplikasi dan game,” tuturnya. Makassar merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di dunia sebesar 7,9% pada 2017. Bank Indonesia (BI) memprediksi, pertumbuhannya…

Expo Urbanscape And Greenery Sumber Inspirasi Kehidupan

Indonetwork.co.id (Jakarta) – Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Ir Sri Hartoyo Dipl. SE, ME secara resmi membuka pameran dan  konferensi industri lanskap dan penghijauan EXPO URBANSCAPE & Greenery 2018 yang  diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia. Green Building Council Indonesia menjadi tuan rumah  EXPO URBANSCAPE & Greenery 2018 ini berkolaborasi dengan PT Media Artha Sentosa sebagai penyelenggara. Baca juga: Selain Manufaktur, Indonesia Bakal Perkuat Ekspor Industri Pertanian “EXPO URBANSCAPE & Greenery diharapkan dapat menjadi wadah bagi profesional industri lanskap, pembuat kebijakan, pelaku industri, akademia dan masyarakat luas.  Sehingga mereka bisa berbagi  informasi,  saling   belajar  dan menginspirasi demi kehidupan urban yang lebih sehat, hijau dan  berkelanjutan,” ungkap Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa. Menurutnya, pameran tersebut akan menonjolkan berbagai produk penghijauan, taman dan area hijau. Sementara konferensi, seminar dan berbagai presentasi yang digelar bersamaan akan memberikan peluang belajar bagi  pesertanya. “Green…

Hadir di Balikpapan, Indonetwork Siap Bantu Pelaku Usaha Go Online

Indonetwork.co.id (Balikpapan) – Sebagai pintu gerbang provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan merupakan salah satu kota berpopulasi terpadat di pulau Kalimantan. Walaupun bukan ibu kota, Balikpapan memiliki penduduk lebih dari 700.000 jiwa. Tak hanya itu, kota satu ini juga dilengkapi bandara internasional dan pelabuhan laut. Sebagai direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia, tentunya Indonetwork memiliki tantangan baru untuk memperluas jangkauan bisnisnya di kota tersebut. Baca juga: Roadshow Perdana E2E Commerce Indonesia Hari Ini Digelar di Bandung “Geliat bisnis di kota Balikpapan masih ditopang oleh sektor industri migas dan pertambangan juga pariwisata. Bukan itu saja, di sektor UKM pun mulai menjamur produk handycraft seperti cindramata dan kuliner,” Ungkap Herry Prabowo, Agency Manager Balikpapan. Menurutnya, infrastruktur yang semakin membaik menjadi faktor utama bergairahnya sektor bisnis di kota tersebut. Penyelesaian infrastruktur diharapkan mampu menghubungkan ibu kota Samarinda dengan kota lainnya. Dengan demikian, sektor industri perdagangan, pertambangan akan semakin terdongrak. “Semoga dengan hadirnya Indonetwork di…

Kadin Indonesia Buka Kesempatan Produk UKM Jajaki Pasar China

Indonetwork.co.id (Hainan) – Untuk meningkatkan ekspor, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara China rencananya bakal menggelar pameran khusus produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Halal pada bulan September 2018 di kota Hainan, China. Pameran UKM Halal di Negeri Tirai Bambu ini diharapkan mampu mendongkrak nilai ekspor Indonesia ke pasar global. Keikutsertaan Kadin Indonesia diajang tersebut, dijadikan sebagai sarana pelaku usaha UKM Indonesia agar produknya dapat dengan mudah merambah pasar dunia. Baca juga: Indonetwork Siap Perluas Jangkauan Pemasaran Anggota APTIKNAS “Ajang ini sekaligus membuka kesempatan produk UKM halal Indonesia bisa masuk pasar ekspor dunia, khususnya ke China. Nantinya, kami juga akan menggelar pameran serupa dan membuka lapak di negara luar,” ucap Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin Indonesia di Hainan, China, Jumat (13/07). “Kami berharap, kesempatan ini dapat dijadikan sebagai peluang bagi pemilik produk UKM lokal Go Global. Dengan demikian, produknya dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” paparnya. Dalam…

HOMEDEC 2018 Bakal Suguhkan Produk Home And Decoration Menarik

Indonetwork.co.id (Jakarta) – HOMEDEC kembali bakal diselenggarakan. Ajang tahunan yang memamerkan produk piranti rumah dan sejenisnya, rencananya  akan berlangsung 6-9 September 2018 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City, Tangerang. Event ini khusus menghadirkan para buyer dan supplier di tempat dan waktu bersamaan, sebuah platform bagi produsen memamerkan produk baru kepada target pembeli utama dan para professional terkait (desainer, arsitek dan pelaku kreatif lainnya) yang bergerak di sektor residensial dan komersial. Adapun tema yang diusung “For Better Home & Living”, untuk tahun keempat, pameran yang digelar bakal merangkum 250 booth, menampilkan perusahaan yang memproduksi furnitur, peranti elektronik dan lain-lain. Pihak penyelenggara menargetkan sebanyak 27.000 pengunjung hadir dalam empat hari acara. Angka ini meningkat dibanding HOMEDEC 2017 yang berhasil mendatangkan 22.700 pengunjung. Arief Sofyan Rudiantoro, Exhibition & Conference Manager PT Citra Inovasi Strategi Exhibition-penyelenggara HOMEDEC-menuturkan, tahun lalu transaksi yang terjadi berkisar Rp31,3 miliar. “Tahun ini kami menargetkan nilai transaksi sebesar Rp39…